Pengertian Kesenian Dalam Dunia Seni dan Estetika

  • Whatsapp
Pengertian Kesenian
Pengertian Kesenian

Dunia seni dan estetika merupakan salah satu bentuk kesenian yang dapat dikatakan sangat indah. Bentuk dari kesenian ini juga beraneka ragam sehingga dapat menjadi wadah untuk ekspresi seseorang. Kesenian juga cukup sering dikaitkan dengan kebudayaan atau sosio-kultur. Namun apakah sebenarnya pengertian kesenian dalam dunia seni dan estetika itu sendiri?

Pengertian Kesenian

Kesenian adalah sebuah wadah atau media untuk mencurahkan dan mengekspresikan keindahan yang berasal dari dalam jiwa manusia. Kesenian juga seringkali dikaitkan dengan norma istiadat terutama di Indonesia, dimana banyak dari upacara adat maupun keagamaan yang menggunakan kesenian seperti kidung atau tarian sebagai media persembahan kepada Sang Pencipta.

Seni dikatakan merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Sansekerta yaitu sani yang memiliki arti sebuah persembahan atau pemberian yang tulus. Namun kata seni sendiri masih belum mendapatkan sebuah sejarah yang jelas mengenai asal katanya. Ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa seni berasal dari bahasa Melayu, namun tidak sedikit yang mengatakan dari bahasa Belanda.

Sejarah Kesenian Dalam Dunia Seni dan Estetika

Banyak yang mengatakan bahwa seni tertua di dunia berasal dari Indonesia tepatnya di Sulawesi. Bentu seni yang terdapat di sana merupakan sebuah lukisan gua yang digolongkan menjadi salah satu bentuk seni rupa. Namun lukisan gua ini masih menjadi sebuah perdebatan apakah dapat dikatakan sebagai salah satu wujud seni karena pada zaman itu seni belum dikenal.

Seni kemudian berkemban dari masa ke masa, mulai dari peradaban mesir kuno serta yunani dimana pada saat ini banyak orang yang mulai memuja keindahan dari manusia sendiri sehingga terciptalah seni rupa berupa pahatan patung. Seni kemudian berkembang lagi di masa Abad pertengahan dimana pada masa ini seni arsitektur yang menjadi sangat berkembang karena beberapa pengaruh keagamaan.

Tujuan Kesenian Dalam Dunia Seni dan Estetika

Seni bukan hanya berbicara mengenai keindahan tetapi juga ada tujuan serta latar belakang terhadap bentuknya. Beberapa orang bahkan menggunakan seni sebagai media untuk mengungkapkan bentuk protes mengenai isu-isu sosial yang sedang terjadi. Berikut ini beberapa tujuan dari kesenian dalam dunia seni dan estetika.

1. Hiburan

Tujuan seni yang paling umum merupakan sebagai hiburan untuk berbagai kalangan masyarakat. Seni hiburan ini juga semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu, seperti misalnya jaman dahulu hiburan dimulai dengan pewayangan, kini hiburan berkembang menjadi film layar lebar maupun serial yang ada di televisi maupun platform streaming.

2. Komunikasi

Seni juga memiliki tujuan sebagai media komunikasi dari pembuat seni kepada audiens. Karya seni yang baik biasanya mengandung beberapa pesan yang ingin disampaikan. Jika pembuat karya seni tersebut memiliki banyak pengalaman dan juga kemahiran dalam bidangnya tentu pesan yang disampaikan akan dengan cepat sampai ke penikmat seni.

3. Sosial

Salah satu tujuan seni yang kini paling banyak digunakan adalah bertujuan untuk sosial dan kemanusiaan. Banyak orang yang kini membuat pameran seni yang ditujukan untuk beberapa isu sosial bahkan beberapa diantaranya dapat melakukan penggalangan pada beberapa pertunjukan seni yang kemudian dana tersebut akan digunakan untuk membantu korban bencana alam.

4. Kesehatan Psikologis

Beberapa riset membuktikan bahwa terdapat beberapa penyakit psikologis yang dapat dibantu dengan terapi seni salah satunya dengan terapi gambar.  Dengan terapi ini, para psikolog atau psikiater dapat mengetahui emosi dari pasien tersebut sehingga pasien akan mendapatkan penanganan yang tepat terhadap masalah psikologis yang sedang mereka alami.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *