Pengertian Masalah dan Jenis-jenis Masalah Beserta Contohnya

  • Whatsapp
Pengertian Masalah dan Jenis-jenis Masalah Beserta Contohnya
Pengertian Masalah dan Jenis-jenis Masalah Beserta Contohnya

Di dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak akan pernah lepas dengan yang namanya masalah. Bahkan berbagai jenis masalah bisa datang kapan saja dan dimana saja. Berbicara mengenai masalah, maka tidak akan terlepas dengan pengertian masalah dan jenis-jenis masalah itu sendiri.

Meskipun manusia sering berhadapan langsung dengan masalah, namun tidak sedikit dari mereka yang memahami sepenuhnya dari masalah itu sendiri. Jadi apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan masalah?

Pengertian Masalah

Masalah adalah suatu kendala yang menghalangi situasi atau pekerjaan tertentu, sehingga tidak dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan. Agar pekerjaan bisa berjalan dengan baik, maka masalah tersebut harus diselesaikan.

Pengertian Masalah Menurut Beberapa Ahli:

  1. Richard Carlson

Richard mengevaluasikan, bahwa masalah adalah salah satu tempat terbaik untuk melatih pribadi seseorang agar memiliki hati yang lebih terbuka. Masalah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia yang harus ada.

  1. Irmansyah Effendi

Effendi mengutarakan bahwa masalah adalah pelajaran penting pada saat Anda sadar sebagai pemahaman jiwa, sehingga mampu melihatnya dengan mudah atas berbagai masalah dan kelemahan yang ada di dalam kehidupan.

  1. Hudojo

Hudojo berpendapat bahwa masalah adalah pertanyaan yang diutarakan kepada seseorang, dimana orang tidak memiliki kuasa hukum yang bisa digunakan dengan cepat agar mendapatkan solusi atas pertanyaan tersebut.

  1. Istijanto

Menurut Istijanto, masalah adalah salah satu bagian terpenting di dalam sebuah proses penelitian, karena dari masalah akan muncul petunjuk berupa penjelasan dan nantinya akan sangat dibutuhkan.

Dari beberapa pengertian masalah dan jenis- jenis masalah yang akan disampaikan bisa disimpulkan bahwa kehadiran masalah tidak selalu berkonotasi negatif. Justru dengan datangnya masalah, manusia bisa menemukan jalan keluar yang terbaik untuk kehidupan kedepannya.

Jenis-jenis Masalah

Di dalam kehidupan ada berbagai bentuk dan jenis masalah. Setiap manusia, penelitian atau hal lain masing-masing memiliki masalah yang berbeda dan metode penyelesaiannya pun juga berbeda. Namun secara umum, masalah dibagi menjadi dua jenis yaitu masalah sederhana dan masalah kompleks atau rumit.

  • Masalah Sederhana

Masalah ini mencakup hal kecil dan tidak ada hubungannya dengan faktor lain. Konsekuensinya juga tidak besar, tidak terlalu rumit dalam proses penyelesaian dan bisa diselesaikan secara individu. Biasanya masalah sederhana terjadi pada individu dan bisa diselesaikan dengan individu juga.

  • Masalah Rumit/Kompleks

Masalah kompleks atau rumit mencangkup skala lebih besar. Masalah ini bisa berhubungan dengan masalah lain, tingkat konsekuensinya sangat besar dan cara penyelesaiannya dibutuhkan kerja sama kelompok dengan menggunakan analisis yang tepat.

Masalah kompleks biasanya berhubungan dengan banyak individu dan harus diselesaikan dengan banyak individu pula.

Metode Dalam Penyelesaian Masalah

Problem solving atau metode pemecahan masalah biasanya menggunakan pembelajaran khusus untuk mendapatkan sebuah solusi. Ada beberapa cara yang dapat digunakan sebagai metode penyelesaian masalah, diantaranya adalah:

  1. Pengenalan Masalah

Langkah awal yang harus dilakukan yaitu mengenali dan mengidentifikasi masalahnya terlebih dahulu. Dengan menggunakan penyimpangan yang hadir, perbedaan kontradiksi antara hal yang diharapkan dan kondisi aktual yang didapatkan.

  1. Uraikan Masalah

Setelah masalah berhasil diidentifikasi, maka langkah berikutnya yaitu menganalisis masalah dengan lebih spesifik dan terperinci.

  1. Menetapkan Target

Dalam menetapkan sebuah target, poin penting yang harus diterapkan yaitu komitmen dan fokus. Karena poin tersebut nantinya akan sangat berpengaruh pada proses yang sedang dijalankan.

  1. Analisis Akar Masalah

Dalam memecahkan sebuah masalah, maka Anda harus menganalisis sumber masalah itu sendiri, sehingga masalah akan lebih mudah terselesaikan sampai dengan ke akarnya.

  1. Mengembangan Solusi

Laporan dari hasil analisis sumber masalah dijadikan sebagai pedoman selanjutnya dalam mengembangkan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut.

  1. Implementasi Solusi

Penentu utama dalam proses penyelesaian masalah yaitu mengimplementasi dari solusi masalah itu sendiri. Karena pemikiran dan inovasi dari seluruh anggota tim sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Standarisasi dan Saling Berbagi Kesuksesan

Jika semua proses sudah berhasil diselesaikan, maka standar baru di dalam individu ataupun organisasi akan muncul. Tidak hanya itu saja, akan tetapi evaluasi dan hasil yang diperoleh dapat diterapkan kembali untuk menyelesaikan masalah pada masa mendatang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *