Pengertian Media Pembelajaran dan Fungsinya

  • Whatsapp
Pengertian Media Pembelajaran dan Fungsinya
Pengertian Media Pembelajaran dan Fungsinya

Belajar adalah salah satu kewajiban bagi setiap orang karena dengan belajar maka ilmu pengetahuan akan bertambah. Semakin luas pengetahuan maka artinya semakin banyak ilmu yang diperoleh dari belajar. Belajar bertujuan untuk mengetahui apa yang benar dan yang mana yang salah. Seseorang akan semakin disukai jika ia mempunyai pengetahuan yang luas.

Setiap orang biasanya mempunyai cara tersendiri untuk belajar. Media yang digunakan pula sangat beragam. Media pembelajaran ini tujuannya untuk mempermudah seseorang dalam melakukan kegiatan belajar. Salah satu contoh  media pembelajaran yaitu buku, dimana buku merupakan media pembelajaran yang paling mudah ditemui.

Pengertian Media Pembelajaran

Media pembelajaran adalah sebuah sarana untuk mempermudah kegiatan dalam proses belajar maupun mengajar. Media pembelajaran juga menjadi alat yang bisa membantu para guru ketika menjelaskan pelajaran kepada siswanya. Media pembelajaran juga merupakan sebuah patokan pembelajaran agar lebih tersusun dengan rapi.

Menurut hamalik media pembelajaran adalah media yang digunakan untuk pengajaran dalam kegiatan belajar dan mengajar. Agar dapat meningkatkan kemauan ataupun minat para siswa. Selain itu media pembelajaran juga berfungsi untuk memotivasi siswa,memberikan rangsangan dan juga digunakan untuk mempengaruhi psikologis bagi para siswa yang menggunakan media pembelajaran

Fungsi dari Media Pembelajaran

  1. Penyeragaman Materi

Fungsi dari media pembelajaran yang pertama yaitu sebagai patokan penyeragaman materi ke setiap-setiap sekolah yang ada. Dengan seragamnya materi ini maka semua orang bisa mendapatkan materi yang setara. Jadi tidak adanya perbedaan antara orang yang sekolah di kota dengan orang yang sekolah di desa karena media pembelajarannya sama.

  1. Belajar Lebih Menarik

Fungsi yang kedua yaitu membuat belajar menjadi lebih menarik. Fungsi ini juga bisa membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi karena media pelajaran yang digunakan. Media pembelajaran bisa disesuaikan dengan daya tarik siswa agar belajar lebih giat.

  1. Belajar Menjadi Lebih Interaktif

Maksud dari fungsi yang ketiga ini adalah agar proses belajar dan mengajar menjadi lebih aktif maupun interaktif antara setiap siswa ataupun antara siswa dan pengajarnya. Dengan adanya media pembelajaran maka suasana kelas akan menjadi lebih hidup. Keaktifan siswa akan timbul jika menggunakan media pembelajaran yang tepat.

  1. Belajar Lebih Efisien

Fungsi dari media pembelajaran yang keempat yaitu membuat belajar menjadi efisien. Sehingga waktu yang Anda gunakan untuk belajar menjadi lebih hemat dan juga tenaga tidak terkuras. Untuk itu diperlukannya media pembelajaran agar lebih mendukung kegiatan belajar dan mengajar Anda.

  1. Kualitas Belajar lebih Baik

Fungsi yang kelima yaitu kualitas belajar menjadi lebih baik karena tersusunnya materi-materi pelajaran. Selain itu media pembelajaran biasanya sudah terstandar jadi kualitas belajar Anda tidak sembarangan.

  1. Lebih Fleksibel

Dengan menggunakan media pembelajaran maka Anda bisa belajar dimana saja dan kapan saja. Ini artinya kegiatan belajar Anda tidak terikat oleh waktu karena tidak adanya batasan dalam menggunakan media pembelajaran.

  1. Menanamkan Sifat Positif

Media pembelajaran merupakan salah satu penyebab seseorang agar bisa menanamkan sifat positif dari dalam diri mereka. Selain itu media pembelajaran akan membuat siswa lebih disiplin terhadap materi-materi pembelajarannya.

  1. Peranan Guru Lebih Produktif dan Aktif

Yang terakhir fungsi dari media pembelajaran yaitu peranan guru menjadi lebih aktif dan produktif. Dimana hal ini juga akan membuat peran seorang guru menjadi lebih positif. Materi yang diberikan oleh guru Anda juga akan sama dengan guru-guru di sekolah lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *