Pengertian Manajemen Keuangan

  • Whatsapp
Pengertian Manajemen Keuangan

Sering kali Anda dihadapkan pada kondisi tertentu yang mengharuskan pengeluaran uang tanpa bisa dibatasi. Akibatnya uang cepat habis padahal kebutuhan masih sangat banyak. Kondisi ini tidak jarang mengharuskan menahan rasa malu untuk meminjam uang pada teman. Agar bisa menghindari hal tersebut, ada baiknya Anda paham konsep manajemen keuangan.

Pengertian Umum Manajemen Keuangan

Secara umum manajemen keuangan adalah kegiatan perencanaan, pengelolaan, penganggaran, pengendalian serta pemeriksaan dana suatu perusahaan. Manajemen keuangan biasanya berkaitan dengan ilmu akuntansi atau ilmu ekonomi.

Ternyata tidak seperti yang Anda pikirkan. Kehidupan sosial ekonomi sebenarnya lekat dengan manajemen keuangan. Anda juga sering melakukan manajemen keuangan pada diri sendiri tanpa di sadari. Seperti menyusun pengeluaran, perencanaan menabung hingga target keuangan yang menyangkut gaji.

Manfaat Manajemen Keuangan

Efek kedepan jika mampu mengendalikan keuangan, Anda bisa memantau pemasukan dan pengeluaran. Sehingga keuangan lebih terpantau. Bisa jadi hidup hemat berawal dari manajemen keuangan yang baik. Selain itu masih banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan perencanaan keuangan ini. Berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah menjalankan manajemen keuangan sendiri.

1. Lebih Terkontrol

Semua orang pasti ingin keuangannya terkontrol. Melalui manajemen, keuangan Anda akan otomatis terpantau. Jika pengeluaran sering kali bertambah alokasinya akan terlihat lebih jelas. Sehingga Anda akan terjauh dari kekurangan dana pada periode tertentu.

2. Reminder

Manajemen keuangan juga berfungsi sebagai reminder. Jika memiliki beragam keinginan dalam kurun waktu tertentu, sistem ini akan sangat membantu. Misalnya dengan gaji, Anda ingin membeli rumah sendiri. Manajemen keuangan membantu menentukan prioritas dan sebagai pengingat akan tujuan. Sehingga Anda lebih konsisten dalam menabung.

3. Membantu Mencapai Target

Ketika cenderung sudah konsisten maka segala target mudah didapat. Mengatur keuangan sendiri tanpa adanya pengelolaan akan sangat sulit dilakukan. Maka dari itu manajemen berperan untuk membantu Anda tetap lurus dalam mencapai target.

4.. Adaptasi Berbagai Keadaan

Manfaat selanjutnya yaitu bisa beradaptasi dengan berbagai keadaan. Jika biasanya banyak orang cenderung panik saat masalah keuangan melanda, dengan memahami dan mengaplikasikan konsep ini akan mudah mengatasasinya. Alasannya karena Anda telah fasih mengelola dan memanfaatkan peluang keuangan yang ada.

5. Terbebas dari Hutang

Jika keuangan sudah teratur, efek jangka panjangnya Anda akan terbebas dari hutang. Siapapun pasti tidak ingin terlilit hutang. Maka dengan menjalankan manajemen keuangan yang baik Anda bisa meminimalisasi kemungkinan tersebut. Ini seperti serasa tidak mungkin jika keuangan baik tapi harus berhutang.

Penerapan Manajemen Keuangan yang Baik dan Benar

Setelah mengerti konsep umum manajemen keuangan, Anda bisa mengaplikasikannya pada keuangan sendiri. Namun perlu diketahui bahwa manajemen bukan hanya berarti penyisihan uang untuk berbagai kebutuhan. Untuk mendapatkan hasil maksimal tentu harus ada penerapan yang baik dan benar. Jangan sampai salah dan sampai membuat repot diri sendiri.

Penerapan yang baik dan benar dibarengi kekonsistenan akan menjalani sistem ini. Keuangan adalah hal sensitif yang jarang bisa dikontrol sendiri. Terlebih kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas dihadapkan dengan limit keuangan yang terbatas. Agar pengeluaran terkendali melalui manajemen Anda bisa mengatur prioritas keuangan.

Jika dikira belum yakin menjalankan manajemen keuangan sendiri, Anda bisa melakukan konsultasi pada ahlinya. Ini dilakukan agar tidak melakukan kesalahan yang berarti. Konsultan juga memberi kiat-kiat praktis agar pengelolaan berjalan lancar. Saat manajemen berjalan bukan hanya uang yang dikelola tapi juga waktu dan pemikiran. Sehingga Anda akan lebih disiplin dengan pemikiran yang lebih terbuka.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *