Pengertian Modernisasi dan Dampak yang Ditimbulkannya Bagi Masyarakat

  • Whatsapp
Pengertian Modernisasi
Pengertian Modernisasi

Modernisasi memiliki makna suatu proses untuk menuju masyarakat yang lebih masa kini atau modern. Modernisasi juga bisa berarti suatu perubahan masyarakat tradisional ke arah yang lebih maju. Berikut  pengertian modernisasi dan dampak yang ditimbulkannya bagi masyarakat secara detail.

Pengertian Modernisasi

Modernisasi adalah metode transformasi atau perubahan dari kondisi yang masih bersifat tradisional menuju ke arah masyarakat modern. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang dalam hidup bermasyarakat secara umum.

Proses modernisasi biasanya ditandai adanya modifikasi sosial yang dilakukan secara terarah, dilakukan bertahap dan direncanakan karena adanya suatu social planning (perencanaan sosial). Namun dalam perencanaan sosial tersebut harus berdasarkan dengan pemahaman mengenai bagaimana sebuah kultur bisa berkembang dari tingkat rendah hingga tingkat modern.

Dampak Modernisasi Bagi Masyarakat

Akan selalu ada dampak yang diberikan dari proses modernisasi, baik dampak secara langsung ataupun tidak. Bahkan dampaknya bisa berupa hal positif maupun negatif.

  1. Dampak Positif
  • Memperkuat tingkat integrasi di dalam masyarakat

Modernisasi memiliki dampak positif yang dapat dirasakan masyarakat yaitu menguatnya suatu pembauran masyarakat. Sehingga masyarakat menjadi lebih terbuka dan interaksi masing-masing individu menjadi semakin baik.

  • Meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi

Modernisasi juga mampu memberikan dampak positif terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi semakin meningkat. Dengan begitu kesejahteraan kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

  • Kemajuan dalam bidang industri

Semua kemudahan dan fasilitas secara teknis akan mempercepat kegiatan produksi dan distribusi untuk menghasilkan barang dan jasa.

  • Kemajuan dalam bidang transportasi

Dengan adanya kemajuan dalam bidang transportasi, maka masyarakat merasa dimanjakan dengan fasilitas transportasi yang nyaman, harga terjangkau dan tepat waktu.

  1. Dampak Negatif
  • Adanya kesenjangan sosial

Pada suatu kelompok masyarakat yang hanya terdapat beberapa individu untuk mengikuti arus modernisasi bisa menjadi penyebab pemisah antara individu yang mampu mengikuti proses modernisasi dengan individu yang masih stagnan. Sehingga menyebabkan kesenjangan sosial di dalam masyarakat.

  • Sikap individualistik

Dengan kemudahan teknologi yang ada, membuat seseorang menjadi lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial. Mereka menganggap dalam aktivitasnya dapat dikerjakan sendiri tanpa bantuan orang lain, karena mereka merasa teknologi yang digunakan sudah canggih.

  • Pola hidup menjadi lebih konsumtif

Perkembangan industri yang semakin pesat menjadikan penyediaan perlengkapan kebutuhan masyarakat melimpah. Sehingga masyarakat lebih mudah tertarik menggunakan barang karena terdapat banyak pilihan.

  • Pola hidup kerabat

Budaya masyarakat barat tidak semua baik dan cocok untuk diterapkan di negara kita. Jadi dampak negatif dari modernisasi, menyebabkan banyak kultur negatif yang mampu menggeser budaya asli Indonesia.

Bentuk-Bentuk Modernisasi di Dalam Masyarakat

Bentuk-bentuk modernisasi yang diidentifikasi yaitu pemakaian alat-alat elektronik modern yang sering kita jumpai. Contoh konkretnya dari penggunaan alat-alat elektronik tersebut diantaranya adalah:

  1. Penggunaan Handphone (HP)

Penggunaan handphone dapat membantu berbagai kegiatan sehari-hari untuk berkomunikasi bagi sebagian besar masyarakat. Sebelum adanya handphone, orang menggunakan surat atau telegram untuk melakukan komunikasi jarak jauh.

Dengan adanya handphone maka dapat membantu kegiatan masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat untuk melakukan komunikasi.

  1. Penggunaan Televisi

Dengan adanya televisi maka kita dapat mengetahui berbagai informasi penting dari belahan dunia melalui acara berita yang ditayangkan. Zaman dahulu untuk mecari informasi di berbagai daerah saja sangat sulit karena belum ada televisi. Namun, kini segala informasi dan kejadian bisa diakses dengan mudah dan cepat.

  1. Penggunaan Listrik

Listrik sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari untuk berbagai macam aktivitas. Bahkan jika terjadi pemadaman listrik, banyak pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan secara manual oleh manusia. Padahal dahulu sebelum ada listrik, hampir semua kegiatan sehari-hari dilakukan secara manual.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *