Pengertian Liberalisme

  • Whatsapp
Pengertian Liberalisme
Pengertian Liberalisme

Liberalisme merupakan salah satu ideologi besar yang ada dan dianut oleh sebagian masyarakat dunia. Liberalisme sendiri, baik sebagai arus politik dan tradisi intelektual, sebagian besar merupakan fenomena modern yang dimulai pada abad ke-17. Meskipun beberapa ide filosofis liberalisme memiliki pendahulu di zaman kuno klasik dan di kekaisaran Cina.

Pengertian Liberalisme

  1. Kata-kata seperti liberal, liberty, libertarian, dan libertinejika ditelusuri sejarahnya, maka kata-kata tersebut berasal dari bahasa Latin, Liber, yang berarti bebas.
  2. Menurut Encyclopædia Britannica, Liberalisme adalah doktrin politik dan ekonomi yang menekankan otonomi individu, kesetaraan kesempatan, dan perlindungan hak-hak individu (terutama untuk kehidupan, kebebasan, dan properti)
  3. Menurut Merriam-Webster, liberalisme adalah,
  • kualitas atau keadaan menjadi liberal
  • suatu gerakan dalam Protestanisme modern yang menekankan kebebasan intelektual dan isi spiritual dan etis dari agama Kristen
  • teori ekonomi yang menekankan kebebasan individu dari pengekangan dan biasanya didasarkan pada persaingan bebas, pasar diatur sendiri oleh pelaksananya
  • filosofi politik yang didasarkan pada keyakinan akan kemajuan, kebaikan hakiki umat manusia, dan otonomi individu dan dukungan perlindungan kebebasan politik dan sipil

Secara khusus: filosofi yang menganggap pemerintah sebagai instrumen penting untuk memperbaiki ketidaksetaraan sosial (seperti yang melibatkan ras, jenis kelamin, atau kelas)

  • prinsip dan kebijakan partai Liberal
  • Liberalisme adalah ciri khas dari demokrasi modern, diilustrasikan oleh prevalensi istilah ‘demokrasi liberal’ sebagai cara untuk menggambarkan negara-negara dengan pemilihan umum yang bebas dan adil, supremasi hukum dan kebebasan sipil yang dilindungi.
  • Liberalisme adalah teori yang mendasari atau falsafah politik dan moral yang bertumpu pada kebebasandan persetujuan dari yang diperintah dan kesetaraan di hadapan hukum. Liberal menganut pandangan yang luas tergantung pada pemahaman yang menganutnya tentang prinsip-prinsip liberal.
  • Liberalisme memiliki pengertian yang sangat luas, tergantung dari apa yang Anda Untuk tujuan menyederhanakan pengertian dari liberalisme, liberalisme dapat dibagi menjadi dua  kategori besar yang sangat umum, yaitu: liberalisme modern dan liberalisme klasik.
  • Liberalisme modern adalah ideologi yang meyakini bahwa negara harus terlibat dalam hidup masyarakat untuk membantu menyediakan alat guna mencapai kebebasan.

‘Alat’ ini adalah institusi seperti layanan kesehatan nasional (pelayanan kesehatan gratis); kebijakan welfarisme yang memenuhi syarat dan sistem kesejahteraan; beberapa cara proteksionisme (meskipun proteksionisme secara eksklusif bukanlah konsep liberal modern); pendidikan gratis, dan sebagainya.

  • Liberal klasik adalah paham yang sangat menekankan pada individualisme dan kurangnya intervensi negara dalam kehidupan bermasyarakat. Istilah Berlin mengatakan bahwa kaum liberal klasik percaya pada kebebasan negatif, yang berlawanan dengan kebebasan positif, sebagaimana didukung oleh kaum liberal modern.

Ciri-ciri Liberalisme

Liberalisme juga merupakan sebuah konsep yang terlalu dinamis dan fleksibel untuk disimpulkan dan dicetuskan dalam definisi yang tepat. Sejak awal, liberalisme terus berubah, menambahkan sesuatu ke dalam konsepnya dan mengurangi sesuatu dari konsepnya.

Liberalisme bukan hanya konsep politik tetapi juga konsep sosial-ekonomi, budaya, dan etika. Liberalisme sendiri dapat dipahami melalui karakteristik tertentu yang berkembang selama perkembangan dan perjalanan sejarahnya yang panjang.

Karakteristik Liberalisme.

  • Keyakinan pada nilai absolut kepribadian manusia dan kesetaraan spiritual individu.
  • Kepercayaan pada otonomi cita-cita atau keinginan setiap individu
  • Keyakinan pada esensi rasional dan kebaikan manusia
  • Kepercayaan pada hak tertentu yang tidak dapat dicabut dari individu, khususnya, hak hidup. kebebasan dan properti.
  • Negara harus ada dengan persetujuan bersama untuk tujuan perlindungan hak-hak individu warga negaranya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *