Pengertian Linux dan Beberapa Distro Linux yang Terkenal

  • Whatsapp
Pengertian Linux dan Beberapa Distro Linux yang Terkenal
Pengertian Linux dan Beberapa Distro Linux yang Terkenal

Banyak yang belum mengenal sistem operasi linux. Kebanyakan orang hanya mengetahui sistem operasi windows. Hal ini sangat wajar mengingat windows lebih dulu muncul dibandingkan dengan linux. Pesatnya perkembangan teknologi membuat kebutuhan akan teknologi baru semakin meningkat, salah satunya adalah sistem operasi linux.

Sistem operasi linux adalah sistem operasi komputer yang berbasis open source. Linux adalah salah satu sistem operasi yang sudah banyak digunakan di seluruh dunia. Walaupun linux kalah populer dengan windows, namun tidak sedikit pula yang menggunakan linux. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai sistem operasi linux, Anda dapat membaca penjelasan di bawah ini.

Pengertian Linux

Linux adalah sistem operasi yang memiliki tipe operasi open source yang dapat dengan bebas digunakan, dikembangkan bahkan disebarluaskan. Bagi Anda yang mencari sistem operasi tanpa harus mengeluarkan biaya maka linux adalah jawabannya.

Hal ini karena seperti yang Anda ketahui sistem operasi windows mewajibkan Anda untuk membayar lisensi jika ingin menggunakan sistem operasi ini.

Linux adalah sistem operasi yang dapat Anda akses secara gratis tanpa harus membayar biaya lisensi. Linux adalah pengembangan dari sistem operasi Unix. Namun sampai saat ini sistem ini masih terus dikembangkan oleh komunitas IT di seluruh dunia.

Linux dapat digunakan di seluruh platform. Bahkan linux tidak hanya bisa Anda gunakan di komputer namun dapat Anda gunakan pada playstation konsol permainan dan smartphone.  Sejak awal kemunculannya linux sudah menjadi idola sistem operasi di dunia. Bahkan beberapa perusahaan besar sangat mendukung sistem operasi linux.

Namun saat ini linux masih belum banyak digunakan dan hanya digunakan oleh pengguna yang sudah mahir dengan teknologi. Hal ini karena menggunakan sistem operasi linux memerlukan keahlian khusus seperti pemasangan, konfigurasi sampai penggunaan aplikasinya.

Lisensi sistem operasi linux berada di bawah GNU. Hal ini menunjukkan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakannya. Sistem operasi bersifat open source maka banyak distro yang yang menggunakan linux.

Beberapa Distro Linux yang Terkenal

Terdapat beberapa  distro linux yang terkenal seperti berikut ini.

1. Ubuntu

Ubuntu adalah distro linux yang sangat terkenal dan paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia. Hal ini karena ubuntu memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan oleh orang awam sehingga banyak yang menggunakannya. Saat ini linux ubuntu sudah dikembangkan lagi dalam beberapa sistem operasi.

2. Debian

Debian adalah salah satu distro linux yang paling stabil dan aman. Debian juga merupakan distro linux yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia.

3. Redhat

Redhat adalah salah satu distro linux yang pertama kali mengenalkan sistem RPM Package Manager. Redhat adalah salah satu anak perusahaan dari Red Hat Inc yang kemudian memiliki julukan Red Hat Enterprise Linux. Sistem operasi yang dimiliki biasanya khusus digunakan untuk perusahaan maupun perkantoran.

4. Fedora

Fedora juga merupakan anak perusahaan dari Red Hat, tetapi dimiliki khusus oleh tim Fedora Project. Distro yang satu ini adalah salah satu distro linux yang terkenal.

5. openSUSE

openSUSE adalah salah satu sistem operasi yang dibangun oleh kernel linux. Tujuan didirikan distro ini adalah agar penggunaan linux menjadi lebih berkembang. Selain itu agar kinerja linux lebih stabil dan mudah digunakan. openSUSE biasanya digunakan untuk sistem operasi server atau desktop.

6. CentOS

CentOS atau Community Enterprise Operating System adalah salah satu distro linux yang dibuat oleh The CentOS Project. Sistem operasi ini dibuat berdasarkan kode sumber dari Red Hat. Oleh karena itu, produk yang dihasilkan mirip dengan Red Hat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *