Pengertian Microsoft Excel, Komponen Microsoft Excel, dan Beberapa Fungsinya

  • Whatsapp
Pengertian Microsoft Excel
Pengertian Microsoft Excel

Microsoft excel dibuat untuk memberikan kemudahan untuk Anda dalam mengolah data yang berupa angka. Berbeda dengan microsoft word yang hanya digunakan untuk mengolah kata-kata. Sedangkan microsoft excel lebih mengarah ke pengolahan angka dan perhitungan matematika. Microsoft excel menjadi software pengolah angka yang paling terkenal di dunia dan terbaik di dunia.

Microsoft excel adalah salah satu aplikasi untuk mengolah data berupa angka. Lembar kerja dalam microsoft excel berupa spreadsheet yang berisi kolom dan baris.

Pengertian Microsoft Excel

Microsoft excel adalah salah satu aplikasi microsoft office yang difungsikan untuk mengolah angka. Di bidang administratif microsoft excel akan sangat membantu menyelesaikan masalah yang mudah hingga yang sulit. Microsoft excel adalah salah satu aplikasi yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation.

Microsoft excel juga disebut sering disebut dengan program spreadsheet elektronik. Spreadsheet adalah lembar kerja yang terdapat pada microsoft excel. Spreadsheet adalah lembar kerja dalam microsoft excel yang berupa cell yang terdapat dalam kolom dan baris.

Seiring perkembangan teknologi microsoft excel tidak hanya bisa digunakan di platform windows, namun microsoft excel juga sudah dapat digunakan dalam platform MacOS, Android dan Apple. Oleh karena itu, microsoft excel menjadi aplikasi pengolah angka yang terpopuler di dunia.

Komponen Microsoft Excel

1. Formula Bar

Formula bar adalah bagian dari microsoft excel yang berfungsi sebagai tempat menginput angka maupun rumus yang akan digunakan dalam suatu cell dalam lembar kerja microsoft excel.

2. Cell Pointer

Cell pointer adalah penunjuk dalam lembar kerja microsoft excel untuk menunjukkan cell yang sedang aktif atau terbuka.

3. Row Heading

Row heading adalah salah satu komponen microsoft excel yang berfungsi sebagai penunjuk lokasi baris yang sedang aktif pada lembar kerja microsoft excel.

4. Column Heading

Column heading  adalah bagian yang menunjukkan lokasi kolom yang sedang aktif dalam lembar kerja microsoft excel.

Fungsi Microsoft Excel

Microsoft excel adalah aplikasi pengolah angka yang paling digemari berikut ini adalah beberapa fungsinya sebagai berikut.

1. Mengolah Angka

Fungsi utama microsoft excel adalah sebagai aplikasi pengolah data yang berupa angka. Di dalam lembar kerja microsoft excel terdapat juga rumus matematika dasar yang dapat digunakan untuk mengolah dokumen. Oleh karena itu, mengolah angka di dalam microsoft excel akan jauh lebih mudah dan dapat dilakukan dengan cepat.

2. Membuat Tabel Data

Selain mengolah data dalam bentuk angka, microsoft excel juga dapat digunakan untuk membuat data dalam bentuk tabel. Hal ini karena lembar kerja microsoft excel berupa cell tabel yang akan memudahkan Anda untuk mengolah tabel.

3. Membuat Grafik Persamaan Matematika

Microsoft excel juga dapat digunakan untuk membuat  grafik persamaan matematika dengan cepat. Data angka yang Anda masukkan dapat diubah menjadi bentuk grafik dengan sangat cepat.

4. Melakukan Perhitungan Statistika

Jika Anda ingin membuat data dalam bentuk statistika Anda dapat menggunakan microsoft excel. Microsoft excel akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Dengan menggunakan rumus formula yang ada di microsoft excel maka pekerjaan Anda akan menjadi lebih mudah.

5. Konversi Mata Uang

Microsoft excel juga dapat Anda gunakan untuk mengonversi mata uang. Mengonversi uang dengan microsoft excel dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat.

6. Membuat Daftar Nilai

Microsoft excel juga dapat Anda gunakan untuk mengolah daftar nilai siswa maupun mahasiswa dengan sangat cepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *