Pengertian Kesehatan dan Jenis-jenis Kesehatan Manusia

  • Whatsapp

Kesehatan menjadi salah satu aspek yang paling penting bagi makhluk hidup untuk bisa menjalani berbagai kegiatan sehari-hari. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang memilih untuk hidup sehat dan menjaga diri dengan baik. Jika Anda dalam keadaan sehat, tubuh dan jiwa akan lebih leluasa untuk melakukan berbagai hal.

Pengertian Kesehatan

Kesehatan adalah keadaan yang memberikan gambaran secara jelas tentang tubuh yang terhindar dari segala masalah seperti penyakit, gangguan psikis, ataupun gangguan fisik. Selain itu kesehatan juga bisa diartikan sebagai keadaan tubuh yang sejahtera, yang memungkinkan seseorang untuk bisa lebih produktiv dalam hal sosial maupun ekonomis.

Berikut Jenis-jenis Kesehatan Manusia

Setelah mengetahui tentang pengertian kesehatan, Anda tentu juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis kesehatan manusia. Secara garis besar, kesehatan dibagi atas dua jenis yaitu fisik dan mental. Meskipun memiliki sistem kerja yang berbeda, namun kedua jenis kesehatan ini saling terhubung. Untuk lebih jelasnya, berikut simaklah informasinya.

1. Kesehatan Mental/Jiwa

Kesehatan jiwa pasalnya tidak bisa terlihat dengan jelas dengan kasat mata. Namun bisa dirasakan dengan perubahan perilaku ataupun kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang. Gangguan pada kesehatan ini biasanya sangat erat hubungannya dengan rasa stres ataupun masalah lain yang terkait dengan pikiran.

Untuk bisa menjaga kesehatan jiwa, Anda harus mampu mengendalikan diri dengan baik agar mampu memiliki emosi yang stabil. Jika Anda terlalu berlebihan memikirkan sebuah masalah, maka bisa mengakibatkan tekanan pada pikiran yang bisa menimbulkan stres.

2. Kesehatan Fisik/Tubuh

Kesehatan tubuh bisa dilihat dari tampilan fisik seperti adanya luka ataupun penyakit yang menimbulkan perubahan secara fisik sehingga tampak jelas. Penyakit yang diderita bisa saja merupakan penyakit yang terjadi di dalam maupun di luar. Untuk bisa menjaga kesehatan fisik, Anda perlu menjaga pola makan yang teratur dan juga rajin berolah raga.

Dengan menjaga kesehatan fisik, maka tubuh bisa terhindar dari berbagai serangan penyakit yang bisa menurunkan fungsi tubuh. Jika mengalami gangguan kesehatan pada tubuh, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter.

Berikut Beberapa Perilaku yang Bisa Membantu Anda untuk Menjaga Kesehatan

Kesehatan seseorang tentunya sangat berkaitan dengan kebiasaan yang dilakukannya. Beberapa kebiasaan buruk bisa saja mengakibatkan timbulnya suatu penyakit, ataupun mampu menimbulkan stres. Untuk itu jika Anda ingin menjaga kesehatan, maka harus membuang kebiasaan buruk dan mulai memperbanyak kebiasaan yang baik.

Kesehatan merupakan harta yang sangat berharga untuk tubuh, sehingga Anda harus menjaganya dengan baik. Agar Anda bisa menjaga kesehatan dengan lebih baik, berikut akan direkomendasikan beberapa perilaku yang harus mulai dilakukan dan dijaga oleh seseorang. Apa saja perilaku tersebut, simak informasi detailnya di bawah ini.

  • Perhatikan pola makan yang teratur. Pastikan Anda sarapan di pagi hari sebelum beraktivitas. Pastikan juga untuk makan siang serta malam pada waktu yang tepat.
  • Kurangi mengkonsumsi snack yang manis.
  • Hindari makan karbohidrat 3 jam sebelum tidur.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin, zat besi, mineral, protein dan berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh
  • Perbanyak makan sayur dan buah.
  • Lakukan aktivitas secara seimbang. Jangan biarkan diri Anda terlalu lelah atau terlalu santai.
  • Lakukan olahraga secara rutin.
  • Perhatikan pola tidur dengan baik. Atur waktu tidur Anda agar bisa memenuhi standar tidur sehat yaitu antara 7-8 jam sehari.
  • Jika Anda suka merokok, maka sebaiknya cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut.
  • Hindari minuman beralkohol.
  • Hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi.
  • Minum suplemen penambah vitamin untuk memperkuat antibodi tubuh, seperti vitamin C.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *