Pengertian Konsumsi, Tujuan Aktivitas Konsumsi, dan Ciri-cirinya

  • Whatsapp
Pengertian Konsumsi
Pengertian Konsumsi

Setiap manusia dalam kehidupan sehari-harinya pasti memiliki dan menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Ada barang yang sekali digunakan langsung habis dan ada pula yang bisa habis secara perlahan-lahan. Itu semua tidak pernah lepas dari manusia selama menjalani kehidupan sehari-hari. Hal itulah yang dinamakan dengan konsumsi.

Untuk mengetahui lebih jelas pengertian konsumsi, tujuan aktivitas konsumsi, dan ciri-cirinya Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Konsumsi

Konsumsi adalah sebuah kegiatan yang menggunakan barang atau jasa dalam kehidupan sehari-hari, secara bertahap demi kelangsungan hidup manusia. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan dalam hidup yang tidak ada habisnya. Bisa dikatakan konsumsi tidak dapat terpisahkan dari aktivitas dalam menunjang perekonomian manusia.

Tujuan Aktivitas Konsumsi

Konsumsi memiliki beberapa tujuan dalam aktivitas yang berhubungan dengan konsumsi itu sendiri, antara lain:

  1. Menggunakan Nilai Guna Suatu Barang Secara Bertahap

Tujuan pertama dalam konsumsi adalah menggunakan nilai guna suatu barang secara bertahap. Maksudnya adalah barang atau layanan yang digunakan memiliki masa yang panjang, sehingga bisa digunakan berulang kali dan bertahun-tahun. Contohnya adalah motor, komputer, mobil, meja, kursi, dan lainnya.

  1. Menggunakan Nilai Guna Suatu Barang Secara Sekaligus

Seperti yang sudah diketahui bahwa ada barang atau layanan yang bisa digunakan secara bertahap, ada juga yang langsung habis saat itu juga. Contoh barang langsung habis adalah makanan dan minuman.

  1. Memenuhi Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Berbicara mengenai kebutuhan manusia memang tidak akan pernah ada habisnya. Pasalnya selalu ada saja barang atau yang jasa terbaru, canggih, dan terbaik yang bisa memuaskan manusia agar lebih efektif dalam menjalani kehidupan. Adanya barang dan jasa tersebut pada kegiatan konsumsi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan juga rohani.

Contoh memenuhi kebutuhan jasmani adalah dengan melakukan olahraga, makan, minum, dan hal lainnya. Contoh memenuhi kebutuhan rohani adalah dengan melakukan ibadah, membaca, jalan-jalan, dan lainnya.

  1. Memuaskan Kebutuhan Secara Fisik

Kebutuhan secara fisik di zaman sekarang memang semakin populer dan sudah seperti kewajiban di beberapa negara, seperti badan harus ideal atau langsing, wajah harus cantik, dan lainnya. Untuk memuaskan kebutuhan secara fisik seseorang rela membeli apa saja yang berkaitan dan berhubungan dengan fisik.

Contohnya, pakaian yang sangat bagus, mengonsumsi obat-obatan untuk kecantikan, atau melakukan operasi.

Ciri-ciri Aktivitas Konsumsi

Dalam kegiatan konsumsi selain tujuan juga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Mempunyai Nilai yang Positif

Maksud dari nilai positif adalah barang atau layanan yang dikonsumsi memiliki manfaat yang sangat besar bagi manusia.Contohnya motor dan mobil yang bisa digunakan untuk membuat orang bepergian dalam jarak yang jauh.

  1. Dapat Digunakan Berulang Kali

Ciri lainnya adalah bisa digunakan berulang kali dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Contohnya televisi, tas, baju, peralatan rumah, dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Produk yang Luntur Sekali atau Habis Pakai

Contoh produk yang luntur atau habis pakai adalah makanan, minuman yang tidak tahan lama dan harus dikonsumsi segera saat itu juga.

  1. Membutuhkan Pengorbanan

Dalam memilih produk yang ingin dikonsumsi juga membutuhkan pengorbanan. Maksudnya di sini adalah dalam proses pembelian.

  1. Memenuhi Kebutuhan

Produk atau layanan yang dikonsumsi pastilah harus memenuhi kebutuhan manusia dalam kehidupannya.

  1. Memenuhi Kepuasan

Selain memenuhi kebutuhan, mengonsumsi barang dan layanan juga dilakukan untuk memenuhi kepuasan fisik dan mental.

  1. Produk dapat Berkurang dan Habis

Produk yang dikonsumsi pastilah memiliki masa sehingga bisa berkurang atau juga habis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *