Pengertian Kelompok Menurut Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Kelompok Menurut Para Ahli
Pengertian Kelompok Menurut Para Ahli

Dalam masyarakat umum, kelompok sosial akan ditemui dengan mudahnya dengan beragam tujuan, , latar belakang, anggota, struktur, dan aktivitas yang dilakukan. Kelompok memiliki makna yang beragam, bergantung pada individu yang mendefinisikannya. Berikut definisi kelompok menurut para ahli beserta ciri-ciri dan macam kelompok.

Pengertian Kelompok

Kelompok adalah kumpulan individu yang memiliki tujuan bersama dan saling berinteraksi antar anggotanya. Kelompok dapat diciptakan oleh masyarakat dan dapat mempengaruhi perilaku anggotanya. Sedangkan para ahli mendefinisikan kelompok sebagai:

  1. Soerjono Soekanto

Beliau mendefinisikan kelompok sebagai himpunan manusia yang membentuk satu kesatuan dimana mereka saling berhubungan dan menciptakan timbal balik yang saling mempengaruhi.

  1. Robert K. Merton

Robert K. Merton berpendapat bahwa kelompok merupakan orang yang saling berinteraksi dengan pola yang sudah mapan.

  1. Sherif

Menurutnya kelompok adalah kesatuan individu yang mengadakan interaksi sosial secara intensif dan teratur, yang mana setiap anggota telah mendapat pembagian tugas dan terdapat norma tertentu yang mengikat mereka sebagai kesatuan sosial.

  1. Roland Freedman Cs

Kelompok ialah sebuah organisasi yang terdiri dari dua individu atau lebih bergantung pada ikatan sebuah sistem, ukuran tingkah laku, dan persetujuan seluruh anggotanya.

  1. Johnson

Beliau berpendapat bahwa kelompok terdiri atas dua orang atau lebih yang saling melakukan interaksi secara terpola sebagai suatu kelompok.

  1. Hendropuspito

Kelompok ialah kumpulan individu yang nyata dengan menjalankan perannya masing-masing dalam kelompok tersebut secara teratur dan sistematis agar tercapai tujuan bersama.

  1. George Homans

Beliau mengartikan kelompok sebagai kumpulan individu yang melakukan aktivitas dan interaksi untuk membentuk kumpulan yang terorganisasi secara keseluruhan dan memiliki hubungan timbal balik.

  1. Joseph S. Roucek

Menurutnya kelompok adalah sekumpulan manusia yang memiliki pola interaksi yang dapat dipahami masyarakat luas atau anggotanya sendiri secara menyeluruh.

  1. Willa Huky

Kelompok menurut Willa Huky adalah beberapa orang yang saling berinteraksi dan berkomunikasi membentuk sebuah unit.

  1. Giddens

Definisi kelompok menurut Giddens adalah sejumlah orang yang saling berinteraksi dengan teratur.

Ciri-Ciri Kelompok Sosial

  • Mempunyai kepentingan atau tujuan bersama
  • Merupakan satu kesatuan yang nyata
  • Terjadi interaksi dan komunikasi antar anggotanya
  • Terdapat norma yang mengatur hubungan antar anggotanya
  • Terdapat struktur sosial
  • Setiap anggota kelompok memiliki status dan peran
  • Terdapat timbal balik dan saling mempengaruhi antar anggotanya

Macam-Macam Kelompok

  1. Kelompok Statistik

Kelompok ini bukan berasal dari organisasi dan tak memiliki hubungan sosial serta kesadaran jenis. Contoh dari kelompok statistika adalah sekelompok penduduk yang tinggal pada suatu kecamatan dengan usia 15-25 tahun, pengelompokan penduduk berdasarkan tingkat pendidikan, mata pencaharian dan lain-lain.

  1. Kelompok Kemasyarakatan

Kelompok ini tidak memiliki organisasi dan hubungan sosial. Namun, mereka memiliki persamaan di antara para anggotanya. Contoh kelompok kemasyarakatan adalah kelompok berdasarkan gender, kelompok orang kaya, kelompok orang miskin, dan sebagainya.

  1. Kelompok Sosial

Terbentuk karena anggotanya memiliki hubungan satu sama lain dan sadar jenis tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi. Contohnya adalah kelompok pertemuan, majelis taklim, kelompok kesenian dan kelompok olahraga di suatu daerah.

  1. Kelompok Asosiasi

Anggota dari kelompok asosiasi ini terbentuk karena persamaan kepentingan atau tujuan baik perorangan hingga bersama serta kesadaran jenis. Dalam kelompok ini antar anggotanya akan melakukan komunikasi, hubungan sosial, kontak, bahkan ikatan organisasi formal. Contohnya yaitu sekolah, negara, perguruan tinggi, organisasi politik dan lain-lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *