Pengertian Microsoft Word dan Beberapa Manfaatnya dalam Aktivitas Kantor

  • Whatsapp
Pengertian Microsoft Word dan Beberapa Manfaatnya dalam Aktivitas Kantor
Pengertian Microsoft Word dan Beberapa Manfaatnya dalam Aktivitas Kantor

Microsoft word hadir untuk menyempurnakan mesin tik yang selama ini digunakan untuk mengolah data berupa kata-kata. Mesin pengetik kata yang dulu digunakan sekarang sudah digantikan oleh aplikasi pengetikan yaitu microsoft word. Oleh karena itu, microsoft word menjadi aplikasi yang populer dan digunakan oleh banyak orang.

Microsoft word adalah salah satu software pengolah kata yang merupakan jenis dari microsoft office. Saat ini microsoft word sudah menggantikan posisi mesin tik di perkantoran maupun bagian administratif. Namun ada beberapa orang masih belum mengetahui pengertian microsoft word dan beberapa manfaatnya dalam aktivitas kantor.

Pengertian Microsoft Word

Microsoft word adalah aplikasi komputer yang berfungsi untuk melakukan pengetikan kata-kata. Microsoft word adalah salah satu software yang sudah sangat banyak digunakan. Microsoft word akan sangat membantu untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dalam hal memproses kata. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.

Seiring perkembangan teknologi microsoft word terus mengalami perkembangan versi setiap tahunnya. Dibandingkan dengan aplikasi pengolah kata yang lain, microsoft word merupakan aplikasi yang paling mudah digunakan. Dengan begitu, aplikasi ini menjadi bagian penting dalam beberapa aktivitas.

Microsoft word menghasilkan data yang berupa dokumen yang dapat disimpan dalam bentuk file dan dapat juga dicetak. Terdapat banyak fasilitas dalam microsoft word yang dapat membantu pekerjaan Anda. Data yang Anda masukkan tidak hanya berupa huruf dan angka namun microsoft word juga dapat digunakan untuk menginput gambar, word art dan tabel.

Microsoft word  juga dapat Anda gunakan untuk mengedit dokumen yang Anda miliki. Microsoft word juga terdapat fitur numbering dan spelling yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pengeditan data. Hal ini dapat meminimalisir kesalahan penulisan maupun ejaan dalam dokumen Anda.

Microsoft word menjadi aplikasi pengolah kata yang paling populer di masyarakat. Hal ini karena microsoft word terdapat dalam berbagai platform seperti windows, MacOS, Android dan Apple.

Manfaat Microsoft Word dalam Aktivitas Kantor

1. Menghemat Waktu

Sebuah kantor waktu adalah uang dan setiap menit akan sangat berharga. Oleh karenanya microsoft word sangat penting untuk menghemat waktu dalam pembuatan data maupun dokumen kantor.

Pembuatan dokumen kantor menggunakan microsoft word akan lebih mudah dilakukan dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

2. Mempermudah Pembuatan Dokumen

Pembuatan dokumen keperluan kantor akan menjadi lebih mudah dengan adanya microsoft word. Dokumen kantor tentunya akan terdiri atas lembaran-lembaran data yang harus Anda buat. Microsoft word dapat melakukan pekerjaan tersebut dengan mudah dan dalam waktu yang singkat.

3. Menghemat Kertas

Kalau dulu penggunaan kertas menjadi salah satu hal yang wajib di sebuah kantor. Namun dengan adanya microsoft word penggunaaan kertas dapat dikurangi karena dokumen dapat disajikan dalam bentuk softfile. Kesalahan pengetikan pun dapat diatasi dengan mengedit dokumen tanpa harus mengulang pengetikan dari awal.

4. Menghemat Pengeluaran

Pengeluaran kantor pun dapat berkurang karena penggunaan kertas dapat diminimalisasi. Keuntungan yang diterima pun semakin besar. Hal ini karena efisiensi waktu yang didapat dari penggunaan microsoft word dalam menyelesaikan pekerjaan kantor.

5. Meminimalisasi Kesalahan Pengetikan

Anda mungkin akan mengalami kesalahan dalam penulisan dalam membuat dokumen kantor tentu. Jika Anda menggunakan mesin ketik manual maka satu huruf salah maka Anda harus mengulang pengetikan dari awal. Namun jika Anda menggunakan microsoft word kesalahan penulisan dapat Anda perbaiki dengan mudah dan tanpa harus mengulang pengetikan dari awal.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *