Pengertian Kemampuan Manusia dalam Berbagai Bidang

  • Whatsapp
Pengertian Kemampuan Manusia dalam Berbagai Bidang
Pengertian Kemampuan Manusia dalam Berbagai Bidang

Berbicara tentang kemampuan, hal tersebut seringkali dikaitkan dengan tindakan yang dilakukan oleh individu baik dalam bidang sosial, administrasi, finansial atau bidang lainnya. Kemampuan ini akan melekat pada diri seseorang sebagai bakat. Seseorang yang menguasai berbagai bidang disebut dengan multitalent. Agar lebih jelas mengenai kemampuan manusia, simak ulasan berikut.

Pengertian Kemampuan Manusia

Kemampuan manusia adalah kapasitas untuk melakukan berbagai pekerjaan yang dimiliki oleh seseorang. Kemampuan juga didefinisikan sebagai perwujudan yang dimiliki seseorang dipengaruhi lingkungan, cara bergaul, dan tingkat pengetahuan. Hal-hal tersebut dapat diperoleh dari beragam pengalaman maupun keturunan keluarga.

Selain pengertian tersebut, adapun definisi kemampuan menurut beberapa ahli yaitu sebagai berikut:

  1. Soehardi

Beliau mendefinisikan kemampuan sebagai nilai-nilai normatif perilaku seseorang atas kajian yang dihasilkan seseorang dan hasil dari kerja tersebut diakui masyarakat. Dalam hal ini, kemampuan disebut sebagai bakat yang diperoleh baik sejak lahir, dengan pelatihan maupun pengalaman.

  1. Stepen P. Robbins

Kemampuan adalah kapasitas dan kapabilitas dari seorang individu dalam mengerjakan tugas dan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya baik dalam kelompok, organisasi, maupun keluarga.

  1. Robert Kreitner

Menurut Robert Kreitner, kemampuan adalah sikap yang dimiliki oleh seseorang dalam melakukan suatu tindakan tanpa ada pengaruh dari manapun yang berpotensi mengubahnya. Menurut beliau, kemampuan berhubungan dengan kemampuan maksimal seorang individu dalam menghadapi permasalahan sosial yang ada di masyarakat.

  1. Soelaiman

Menurut beliau kemampuan yang dibawa sejak lahir atau didapatkan dengan belajar dan berlatih untuk mengerjakan sebuah pekerjaan secara mental atau fisik. Sebab tidak semua karyawan dalam organisasi memiliki kemampuan bekerja yang baik sehingga perlu dilakukan motivasi.

Macam Kemampuan

  1. Kemampuan intelektual

Kemampuan yang ini berkaitan dengan kecakapan seseorang dalam berpikir. Dengan kemampuan tersebut, akan membantu manusia dalam melakukan kegiatan dengan terarah dan efisien. Kemampuan intelektual seorang individu dapat diukur melalui IQ (Intelligence Quotient) yang hasilnya akan menunjukkan tingkat kecerdasan seseorang.

Keuntungan memiliki kecerdasan yang tinggi adalah berpotensi menjadi pemimpin pada suatu kelompok. Untuk membentuk kemampuan intelektual, terdapat tujuh dimensi yang sering disebutkan yaitu kecerdasan angka, kecepatan persepsi, pemahaman verbal, penalaran induktif, penalaran deduktif, visualisasi spasial.

  1. Kemampuan fisik

Tidak hanya kemampuan intelektual, untuk mengembangkan potensi seseorang juga harus dibarengi dengan kemampuan fisik. Dengan kemampuan fisik yang Anda miliki ini, bisa membantu Anda untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan tenaga dan stamina lebih. Bayangkan jika Anda harus melakukan sebuah pekerjaan tetapi terus terhambat oleh kemampuan fisik Anda yang lemah.

Tipe Kemampuan Intelektual Manusia

  1. Kecerdasan visual dan spasial

Maksud dari kecerdasan ini adalah untuk melihat dan mengenali suatu hal dengan akurat, juga menggambarkan hal tersebut ke dalam bentuk lain sesuai imajinasi dan keinginan. Kecerdasan ini akan berdampak pada kemampuan menghitung jarak, pola, volume dan lainnya yang sifatnya detail.

  1. Kecerdasan naturalis

Umumnya, kecerdasan ini dimiliki oleh para ahli biologi, pecinta hewan, pecinta tumbuhan. Sebab berkaitan dengan makhluk hidup dan lingkungannya.

  1. Kecerdasan musikal

Tidak semua orang memiliki kecerdasan ini. Sebab yang ditimbulkan jika seseorang memiliki kecerdasan ini adalah pemahaman yang baik dalam membedakan suatu bunyi, dan lebih peka terhadap melodi, nada, bunyi berirama.

  1. Kecerdasan logika matematika

Akan banyak individu yang akan kita temui dengan kecerdasan logika matematika. Sebab sejak mulai mengenyam pendidikan formal, seseorang akan diajari berhitung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *