Pengertian Multimedia dan Jenis Multimedia

  • Whatsapp
Pengertian Profesi secara Umum
Pengertian Profesi secara Umum

Komunikasi merupakan kebutuhan dari setiap individu. Anda harus terus berinteraksi dengan sesama manusia. Karena, setiap manusia ditakdirkan untuk hidup saling berdampingan serta saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lainnya. Sehingga, kehidupan yang dijalani oleh setiap individu pun menjadi jauh lebih bermakna.

Interaksi yang dilakukan manusia dilakukan dalam rangka membangun hubungan baik, maupun untuk memenuhi kebutuhannya. Era globalisasi seperti saat ini membuat proses interaksi manusia menjadi semakin mudah. Terdapat beberapa sarana yang bisa sangat memudahkan orang untuk berkomunikasi. Salah satunya dengan menggunakan multimedia.

Pengertian Multimedia

Pengertian multimedia adalah, suatu sarana media yang digunakan untuk menyampaikan pesan maupun informasi. Informasi yang ada disajikan dengan menggabungkan suara, teks, video, audio, dan animasi. Penggabungan beberapa unsur tersebut menggunakan alat–alat tertentu. Dengan bantuan koneksi, Anda dapat bernavigasi, berkomunikasi, dan berinteraksi.

Keberadaan multimedia menjadi salah satu sarana untuk berkomunikasi yang memberikan warna baru bagi dunia. Keberadaan multimedia sangat tepat sebagai media pembelajaran, karena jauh lebih interaktif dan mudah dipahami. Sehingga, siswa yang ada menjadi lebih mudah menerima materi yang hendak diajarkan oleh sekolah.

Jenis–Jenis Multimedia

Multimedia menjadi salah satu sarana yang berfungsi membantu komunikasi dalam kehidupan manusia, tentunya multimedia memiliki kegunaan yang banyak dan dapat dikelompokan berdasarkan jenis penggunaannya. Berikut ini merupakan jenis-jenis multimedia:

1. Multimedia Interaktif

Multimedia Interaktif adalah, salah satu jenis multimedia yang mengacu pada sebuah layanan digital. Media interaktif digunakan pada sistem komputer yang merespon tindakan pengguna. Respon tersebut dapat berupa gambar, video, teks, animasi, audio, dan video game.

Pengguna akan berpartisipasi aktif pada proses interaksi. Sehingga, tidak hanya monoton seperti saat menonton film. Interaksi tersebut membuat pengguna dapat mengingat kejadian yang ditampilkan dengan sangat mudah. Karena itu, multimedia interaktif digunakan sebagai sarana pembelajaran bagi anak di bawah umur.

2. Multimedia Linear

Multimedia Linear sangat jauh berbeda dengan multimedia interaktif. Pada multimedia interaktif, pengguna memiliki partisipasi yang sangat aktif. Sebaliknya, multimedia linear tidak mengizinkan penggunanya untuk berpartisipasi aktif. Komunikasi yang terjalin adalah komunikasi satu arah. Sehingga, pengguna hanya dapat memperhatikan tanpa mampu berbuat banyak.

3. Multimedia Hiperaktif

Apabila Anda memperhatikan secara seksama, multimedia hiperaktif memiliki kesamaan dengan multimedia interaktif. Kesamaan tersebut dapat dilihat dari dilibatkannya partisipasi pengguna selama berjalannya informasi. Perbedaan tersebut terletak pada bagian penggunaan internet. Multimedia hiperaktif harus dihubungkan dengan internet apabila akan digunakan.

 

4. Multimedia Kits

Multimedia kits merupakan salah satu sarana pembelajaran yang sangat sering digunakan. Informasi yang ada disampaikan selalu menggunakan topik tunggal. Terdapat beberapa perangkat yang termasuk sebagai multimedia kits di antaranya adalah CD-ROM, gambar statis, kaset audio, dan masih banyak lagi lainnya.

Manfaat Multimedia

Mulimedia merupakan media yang sangat membantu bagi manusia, hal itu tentu akan memberikan banyak manfaat untuk kemudahan hidup manusia. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Dunia Pendidikan

Perkembangan zaman membuat inovasi dalam sektor pendidikan sangat diperlukan. Karena, zaman berubah dengan semakin cepat. Penggunaan multimedia merupakan salah satu inovasi yang dilakukan dalam dunia pendidikan.

Penggunaan multimedia, khususnya adalah multimedia interaktif, memberikan manfaat yang sangat luar biasa. Para murid yang pada awalnya bersifat statis karena proses pembelajaran yang sangat monoton dapat bergerak ke arah yang jauh lebih baik. Partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran membuat mereka mudah mengingat materi yang ada, sehingga pembelajaran menjadi efektif.

2.  Dunia Bisnis

Penggunaan multimedia dalam dunia bisnis memberikan pengaruh yang sangat positif. Karena, data yang ada dalam perusahaan dapat diolah menjadi jauh lebih menarik dan mudah dibaca. Sehingga, para pekerja dapat melihat ketidakwajaran dalam hasil kerja mereka dengan cepat. Dengan begitu, kesalahan kerja dapat ditekan sekecil mungkin, agar keuntungan yang diperoleh menjadi maksimal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *