Pengertian Naturalisasi Pemain Sepak Bola di Indonesia

  • Whatsapp
Pengertian Naturalisasi
Pengertian Naturalisasi

Bila Anda sering menonton atau membaca berita, Anda pasti pernah membaca mengenai naturalisasi pemain bola. Meskipun kata-kata ini terdengar kurang familiar pada kehidupan sehari-hari dan lebih sering digunakan dalam pemberitaan seputar olahraga terutama sepak bola, penting bagi Anda untuk mengetahui pengertian naturalisasi pemain sepak bola di Indonesia.

Pengertian Naturalisasi

Pengertian naturalisasi pemain sepak bola di Indonesia adalah sebuah proses perubahan kewarganegaraan seseorang karena alasan tertentu dan merujuk kepada perundang-undangan yang berlaku dalam hal ini di Indonesia. Alasan seseorang dapat merubah kewarganegaraannya dapat didasari oleh beberapa hal. Seperti menikah atau memiliki kepentingan tertentu.

Syarat Mengajukan Naturalisasi

Di Indonesia ada beberapa klub bola yang memiliki pemain naturalisasi. Sebut saja Stefano Lilypaly yang merupakan salah satu pemain naturalisasi yang kini menjadi gelandang Bali United. Llilypaly telah mengambil kewarganegaraan Indonesia sejak tahun 2011 silam dan kini telah menetap di Bali bersama istri dan juga anaknya. Berikut syarat mengajukan naturalisasi bagi warga negara asing (WNA).

  1. Usia minimal untuk mengajukan naturalisasi adalah 18 tahun atau sudah menikah.
  2. Saat mengajukan permohonan naturalisasi, yang bersangkutan telah tinggal atau menetap di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut atau 10 tahun berturut-turut jika masih sering bepergian ke luar negeri.
  3. Memiliki kesehatan jasmani dan juga rohani.
  4. Dapat menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan juga mengakui Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia.
  5. Tidak pernah terlibat kriminal atau tindak pidana yang menyebabkan yang bersangkutan di pidana 1 tahun atau lebih.
  6. Jika telah memperoleh kewarganegaraan Indonesia maka tidak akan membuat yang bersangkutan memiliki kewarganegaraan ganda.
  7. Memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap.
  8. Membayar biaya kewarganegaraan pada kas negara.
  9. Membuat surat permohonan secara tertulis yang ditujukan pada Kepala Kantor Wilayah Departemen Hukum dan HAM atau kedutaan besar Republik Indonesia di negara yang bersangkutan.
  10. Melampirkan beberapa dokumen penting saat mengirimkan surat permohonan tersebut. Dokumen penting tersebut diantaranya seperti kartu tanda penduduk setempat dan juga akte kelahiran yang telah disahkan oleh pihak yang berwenang.

Tidak hanya persyaratan diatas, namun pemain bola yang akan melakukan naturalisasi juga wajib untuk memperhatikan persyaratan yang dibuat oleh federasi sepakbola internasional FIFA. Ada beberapa syarat penting lainnya yang harus dipatuhi seorang pesepak bola ketika memutuskan untuk melakukan naturalisasi.

Pemain Sepak Bola Naturalisasi di Indonesia

Setelah memahami tentang pengertian naturalisasi pemain sepak bola di Indonesia, Anda harus mengetahui beberapa pemain naturalisasi di dalam beberapa klub sepak bola. Beberapa diantaranya juga sangat berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia sebagai tim nasional Indonesia di beberapa pertandingan luar negeri.

1. Diego Michiels

Siapa yang tidak kenal dengan pemain sepak bola yang sempat diterpa beberapa kontroversi ini? Meskipun sering masuk dalam beberapa acara gossip karena kedekatannya dengan sejumlah artis namun Diego memiliki sejumlah prestasi. Diego Michiels resmi menjadi WNI dan dinaturalisasi pada tahun 2011. Kini Diego menjadi kapten Borneo FC di Kalimantan.

2. Cristian Gonzales

Cristian Gonzales resmi memiliki paspor Indonesia pada November 2010. Gonzales menjadi salah satu pemain naturalisasi yang digemari oleh masyarakat Indonesia karena aksinya di piala AFF tahun 2010. Meskipun tidak membawa Indonesia pada kemenangan namun Cristian Gonzales memiliki beberapa prestasi. Cristian Gonzales telah mencetak sebanyak 12 gol sepanjang karirnya di Indonesia.

3. Greg Nwokolo

Suami dari model cantik Kimmy Jayanti ini merupakan pemain naturalisasi yang berasal dari Nigeria. Greg pertama kali diumumkan oleh PSSI telah resmi menjadi WNI pada bulan Oktober tahun 2011. Greg kini masih aktif bermain sepak bola bersama dengan klub yang berprestasi, Madura United.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *