Pengertian Mouse Menurut Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Mouse
Pengertian Mouse

Perkembangan teknologi hari ini semakin cepat, perubahannya pun semakin lama canggih. Khususnya mouse, mouse merupakan salah satu produk dari kemajuan teknologi, peranti ini kenyataannya cukup vital perannya ketika digunakan dalam komputer. Namun apakah Anda mengetahui pengertian mouse secara umum maupun pengertian mouse menurut para ahli? Mari kita simak penjelasan berikut ini

Pengertian Mouse

Mouse adalah alat penunjuk atau perangkat keras yang digunakan untuk menjalankan sebuah perintah ke dalam komputer. Secara umum, mouse memiliki dua tombol di bagian depan sebelah kanan, kiri dan juga tombol scroll. Tombol ini yang kemudian digunakan untuk mengirim perintah ke komputer sesuai yang Anda kehendaki.

Menurut pendapat lainnya, mouse adalah perangkat keras komputer yang menerima data input berupa tombol klik, gerakan geser dan scrolling, semuanya bisa digunakan untuk memilih ikon, teks, file beserta folder.

Pendapat lain juga mengatakan bahwa mouse merupakan hardware yang terhubung ke komputer, mouse termasuk alat bantu input dari keyboard dan bekerja pada GUI (Graphical User Interface). Menariknya lagi, mouse saat ini memiliki dua jenis variasi yang bisa Anda gunakan, yaitu variasi mouse dengan kabel atau variasi mouse dengan menggunakan wireless.

Namun akhir-akhir ini, nampaknya keberadaan mouse mulai tergantikan dengan adanya temuan teknologi baru yaitu touchpad. Tapi kenyataannya mouse masih menjadi salah satu pilihan utama untuk digunakan ketika menggunakan komputer.

Sejarah Mouse

Mouse pertama kali ditemukan dan dipublikasikan yaitu pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart. Ia berhasil menemukan mouse sebagai perangkat keras tambahan yang terdapat pada komputer. Selanjutnya Douglas Engelbart pada tahun 1970 mengenalkan kepada publik mengenai mouse yang bisa mengetahui keberadaan X-Y di monitor, hal tersebut yang dikenal sekarang sebagai position indicator.

Menariknya, mouse berhasil dikembangkan oleh Xerox untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari mouse penemuannya Douglas Engelbart. Kemudian mouse berhasil secara komersial dipakai oleh Microsoft dan Apple.

mouse yang awalnya menggunakan sensor mekanik, secara perkembanganya bisa dilihat sekarang, ketika model casing mouse sudah beragam dan sensor yang digunakan pun sudah pada model optical.  Hal ini merupakan salah satu perkembangan mouse dari waktu ke waktu.

Fungsi Mouse

Selain pengertian mouse, Anda juga haru mengetahui fungsi dari mouse yang biasa Anda gunakan ketika mengoperasikan komputer.

1. Menggerakan Pointer

Untuk hal ini tidak perlu ada penjelasan detail dan panjang, karena Anda pasti sudah sangat tahu bahwa mouse digunakan untuk menggerakan pointer ke arah atau objek yang ingin dituju. Mouse juga berperan sebagai kontrol pointer agar mudah digerakan ke mana saja sesuai keinginan.

2. Memilih Objek

Tentu setelah digerakan, Anda pasti ingin mengeksekusinya. Cara untuk mengeksekusinya yaitu dengan menggunakan mouse, lalu tekan tombol sebelah kiri atau kanan tergantung kebutuhan Anda. Contohnya ketika Anda ingin membuka folder untuk melihat isinya, maka Anda cukup menekan tombol kiri, tetapi jika Anda ingin memilih banyak opsi dari folder tersebut, Anda cukup menekan tombol kanan.

3. Menjalankan Aplikasi

Software yang terdapat di komputer Anda tentu bisa dijalankan ketika menggunakan mouse, karena dari mouse akan digerakkan menuju software, lalu klik 2x untuk mengeksekusinya, setelah itu software tersebut akan otomatis terbuka dengan sendirinya.

4. Melakukan Scrolling

Selain tombol kanan dan kiri, mouse juga memiliki tombol untuk digunakan scrolling, yaitu menggeser halaman dari bawah ke atas atau sebaliknya. Contohnya ketika Anda menjalankan Microsoft Word dan ingin menggeser halaman, maka tombol ruler bisa Anda gunakan. Tentu masih banyak lagi fungsi mouse yang bisa digunakan, empat poin di atas merupakan fungsi mouse secara umum.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *