Pengertian Komunikasi, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Syarat Komunikasi

  • Whatsapp
Pengertian Komunikasi

Komunikasi sebagai salah satu bidang ilmu ini juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun tahukah Anda bahwa komunikasi juga memiliki berbagai hal yang dapat dipelajari untuk memperlancar komunikasi? Oleh karena itu pengetahuan tentang komunikasi beserta penjelasan lengkapnya akan dijelaskan lebih lengkap di bawah ini.

Pengertian Komunikasi

Komunikasi adalah proses menyampaikan informasi baik berupa ide, gagasan, pesan, dan lain sebagainya dari satu individu ke individu yang lain. Komunikasi ini dilakukan secara langsung maupun tidak langsung agar dapat dimengerti oleh pihak yang berkomunikasi. Tidak hanya melalui bahasa, komunikasi juga dapat dilakukan melalui gestur tubuh.

Komunikasi juga dapat diartikan sebagai hubungan kontak yang disampaikan individu maupun kelompok untuk merubah suatu perilaku maupun menyampaikan sebuah pesan. Tidak hanya itu, komunikasi juga dapat diartikan sebagai proses pemilihan dan mengirimkan simbol tertentu kepada orang lain sehingga menghasilkan makna.

Tujuan Komunikasi

Komunikasi tidak hanya dilakukan sebagai alat untuk berinteraksi dengan orang lain, namun juga memiliki beberapa tujuan. Adapun tujuan dari komunikasi adalah untuk menjelaskan pesan yang disampaikan komunikator kepada komunikan agar dipahami dan dimengerti. Komunikasi juga bertujuan untuk memberikan suggest agar seseorang dapat menjalankan nilai dan norma yang berlaku.

Tujuan komunikasi juga dilakukan untuk meningkatkan kemampuan mendengar seseorang sehingga dapat mengerti dan mengetahui makna yang disampaikan. Tidak hanya asal dilakukan, komunikasi juga memiliki gestur dan intonasi yang berbeda ketika melakukannya. Hal ini dilakukan untuk memberikan perbedaan situasi dan kondisi yang terjadi.

Fungsi Komunikasi

Komunikasi juga memiliki beberapa fungsi yang wajib Anda ketahui. Penjelasan tentang fungsi komunikasi akan dijelaskan di bawah ini.

1. Sebagai Kendali

Setiap masyarakat pasti memiliki nilai dan norma yang harus dipatuhi dalam hidup bermasyarakat. Oleh karena itu komunikasi digunakan sebagai alat untuk mengontrol perilaku orang lain. Dalam hal ini komunikasi yang dilakukan juga dapat berfungsi sebagai alat kendali paling ampuh untuk mengubah perilaku orang lain.

2. Sebagai Informasi

Proses interaksi antar individu maupun kelompok yang memiliki makna dan berisi informasi ini merupakan salah satu fungsi dari adanya komunikasi. Setiap informasi yang diperoleh dapat disalurkan dan menjadi sebuah alat untuk pengambilan keputusan.

3. Sebagai Motivasi

Ketika berkomunikasi secara formal maupun non formal, pasti terdapat perbincangan yang mengarah pada motivasi. Setiap komunikasi yang dilakukan pasti memiliki nilai yang dapat meningkatkan semangat. Dalam hal ini berupa motivasi yang diberikan oleh komunikator kepada komunikan.

Jenis Komunikasi

Komunikasi juga memiliki jenis-jenis yang dapat dibedakan berdasarkan prosesnya. Jenis komunikasi dibedakan menjadi 2, yaitu lisan dan tulisan. Adapun pengertian keduanya akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

1. Komunikasi Lisan

Komunikasi lisan adalah proses bertukar informasi yang dilakukan secara langsung dengan tatap muka tanpa menggunakan alat bantu tertentu. Contoh komunikasi langsung yaitu presentasi, workshop, diskusi, dan lain sebagainya.

2. Komunikasi Tertulis

Komunikasi tertulis yaitu komunikasi yang dilakukan menggunakan alat bantu dalam hal ini dapat berupa media seperti handphone, HT, surat, dan lain sebagainya. Contohnya yaitu mengirim surat via pos, chatting menggunakan aplikasi Whatsapp, dan lain sebagainya.

Syarat Komunikasi

Komunikasi juga memiliki beberapa syarat yang dijabarkan melalui poin-poin di bawah ini.

1. Sumber

Ketika berkomunikasi Anda tentu membutuhkan sumber yang terpercaya dalam berdiskusi maupun pada saat bertukar informasi. Syarat yang wajib dipenuhi adalah adanya sumber yang valid, seperti buku, berita, dan lain sebagainya.

2. Komunikator

Komunikator adalah pihak yang menyampaikan pesan baik secara langsung maupun tertulis. Komunikator ini dapat bersifat tunggal maupun jamak, tergantung cara penyampaian pesan yang dilakukan.

3. Komunikan

Komunikan adalah pihak baik tunggal maupun jamak yang menerima pesan melalui proses komunikasi.

4. Pesan

Pesan dalam hal ini adalah materi yang disampaikan dalam proses komunikasi. Adanya pesan ini bertujuan untuk merubah sikap dan perilaku orang yang dikehendaki.

5. Saluran

Saluran adalah alat bantu untuk berkomunikasi. Dalam hal ini saluran dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu formal dan informal.

6. Efek

Sebagai syarat terakhir dalam berkomunikasi, efek merupakan hasil akhir ketika proses komunikasi telah berlangsung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *