Pengertian Lembaga Pendidikan Secara Menyeluruh

  • Whatsapp
Pengertian Lembaga Pendidikan
Pengertian Lembaga Pendidikan

Pendidikan merupakan kebutuhan wajib bagi setiap manusia, karena dari pendidikan seseorang bisa mencapai cita-citanya dan menaikkan derajat hidupnya, seseorang juga dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih maju. Pendidikan biasanya dijalankan oleh suatu lembaga tertentu, namun tahukah Anda terkait pengertian lembaga pendidikan secara menyeluruh?

Banyak sekali orang yang sering berbicara terkait dunia pendidikan, namun belum mengerti tentang pengertian lembaga pendidikan. Oleh sebab itu, kali ini kita akan bahas secara lengkap mengenai lembaga pendidikan, agar menambah referensi Anda tentunya.

Pengertian Lembaga Pendidikan

Lembaga pendidikan adalah suatu institusi yang menyelenggarakan pembelajaran aktif untuk menunjang kebutuhan anak, tentunya agar mendapatkan hak belajar dalam rangka mencari ilmu pengetahuan, mengembangkan skill dan memperdalam kepribadian anak. Oleh sebab itu, pendidikan memiliki posisi yang sangat penting bagi setiap anak yang ingin mencapai masa depannya.

Beberapa ahli memberikan pendapatnya mengenai pengertian pendidikan di antaranya

1. Prof. H. Mahmud Yunus

Beliau mengatakan bahwa, pendidikan dibuat sebagai usaha yang telah disengaja dan maksudkan untuk memberikan pengaruh dan membantu anak dalam mencapai ataupun mendapatkan ilmu pengetahuan, akhlak serta jasmani yang kemudian secara perlahan dapat membantu anak mencapai tujuan dan cita-cita tertingginya.

2. Prof. Dr. John Dewey

Beliau mengatakan bahwa, pendidikan merupakan satu proses kehidupan untuk mendapatkan pengalaman. Karena itu, kehidupan adalah proses pertumbuhan, maka pendidikan merupakan langkah untuk menumbuhkan manusia baik secara batin maupun lahir tanpa harus dibatasi oleh usia.

Fungsi dan Tujuan Lembaga Pendidikan

Sebagai sarana konservasi yang mendukung masyarakat untuk dapat mendapatkan ilmu pengetahuan, fungsi lainnya yakni untuk mengembangkan potensi diri serta bakat dan minatnya. Selain itu, lembaga pendidikan tentu memiliki fungsi dan tujuan tertentu yaitu:

1. Perubahan Sosial

Pendidikan berfungsi sebagai perubahan sosial karena nilai-nilai, pola pikir dan norma yang ditanamkan ketika menjalani pendidikan, akan sangat berpengaruh kepada anak didik ketika terjun ke masyarakat. Oleh sebab itu, perlunya kurikulum ataupun sistem pendidikan yang mendukung anak didik agar bisa lebih banyak melakukan eksplorasi di lingkungan masyarakat.

2. Memberikan Kepekaan Sosial

Selain diberikan ilmu pengetahuan secara umum, lembaga pendidikan juga mengajarkan kepada anak didiknya agar lebih peka terhadap kondisi sosial. Hal ini terlihat ketika anak didik diajari untuk terus berfikir kritis dan inovatif, agar bisa melihat masalah di sekitar dan mampu memberikan solusinya.

3. Mengembangkan Potensi Diri

Lembaga pendidikan juga berperan sebagai tempat mengembangkan potensi, minat dan bakat anak didik. Lembaga pendidikan akan memberikan sarana dan juga prasarana untuk menunjang anak didiknya dalam mengembangkan potensi dirinya.

4. Melatih Budi Pekerti

Pentingnya budi pekerti bagi seorang anak didik adalah untuk menjadikan karakter seorang anak didik agar menjadi pribadi yang santun dan menghormati sesama. Oleh sebabnya, pelajaran-pelajaran akhlak di dalam lembaga pendidikan harus terus diadakan, karena perannya sangat sentral untuk membentuk karakter seorang anak.

Sedangkan tujuan adanya lembaga pendidikan, untuk memberikan segala fasilitas yang menunjang anak didiknya untuk terus berkembang, sehingga bisa menjadikan anak didik menjadi manusia yang berilmu, berakhlak, mandiri, kreatif dan segala aspek kebaikan lainnya.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, tentu lembaga pendidikan mempunyai tujuan dan tugas tertentu untuk mendukung seluruh potensi anak didiknya.

  1. Melaksanakan seluruh kegiatan belajar mengajar kepada anak didik baik di lingkungan sekolah, di luar sekolah,maupun saat bersosialisasi di lingkungan masyarakat.
  2. Menjalankan pendidikan sesuai dengan kurikulum yang masih berlaku dan sudah ditentukan.
  3. Memberi bimbingan konseling kepada seluruh peserta didik tanpa pilih-pilih.
  4. Adanya kerjasama yang dilakukan oleh lembaga kepada orang tua dan masyarakat secara baik dan berkelanjutan.

Dalam lembaga pendidikan, tentu segala unsur yang menunjang dan memenuhi segala kebutuhan anak didik baik secara jasmani maupun rohani harus terus diupayakan, kebaikan dan seluruh aspek lainnya harus dipenuhi. Karena hal ini yang kemudian menjamin berhasil atau tidaknya seorang anak didik ketika nanti sudah berada di tengah masyarakat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *