Pengertian Kontribusi dan Konsep Beserta Jenis-Jenisnya

  • Whatsapp
Pengertian Kontribusi dan Konsep Beserta Jenis-Jenisnya
Pengertian Kontribusi dan Konsep Beserta Jenis-Jenisnya

Ketika seseorang memberikan sebuah kontribusi, itu artinya orang tersebut memberikan sesuatu baik berupa benda, uang, tenaga ataupun dalam bentuk waktu. Kontribusi terdiri dari beberapa bentuk, mulai dari kontribusi yang dapat diukur sampai dengan tidak dapat diukur. Pengertian kontribusi dan konsep secara teoritis memang belum banyak dipahami kebanyakan orang.

Banyak orang mengartikan kontribusi merupakan ikut berpartisipasi pada suatu kegiatan tertentu dengan memberikan bantuan sejumlah dana. Padahal arti kontribusi sebenarnya tidak hanya berhubungan dengan bantuan dana, namun bisa dalam bentuk bantuan yang lainnya.

Pengertian Kontribusi dan Konsepnya

Kontribusi adalah bantuan dalam bentuk nyata berupa uang, barang, tenaga dan waktu dalam suatu kegiatan tertentu demi mencapai tujuan bersama, sehingga memberikan hasil sesuai dengan target yang sudah ditetapkan sebelumnya. Jadi kontribusi tidak hanya diartikan dalam bentuk bantuan financial saja. Karena hal itu akan membatasi dari bentuk kontribusi itu sendiri.

Jika kontribrusi diartikan seperti itu, maka hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukan kontribusi. Sedangkan kontribusi yang dimaksudkan disini yaitu kepedulian individu atau keikutsertaan individu pada suatu kegiatan.

Jadi pengertian kontribusi dan konsep secara lengkap adalah bukan hanya sebatas pemberian bantuan materi saja. Namun bantuan dalam berbagai bentuk seperti pemikiran, tenaga, materi dan sebagainya dengan tujuan untuk membantu kesuksesan suatu kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Konsep distribusi meliputi pembayaran, donasi dan berbagi sesuatu. Secara umum masyarakat awam mengartikan kontribusi yaitu sebagai sumbangsih atau keterlibatan seseorang pada suatu rencana kegiatan.

Jenis- jenis Kontribusi

Pada dasarnya ada berbagai jenis kontribusi dan penggunaannya tergantung pada bidang yang bersangkutan. Berikut ini jenis-jenis kontribusi yang hubungannya dengan komunitas atau anggota. Dalam suatu komunitas, maka harus dilakukan promosi secara gencar untuk mendorong para anggotanya untuk melakukan kontribusi dengan memberikan investasi secara pribadi.

Karena semakin banyak dilakukan promosi, maka akan semakin banyak yang akan berpartisipasi dan membuat komunitas menjadi sukses. Ada beberapa macam kontribusi yang bisa diberikan, diantaranya waktu, tenaga, pemikiran dan dana. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan lengkap dari masing-masing kontribusi.

  • Kontribusi Waktu

Semakin banyak waktu individu dihabiskan untuk suatu organisasi, maka organisasi tersebut akan semakin sukses. Kontribusi ini sangat berkaitan dengan energi yang dikeluarkan, meskipun ada sedikit perbedaan.

  • Kontribusi Tenaga

Tenaga merupakan salah satu kontribusi yang diberikan anggota di dalam komunitasnya. Misalnya saja, seorang anggota membantu dengan menggunakan tenaganya untuk menulis dan dipostingkan, membuat konten dan mengatur setiap acara yang akan diadakan. Kontribusi ini akan sangat membantu untuk kemajuan suatu komunitas.

  • Pemikiran

Pemikiran yang aktif dan pemberian ide-ide positif dalam komunitas akan membantu kemajuan komunitas dan menjadi investasi jangka panjang yang dapat diterapkan ke depannya.

  • Dana

Jika Anda telah dibayar untuk datang pada suatu acara yang telah diagendakan, membeli produk emas, memiliki URL maka sudah pasti Anda akan bekerja lebih keras agar komunitasnya mampu mencapai kesuksesan.

Contoh- Contoh Kontribusi

Kontribusi bisa diwujudkan ke dalam berbagai macam kelompok. Ada beberapa contoh kontribusi, diantaranya adalah:

  • Kontribusi Mahasiswa Terhadap Masyarakat

Sebagai seorang mahasiswa, maka ada banyak kontribusi yang bisa diberikan kepada lapisan masyarakat luas. Meskipun kontribusi yang paling penting dan harus dilakukan mahasiswa adalah belajar, sehingga kemampuan skillnya bisa bermanfaat bagi masyarakat dan dirinya sendiri.

Mahasiswa juga harus bisa memberikan kontribusi sebagai alat kontrol dalam lingkungan sosial. Dimana mahasiswa memiliki wawasan luas untuk mengendalikan kritik masyarakat atau pemerintah jika ada peristiwa ketidakadilan atau pelanggaran yang dapat merugikan masyarakat.

  • Kontribusi Sosial Perusahaan Terhadap Masyarakat

Kontribusi sosial perusahaan sebagai kontribusi perusahaan dengan tujuan untuk pembangunan yang berkelanjutan agar mampu menekan dampak-dampak negatif yang timbul pada komunitas pemangku kepentingan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *