Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli
Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

Dalam setiap organisasi pasti memiliki seorang pemimpin yang memiliki tanggung jawab mengatur organisasi tersebut. Tidak mudah menjadi seorang pemimpin sebab diperlukan kemampuan khusus untuk bisa mengatur banyak orang. Seorang pemimpin atau ketua wajib memiliki sikap dan sifat kepemimpinan. Lalu apakah yang dimaksud dengan kepemimpinan?

Kepemimpinan memiliki banyak definisi, baik secara umum maupun pendapat ahli. Para ahli dan pakar pun memiliki pendapat yang beragam mengenai pengertian dari kata kepemimpinan. Artikel ini akan membahasnya secara lebih lengkap.

Pengertian Kepemimpinan Secara Umum

Kepemimpinan adalah bakat dalam pribadi seseorang untuk dapat memberikan sugesti kepada orang lain agar melakukan kegiatan tertentu yang bertujuan untuk meraih cita-cita organisasi. Bakat kepemimpinan wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Sebab tanpa kepemimpinan, seorang ketua tidak dapat membawa organisasinya mencapai tujuan.

Organisasi adalah sekelompok orang yang tergabung dalam satu naungan dan berkomitmen untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh organisasi antara lain organisasi kemahasiswaan, partai politik, lembaga swadaya masyarakat, dan masih banyak lagi.

Sebuah perusahaan bisnis juga merupakan organisasi. Oleh sebab itulah pemimpin perusahaan harus memiliki jiwa kepemimpinan supaya dapat membawa ke arah kesuksesan. Jika tidak, perusahaan dikhawatirkan tidak akan stabil dan rentan mengalami kegagalan.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Ahli

Pakar dan ahli yang berasal dari Indonesia maupun internasional memiliki penafsiran tersendiri untuk istilah kepemimpinan. Meskipun banyak pendapat yang berbeda, namun makna yang dimaksud oleh para ahli ini memiliki garis besar yang sama.

1. Wahjosumidjo

Seorang penulis bernama Wahjosumidjo mendefinisikan kepemimpinan di dalam buku Kepemimpinan Organisasi. Menurutnya, kepemimpinan adalah kecakapan yang ada dalam diri seorang pemimpin yang meliputi 3 sifat yaitu karakter, kecakapan, dan kapabilitas.

Serangkaian kegiatan seorang ketua organisasi dapat dikategorikan sebagai kepemimpinan. Hal ini tidak dapat terlepas dari interaksi antara ketua organisasi dengan anggota di dalamnya. Kepemimpinan juga sangat mempengaruhi karakteristik dan cara seorang ketua memimpin organisasinya.

2. Sutarto

Sutarto Wijono merupakan penulis dari buku berjudul Kepemimpinan dalam Masyarakat Modern. Buku ini terbit pada tahun 1998. Di dalam buku tersebut, Sutarto mendefinisikan kepemimpinan adalah kecakapan seseorang untuk memobilisasi perangai orang lain dalam sebuah keadaan agar mau bekerja sama dalam meraih cita-cita sebuah organisasi.

3. Sondang P. Siagian

Pengertian kepemimpinan menurut pakar atau ahli berikutnya disampaikan oleh Sondang P. Siagian. Pakar dalam bidang manajemen ini telah menerbitkan banyak buku, salah satunya yaitu Teori dan Praktek Kepemimpinan. Buku ini diterbitkan tahun 2003.

Dalam buku tersebut, kepemimpinan adalah kecakapan atau kepiawaian seseorang saat memiliki jabatan sebagai ketua dalam sebuah organisasi untuk memobilisasi perilaku orang lainnya, khususnya orang yang memiliki jabatan di bawahnya. Tujuannya adalah supaya bawahan dapat melakukan pekerjaan yang membantu mencapai cita-cita perusahaan atau organisasi.

4. George Robert Terry

Seorang pakar manajemen dari Amerika bernama George Robert Terry pernah menulis sebuah buku semasa hidupnya. Salah satu buku yang ditulis oleh Terry yaitu Principles of Management yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia menjadi Prinsip-prinsip Manajemen.

Dalam buku tersebut, Terry mengungkapkan tentang pengertian kepemimpinan. Kepemimpinan adalah aktivitas memberikan pengaruh kepada orang lain dalam rangka meraih cita-cita dalam sebuah organisasi.

5. Charles F. Rauch dan Orlando Behling

Charles F. Rauch dan Orlando Behling merupakan penulis sebuah buku berjudul Functionalism : Basis for Alternate Approach to The  Study of Leadership. Buku tersebut diterbitkan oleh Pergamon Press di New York pada 1984.

Dalam buku tersebut, kepemimpinan adalah kegiatan memberikan pengaruh dalam aktivitas sebuah organisasi yang dikoordinasikan untuk mencapai cita-cita atau tujuan tertentu.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *