Pengertian Menulis Menurut Pendapat Para Ahli

  • Whatsapp

Seseorang dapat menulis untuk berbagai macam tujuan, mulai dari menyalurkan hobi, membuat catatan untuk tujuan belajar, blogging, hingga pekerjaan. Untuk menambah wawasan Anda, berikut adalah macam-macam pengertian menulis menurut para ahli serta manfaat yang dimilikinya.

Beberapa Pengertian Menulis Menurut Para Ahli

  1. Menurut Ebo, menulis adalah proses menggunakan simbol (huruf abjad, tanda baca, dan spasi) untuk mengkomunikasikan pikiran dan ide dalam bentuk yang dapat dibaca.
  2. Menurut Djuharie, menulis adalah suatu aktivitas atau keterampilan yang dapat dilatih dan dibina.
  3. Menurut Pranoto, menulis adalah mengungkapkan ide/gagasan/ekspresi perasaan kepada orang lain dalam bentuk tulisan.
  4. Menurut Andrew Robinson, menulis adalah sistem simbol grafik yang dapat digunakan untuk menyampaikan makna.
  5. Menurut Dawn Rodrigues, menulis adalah salah satu kegiatan terpenting yang harus dipelajari dan dikembangkan selama masa sekolah.
  6. Menurut Djago Tarigan, menulis adalah tindakan menyusun sebuah teks.
  7. Menurut Lado, menulis adalah bentuk komunikasi yang memungkinkan seseorang untuk meletakkan perasaan dan ide-ide di atas kertas dan untuk menyampaikan makna melalui teks yang baik.
  8. Menurut Heaton, menulis adalah suatu keterampilan yang kompleks dan tak semua orang memilikinya.
  9. Menurut Barli Bram, menulis adalah menuangkan pikiran / ide / pendapat / fakta / cerita dll dengan cara yang mudah dipahami oleh pembaca.
  10. Menurut Eric Gould, menulis adalah perilaku kreatif dari seseorang yang memiliki pemahaman dan merasakan sesuatu yang kemudian dapat menuangkannya dalam bentuk teks.
  11. Menurut M. Atar, menulis adalah suatu proses di mana seseorang yang kreatif dapat memindahkan gagasan yang dimilikinya ke dalam lambang-lambang dan huruf.
  12. Menurut Burhan Nurgiantoro, menulis adalah aktivitas produktif yang menghasilkan kalimat indah.
  13. Menurut Mc. Crimmon, menulis adalah suatu kegiatan menggali perasaan dan pikiran mengenai suatu subjek atau peristiwa, memilih kata-kata yang akan ditulis dan menentukan bagaimana cara yang tepat untuk menuliskannya agar teks tersebut dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca.
  14. Menurut Angelo, menulis adalah sebuah tindakan atau proses yang menghasilkan dan merekam kata-kata dalam bentuk yang dapat dibaca dan dipahami.
  15. Menurut Henry Guntur Tarigan, menulis adalah kegiatan menciptakan sebuah kata atau kalimat yang dapat dibaca dan memiliki makna.
  16. Barli Bram, menulis adalah suatu kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk merombak teks yang telah ada sebelumnya.
  17. Menurut Prayogi, menulis adalah mencari ide dari berbagai macam sumber untuk menghasilkan sebuah bacaan dengan menggunakan angka, huruf dan simbol tertentu yang bisa dipahami oleh diri sendiri dan juga oleh orang lain.
  18. Menurut Asma Nadia, menulis adalah salah satu ide cerdas untuk berbicara kepada puluhan bahkan ratusan ribu orang di seluruh dunia.
  19. Menurut Las Hs, menulis adalah seni yang dapat mengekspresikan ide dan perasaan kita.
  20. Menurut Sabarti Akhadiah, menulis adalah salah satu cara untuk menumpahkan gagasan secara sistemik serta mengungkapkan perasaannya secara tersurat.

Manfaat Menulis

Berikut adalah 3 manfaat utama yang akan Anda peroleh ketika Anda terbiasa mengekspresikan ide, perasaan, tujuan, dll dalam bentuk tulisan:

1. Dapat Berkomunikasi dengan Jelas

Tidak seperti berbicara, ketika Anda menulis, Anda mencari kata-kata dan ungkapan yang lebih powerful untuk menggambarkan apa yang ada dalam pikiran Anda. Hal ini membantu Anda membangun struktur yang memungkinkan Anda mengekspresikan diri lebih baik dan mengkomunikasikan ide-ide kompleks dengan cara yang jauh lebih efektif.

2. Menghilangkan Stres

Menumpahkan segala macam perasaan dan pikiran Anda ke dalam tulisan berarti mengosongkan sedikit beban dalam pikiran dan hati Anda. Misalnya saat Anda menulis buku harian.

3. Lebih Produktif

Menulis membuat Anda harus memikirkan kata-kata yang tepat agar menghasilkan kalimat yang indah dan enak dibaca, yang secara tidak langsung, kegiatan ini membuat neuron di otak menjadi lebih aktif. Dan hasilnya, membuat Anda lebih siap untuk mengatasi tugas-tugas lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *