Pengertian Komunitas, Manfaat Komunitas dan Beberapa Pertimbangan dalam Pembentukan Komunitas

  • Whatsapp
Pengertian Komunitas, Manfaat Komunitas dan Beberapa Pertimbangan dalam Pembentukan Komunitas
Pengertian Komunitas, Manfaat Komunitas dan Beberapa Pertimbangan dalam Pembentukan Komunitas

Mengingat komunitas cukup erat dengan kehidupan sehari-hari, maka memahami pengertian komunitas, manfaat komunitas dan beberapa pertimbangan dalam pembentukan komunitas menjadi begitu penting. Apalagi sebenarnya setiap orang yang ada di dunia ini tergabung dengan suatu komunitas tertentu.

Selama ini, komunitas itu sendiri sering dimaknai sebagai kelompok atau suatu kelompok tertentu. Benarkah demikian? Agar lebih jelas, mari simak penjelasan mengenai komunitas lebih luas di bawah ini.

Pengertian Komunitas secara Umum

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial yang ada di suatu masyarakat, di dalamnya terdiri atas beberapa individu yang umumnya tertarik pada hal yang sama, dan saling melakukan interaksi di lingkungan tertentu.

Pengertian lain dari komunitas adalah suatu kelompok dengan ciri khas setiap anggotanya yang memiliki kesamaan kriteria sosial. Selain itu, ada pula kalimat yang menjelaskan bahwa komunitas adalah suatu kelompok yang ada dan terbentuk sebagai akibat dari adanya keinginan para anggota untuk mencapai suatu tujuan tertentu, tujuan tersebut sudah disepakati bersama sebelumnya.

Pengertian Komunitas Menurut Para Ahli

Sejumlah ahli yang memaparkan pengertian komunitas adalah sebagai berikut:

1. Christensson dan Robinson

Komunitas adalah mereka yang bertempat tinggal di daerah yang secara geografis terbatas, saling berkomunikasi serta terdapat ikatan di antara mereka.

2. Etienne Wenger

Komunitas adalah kelompok sosial yang mempunyai habitat berupa lingkungan, serta mempunyai minat atau ketertarikan yang sama. Hal yang menjadi ruang lingkupnya ialah kepercayaan serta meliputi ruang lingkup yang lainnya juga.

3. Chester L. Hunt dan Paul B. Horton

Komunitas adalah sekumpulan manusia atau kelompok sosial yang mempunyai kesadaran mengenai keanggotaannya dan juga saling melakukan interaksi.

4. Kertajaya Hermawan

Komunitas adalah sekelompok manusia atau sekelompok orang yang mempunyai ciri saling peduli melebihi dari yang seharusnya, dan di dalamnya terdapat relasi atau hubungan pribadi yang begitu erat di antara para anggotanya karena kesamaan nilai atau minat tersebut.

5. Soenarno

Komunitas adalah interaksi sosial dan suatu identifikasi yang terbentuk dengan aneka macam dimensi kebutuhan fungsional.

 

6. Hendro Puspito

Komunitas adalah suatu kumpulan manusia yang nyata, tetap serta teratur dari sejumlah individu yang menjalankan perannya secara berkaitan, sehubungan dengan upaya untuk mencapai tujuan bersama.

Manfaat Komunitas

Komunitas diketahui mempunyai tiga manfaat sebagai berikut:

1. Saling Mendukung

Hal ini terjadi disebabkan adanya ketertarikan atau minat para anggota pada bidang tertentu. Jadi, para anggota tersebut akan saling memberikan dukungan, sehingga bisa sama-sama berkembang. Selain mendukung para anggota, umumnya komunitas juga bisa membantu siapapun yang berada di luar komunitas.

2. Membentuk Hubungan

Sebagaimana yang sudah sering disebutkan, manusia itu merupakan makhluk sosial. Artinya, manusia akan selalu memerlukan manusia yang lainnya dalam menjalankan hidupnya. Adanya komunitas ini, menjadikan sesama anggota berpeluang besar untuk menjalin hubungan baik satu sama lain.

3. Sebagai Sarana Penyebaran Informasi

Harus disadari bahwa, komunitas bisa menjadi sarana penyebaran informasi yang sangat cepat. Hal ini disebabkan masing-masing anggota yang ada dalam komunitas sangat memungkinkan untuk bertukar informasi. Umumnya, informasi yang dimaksud berkaitan dengan tema yang diangkat oleh komunitas tersebut.

Beberapa Pertimbangan dalam Pembentukan Komunitas

Dalam upaya membentuk komunitas, sebaiknya pemrakarsa komunitas mempertimbangkan sejumlah hal yang disebutkan di bawah ini:

  1. Anggota, sebaiknya mereka yang diajak untuk bergabung sebagai anggota adalah orang-orang yang mempunyai minat yang sama atau berasal dari bidang yang sama.
  2. Program kerja serta sumber daya,hal ini perlu dipertimbangkan supaya komunitas tidak vakum. Sebaiknya memang komunitas memiliki program kerja tertentu dan juga sumber daya agar program kerja yang telah dicanangkan bisa berjalan dengan baik.
  3. Media komunitas, hal ini dimaksudkan untuk mendukung keberlangsungan komunitas, khususnya kelancaran pelaksanaan program kerja yang telah disusun.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *