Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Salah satu aset atau harta terpenting dalam sebuah perusahaan memanajemen sumber daya manusia dengan kemampuan dan karakter baik yang dimiliki perusahaan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan oleh perusahaan. Sumber daya manusia bisa menjadi pendorong akan kesuksesan perusahaan.

Pengertian Manajemen SDM di Perusahaan

1. Achmad S. Rucky

Manajemen sumber daya manusia adalah aplikasi efektivitas dan efisiensi yang tepat dalam memanfaatkan, mengakuisisi, mengembangkan, dan memelihara sumber daya manusia milik perusahaan atau organisasi dalam mencapai tingkat paling optimal sebuah pemanfaatan sumber daya manusia agar tujuan organisasi dapat diraih.

2. Bohlarander dan Snell

Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu yang membahas cara memberdayakan karyawan dalam jumlah banyak. Biasanya terdapat di perusahaan, membuat pekerjaan, membangun kelompok kerja, mengembangkan SDM dengan kemampuannya serta mengidentifikasi sebuah pendekatan untuk mengembangkan kinerja dan memberikan imbalan sepantasnya.

3. SP. Hasibuan

Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu atau seni yang mengatur peran interaksi kerja antara satu bagian dengan bagian yang lain agar berjalan efektif untuk rangka membantu mencapai tujuan perusahaan, karyawan, dan juga masyarakat secara luas yang ingin diraih.

4. Anwar Prabu Mangkunegara

Manajemen sumber daya manusia adalah sebuah pelaksanaan dasar manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan secara langsung terhadap penarikan, pengembangan, pengintegritasan, pemberian imbalan, atau pemutusan hubungan kerja agar mencapai tujuan organisasi yang ingin diraih.

5. Henry Simamora

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses yang dilakukan untuk pendayagunaan, penilaian, pengembangan, pemberian imbalan, dan pengelolaan SDM untuk suatu tujuan yang ingin dicapai oleh organisasi atau perusahaan.

6. Tulus

Manajemen sumber daya manusia adalah pencapaian tujuan perusahaan atau organisasi, individu, dan masyarakat dengan cara perencanaan, organisasi, pengarahan, dan pengawasan untuk pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, integritas, pemeliharaan SDM, serta pemutusan hubungan kerja apabila diperlukan.

7. Amstrong

Manajemen sumber daya manusia adalah pendekatan yang dilakukan terhadap sebuah manajemen manusia yang berdasarkan kepada empat prinsip dasar manajemen yaitu planning, organizing, actuating, dan controlling agar tujuan perusahaan tercapai.

8. Moses N. Kiggundu

Manajemen sumber daya manusia adalah pemanfaatan serta pengembangan karyawan untuk mencapai tujuan dari perusahaan dan juga sasaran indivu, masyarakat, organisasi bahkan bangsa serta internasional yang lebih efektif.

9. Mary Parker Follett

Manajemen sumber daya manusia adalah seni yang digunakan untuk menuju tujuan organisasi yang dilakukan dengan cara mengatur orang lain untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan dengan terstruktur dan tidak melakukan pekerjaan tersebut sendiri.

10. Sofyandi

Manajemen sumber daya manusia adalah strategi yang dibangun perusahaan untuk mencapai tujuan dan sebagai penerapan fungsi empat manajemen pada setiap aktivitas yang dilakukan. Hal ini mulai dari proses penarikan karyawan, seleksi masuk, pelatihan dan pengembangan, serta penempatan SDM agar memberikan kontribusi yang paling produktif terhadap perusahaan.

11. Melayu Mutiara S. Panggabean

Manajemen sumber daya manusia adalah sebuah proses yang harus dimulai dari organizing, plannning, leading, dan controlling dalam kegiatan yang masih berhubungan dengan evaluasi pekerjaan, pengadaan, analisis kerja, promosi, kompensasi. Bahkan hingga pemutusan hubungan kerja agar tujuan dari sebuah organisasi tersebut bisa diraih.

12. Rival

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu yang masih menjadi bagian dari manajemen yang meliputi 4 dasar yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan juga pengendalian untuk kepentingan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

13. Handoko

Manajemen sumber daya manusia adalah sumber daya manusia yang ditarik, diseleksi, dikembangkan, dipelihara, dan juga digunakan untuk mencapai tujuan yang dimiliki organisasi atau individu untuk menghasilkan kinerja yang baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *