Pengertian Mailing List dan Kegunaannya

  • Whatsapp
Pengertian Mailing List dan Kegunaannya
Pengertian Mailing List dan Kegunaannya

Perkembangan teknologi informasi komunikasi terbukti kian mempermudah kegiatan manusia. Komunikasi pun bisa makin cepat dilakukan, baik perorangan atau secara berkelompok. Mailing list merupakan salah satu contoh kemudahan untuk berkomunikasi secara berkelompok tanpa harus saling bertatap muka. Untuk mengetahui pengertian mailing list dan kegunaannya, simak uraian berikut.

Pengertian Mailing List

Mailing list adalah suatu fasilitas yang memungkinkan penggunanya agar dapat saling bertukar data, berita, atau informasi lainnya, dengan menggunakan alamat email untuk mengakses semuanya. Pesan yang dikirim menuju alamat email mailing list (atau biasa disebut milis) akan diteruskan pada alamat-alamat email anggotanya secara otomatis.

Dari paparan singkat di atas, Anda tentu bisa menyimpulkan bahwa seluruh kegiatan dalam mailing list berbasis pada email. Karenanya, setiap anggota wajib memiliki alamat email. Selanjutnya, kelompok milis ini bisa bebas bertukar informasi dan membroadcast semuanya ke seluruh anggota. Akan menjadi seru dan mudah daripada mengirim pesan satu per satu kan?

Saat seorang anggota milis lain menerima broadcast email Anda, ia bisa lansung membalasnya melalui email yang sama. Nantinya, balasan tersebut akan disebarkan kembali pada seluruh anggota group yang terdaftar. Karena prosesnya yang tak sesimpel chat di group WhatsApp, ada baiknya seseorang mengambil peran sebagai moderator. Tugasnya untuk monitoring lalu lintas email agar lancar.

Kegunaan Mailing List

Secara ringkas, mailing list memang difungsikan untuk keperluan berbagi informasi. Arus informasi ini bisa disetting untuk berjalan satu atau dua arah, tergantung kesepakatan dan kebutuhan anggota group. Secara lebih spesifik kegunaan mailing list ini bisa dibagi menjadi 4, yakni;

  • Sebagai media berbagi informasi tanpa perlu bertatap muka. Mailing list bisa digunakan sebagai media nongkrong online untuk membahas sebuah topik seru dengan sesama anggota. Anda bisa dengan mudah melakukannya tanpa harus repot-repot bertandang dan berkumpul di satu tempat.
  • Sebagai media pengumuman. Dalam penerapannya, mailing list memang kerap digunakan untuk berbagi aneka pengumuman, entah disadur dari majalah, iklan, bulletin, atau dalam bentuk link website. Dulunya informasi ini disebarkan melalui pos, namun kehadiran email berhasil mengubah segalanya. Meski kini mulai tergusur pula dengan adanya media sosial.
  • Sebagai sarana pengunduhan data dan diskusi. Melalui mailing list, Anda bisa mengunduh data yang dishare oleh salah satu anggota milis. Lalu Anda pun dapat menyiarkan ataupun membalas pesan tersebut. Hal seperti ini adalah wujud dari kegunaan milis sebagai media diskusi.
  • Sebagai media berbagai intern bagi anggotanya. Karena ketrbatasan keanggotaan, mailing list merupakan media sempurna untuk berbagi informasi intern antar pengguna dengan minat pada topik yang sama.

Jenis Mailing List

Pada dasarnya, mailing list dibedakan dalam dua kategori. Pembagian ini didasarkan pada fungsi dan jenis informasi yang dibagikan di dalamnya. Dua kategori tersebut terdiri atas;

1. Announcement Type List

Seperti namanya, milis jenis ini berisikan pengumuman untuk dibagikan ke anggota. Biasanya pengaturan disetting agar informasi yang dibroadcast bersifat satu arah saja. dalam artian, anggota group tak memiliki otoritas untuk membalas pengumuman tersebut. Mereka hanya sebagai penerima informasi saja.

2. Discussion type list

Berbeda dengan announcement type, tipe ini bisa bergerak dua arah, vice-versa. Artinya, pengguna atau anggota kelompok memiliki kesempatan untuk menerima sekaligus mengirim pesan balasan melalui media berkelompok tersebut. Entah sekedar untuk berkomentar atau membroadcast informasi jenis lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *