Pengertian Media: Fungsi Serta Jenis-jenisnya

  • Whatsapp
Pengertian Media: Fungsi Serta Jenis-jenisnya
Pengertian Media: Fungsi Serta Jenis-jenisnya

Saat mendengar kata media, Anda pasti langsung teringat frasa media sosial. Ssaat ini, teknologi media sosial memang sedang naik daun dan popularitasnya sedang banyak diminati. Hal ini karena dapat memudahkan orang-orang dalam bersosial. Media memiliki beberapa arti dan fungsi, tidak hanya media sosial yang saat ini sedang populer saja.

Ada banyak hal yang perlu Anda pahami pengertian media dan beberapa jenis media, serta perannya. Pada dasarnya, sebuah media menjadi hal yang paling dibutuhkan manusia saat ini. Media memiliki peran untuk dapat mempermudah aktivitas manusia sehari-hari, bahkan dengan teknologi yang semakin canggih membuat kegiatan manusia menjadi semakin mudah.

Pengertian Media

Media adalah sebuah alat yang menjadi perantara, atau pengantar yang berperan untuk menyampaikan informasi, dari sumber kepada penerima. Pengertian lain juga menyebutkan, bahwa media adalah segala bentuk saluran yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi.

Kesimpulannya, media adalah sarana untuk menyampaikan pesan. Sedangkan menurut para ahli, pengertian media adalah sebagai berikut.

1. Miarso

Media adalah segala hal yang dapat menyampaikan pesan, sehingga tercipta rangsangan pada pikiran, perhatian, perasaan, dan kemauan murid untuk belajar. Miarso menjalurkan media sebagai sarana untuk belajar siswa, karena dengan adanya media para siswa akan menjadi lebih mudah dalam memahami materi pelajaran.

2. Schram

Media adalah teknologi untuk menyampaikan pesan, sehingga akan mempermudah dan mempercepat proses belajar. Di sini pengertian media dikonsentrasikan pada proses pembelajaran, yaitu materi pelajaran akan lebih cepat diterima oleh siswa jika menggunakan sebuah media.

3. Syaiful Bahri Dj

Media adalah alat penyalur, semua hal yang dapat mengantarkan pesan sehingga dapat tercapainya sebuah tujuan. Syaiful menjelaskan bahwa dengan adanya media, suatu tujuan dapat dicapai dengan lebih mudah dan cepat.

Jenis-jenis Media

Jika sebelumnya banyak yang mengartikan media dalam konsentrasi pembelajaran, kali ini akan dibahas beberapa jenis media yang umum digunakan oleh masyarakat. Semuanya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mempemudah dalam penyampaian sebuah informasi. Simak uraiannya berikut ini.

1. Media Visual

Media visual adalah media yang memiliki bentuk fisik nyata dapat dibaca, dirasakan, dilihat, dan diraba. Menjadi media yang paling banyak digunakan dalam dunia pembelajaran, karena cenderung mudah untuk ditemukan. Contoh media visual adalah buku, majalah, gambar, foto, alat peraga, dan lain-lain.

2. Media Audio

Media yang dapat diakses dengan organ pendengaran, juga menjadi media kedua yang paling sering digunakan dalam pembelajaran. Beberapa contoh media audio yaitu lagu, instrumen musik, cd, dan lain-lain.

3. Media Audio Visual

Media ini merupakan perpaduan audio dan visual, menjadi media terbaik untuk digunakan dalam pembelajaran. Contohnya pagelaran teater atau drama, TV, video pendek, film layar lebar, dan lain-lain.

Fungsi Media

Sebuah media tentunya memiliki banyak fungsi, terutama dalam dunia pendidikan. Adanya media dalam belajar, dapat mempercepat murid untuk memahami materi yang diajarkan. Maka dari itu, saat ini sudah banyak sekolah yang menggunakan berbagai media untuk belajar. Berikut ini beberapa fungsi media dalam segala hal.

  1. Sebagai sarana informasi.
  2. Solusi untuk keterbatasan waktu, ruang, dan panca indera.
  3. Sarana untuk mengekspresikan ide, pendapat, dan gagasan kepada masyarakat luas.
  4. Sarana pendidikan untuk masyarakat, khususnya bagi para siswa yang masih duduk di bangku sekolah.
  5. Sarana hiburan atau rekreasi, dan juga dapat menjadi pengalihan saat terjadi ketegangan sosial.
  6. Sarana pengawasan atau mengontrol masyarakat luas.
  7. Sarana berkomunikasi untuk masyarakat luas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *