Pengertian Manajemen

  • Whatsapp
pengertian manajemen

Biasanya, istilah manajemen dikatakan sebagai suatu kegiatan dalam mengatur sesuatu. Hal tersebut menunjukkan bahwa manajemen merupakan suatu seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui kerja sama tim. Seni manajemen mencakup kemampuan visi untuk melihat integritas dan totalitas pada bagian yang terpisah.

Pengertian Manajemen

Manajemen adalah proses pencapaian tujuan dengan bekerja bersama-sama dan optimalisasi sumber daya yang dimiliki. Manajemen sebagai ilmu dimaknai sebagai ilmu dan seni untuk mencapai tujuan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan terhadap seluruh upaya dan penggunaan sumber daya.

Pengertian Manajemen Secara Etimologi

Pengertian manajemen secara etimologi dan pandangan para ahli berakar dari bahasa Perancis kuno “management” yang memiliki makna seni mengatur dan melaksanakan. Hal tersebut yang mendasari pernyataan bahwa manajemen adalah sebuah seni. Seni yang identik dengan keindahan. Artinya, dalam manajemen keindahan tersebut berarti teratur, rapi, dan terstruktur.

Manajemen disebut “manage” dalam bahasa Inggris berarti mengelola, mengendalikan, mengusahakan, dan memimpin. Jika ditarik benang merah, semua pengertian manajemen berfokus pada pengambilan keputusan.

Terdapat subyek dan obyek dalam penerapan manajemen. Subjek yang berperan sebagai orang yang mengatur disebut manajer. Sedangkan objeknya adalah segala sesuatu yang diatur, bisa berupa karyawannya, sistem atau suatu barang.

Pengertian Manajamen Menurut Pandangan Para Ahli

Pengertian manajemen menurut pandangan para ahli banyak digunakan sebagai landasan untuk memahami lebih jauh tentang makna dan kandungan manajemen. Lebih jelasnya didefinisikan dalam pemaparan berikut.

  1. Menurut John D. Millet, manajemen adalah proses dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan dengan memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang yang melakukannya (dijelaskan dalam bukunya berjudul “Management In The Public Service”).
  2. Menurut Marry Parker Follet, manajemen merupakan suatu seni, dimana setiap pekerjaannya diselesaikan secara bersama-sama.
  3. Menurut Wilson Bangun, manajemen adalah rangkaian aktivitas dari setiap anggota organisasi dalam mencapai
  4. Menurut Manullang, manajemen adalah seni dan ilmu dalam mencatat, menyusun, mengarahkan, dan mengawasi sumber daya manusia dengan suatu tujuan.
  5. Menurut George R. Terry, manajemen adalah suatu kerangka kerja mengarahkan suatu organisasi dalam mencapai tujuan yang disepakati bersama.
  6. Menurut James A. F. Stoner, manajemen adalah suatu proses dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya.
  7. Menurut Lawrence A. Appley, manajemen adalah suatu seni melalui usaha orang lain dalam mencapai tujuan yang ditetapkan.
  8. Menurut Oey Liang Lee, manajemen adalah ilmu dan seni dalam upaya mencapai tujuan yang diinginkan dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan serta pengendalian pengawasan dari sumber daya organisasi.
  9. Menurut Henry Fayol, manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia dan menggandakan pengendalian dalam pencapaian tujuan (dijelaskan dalam bukunya berjudul “General Industrial Management” yang fokus pada manajemen di bidang industri).
  10. Menurut Harold Koontz dan Cyrill O’ Donnel, manajemen adalah cara untuk mencapai tujuan yang ditetapkan melalui kegiatan yang lain (dijelaskan dalam buku mereka berjudul “The Principles of Management”).

Tujuan Manajemen

Adapun tujuan dari adanya manajemen adalah sebagai berikut.

  1. Melaksanakan serta mengevaluasi strategi organisasi agarberjalan efektif dan efisien.
  2. Menyesuaikan perkembangan lingkungan eksternal dengan memperbarui strategi.
  3. Mengkaji dan meninjau ulang situasi yang terjadi.
  4. Meninjau kembali secara kontinyu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada.
  5. Mengkoreksi jika ada penyimpangan pelaksanaan dalam strategi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *