Pengertian Metode, Jenis-jenis, dan Karakteristiknya

  • Whatsapp
Pengertian Metode, Jenis-jenis, dan Karakteristiknya
Pengertian Metode, Jenis-jenis, dan Karakteristiknya

Ketika Anda mendengar kata metode, hal yang terlintas dipikiran pertama kali adalah sebuah cara. Terkadang metode sering diartikan sebagai cara mudah, untuk melakukan atau membuat sesuatu. Adanya metode memang untuk mempermudah aktivitas manusia terutama dalam melakukan berbagai hal di setiap kehidupannya.

Mungkin Anda pernah mengalami kesulitan saat melakukan sesuatu, tapi jika Anda sudah tahu metodenya sesuatu tersebut akan menjadi lebih mudah. Hampir semua orang, setiap harinya selalu mengaplikasikan sebuah metode dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja mereka tidak sadar, atau bahkan tidak mengetahui bahwa hal tersebut adalah sebuah metode untuk mempermudah sesuatu.

Pengertian Metode Secara Umum

Metode adalah sebuah proses sistematis, yang digunakan untuk mencapai tujuan. Biasanya metode dijelaskan dengan urutan atau langkah-langkah, agar mempermudah seseorang dalam mencapai tujuannya. Berasal dari bahasa Yunani dan Latin yaitu methodus, meta artinya di atas atau sudah sedangkan hodos artinya suatu cara. Berikut pengertian metode dari berbagai sudut pandang.

  1. Macquarie, metode adalah cara melakukan suatu hal yang terkait dengan sebuah rencana.
  2. Rotwhell dan Kazanas, metode adalah cara pendekatan dalam mengutarakan informasi.
  3. Ostle, metode adalah proses pengejaran terhadap sesuatu yang ingin dicapai.

Karakteristik Metode

Sebuah metode biasanya sudah menjadi bagian dari kegiatan manusia sehari-hari, sehingga seringkali orang tidak menyadari bahwa hal yang dilakukannya adalah sebuah metode. Berikut ini karakteristik metode yang perlu Anda ketahui untuk menambah pengetahuan Anda.

  1. Sebuah aktivitas mapan, yang sudah sering dilakukan oleh seseorang atau sebuah kelompok.
  2. Terkadang metode yang mapan, sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan sehari-hari oleh sebuah kelompok.
  3. Sebuah metode merupakan tindakan yang efektif dan efisien dalam mencapai sesuatu, serta prosesnya harus sistematis.
  4. Metode itu sifatnya mempermudah, jadi sebuah tujuan akan menjadi lebih mudah dicapai jika dilakukan dengan sebuah metode.

Pengertian Metode dari Berbagai Sudut Pandang

Metode dalam bidang ilmu pengetahuan, memiliki pengertian yang berbeda-beda. Namun, semuanya mengerucut pada satu hal yang sama, yaitu mempermudah dalam mencapai sesuatu. Begitu juga dengan para ahli, mereka mengartikan metode dengan cara yang berbeda-beda. Pada umumnya, pengertian metode ini terbagi kepada 4 bagian. Simak uraiannya di bawah ini.

1. Metode dalam Permusikan

Metode dalam dunia musik, adalah sebuah buku yang menjadi panduan untuk mempermudah Anda dalam belajar alat musik. Hampir semua pemusik terkenal, mengawali karirnya dengan menggunakan jenis buku metode bermusik tersebut. Metode tersebut meliputi teknik memegang alat musik, teknik mengatur nada, dan masih banyak lagi.

2. Metode dalam Pelajaran

Metode diartikan sebagai teknik atau cara yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan ilmu kepada muridnya dalam dunia pendidikan. Hal tersebut menjadi sangat penting, karena pemahaman murid tergantung oleh cara guru menyampaikan materi. Sehingga hampir di seluruh dunia, metode pembelajaran sudah diatur oleh pemerintah setempat.

3. Metode dalam Komputer

Pengertian metode dalam ilmu komputer, adalah baris kode yang digunakan untuk melakukan tugas komputer. Metode baris kode tersebut sangat penting, jika tidak ada baris kode maka proses coding akan lebih lama dan sulit. Metode tersebut wajib digunakan oleh para programmer pemula, yang hendak mempelajari coding.

4. Metode Ilmiah

Metode dalam dunia ilmiah, adalah langkah-langkah untuk menghasilkan sebuah kesimpulan dalam penelitian. Jika sudah menggunakan metode dengan benar, maka karya ilmiah tersebut dapat diakui secara resmi, serta dapat menjadi sumber referensi yang valid untuk dijadikan karya ilmiah lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *