Pengertian Kelangkaan dan Beberapa Penyebab Timbulnya Kelangkaan

  • Whatsapp

Kelangkaan menjadi kondisi saat Anda tidak memiliki sumber daya atau bahan yang cukup, sedangkan kebutuhan terus meningkat. Sehingga kepuasan mendapatkan kebutuhan tidak terpenuhi secara maksimal. Kelangkaan bukan berarti ketiadaan secara penuh, bisa jadi hanya karena ketimpangan antara kebutuhan dan alat pemuas itu sendiri.

Pengertian Kelangkaan

Kelangkaan adalah terbatasnya alat pemenuh kebutuhan yang tidak seimbang dengan permintaan kebutuhan. Selain faktor letak geografis, kelangkaan akan terjadi pada kebudayaan Anda yang tidak pernah puas dan tidak terbatas.

Kelangkaan adalah pembahasan bidang ekonomi sehingga banyak pihak yang memberikan pendapat tentang kelangkaan. Di dalam bidang ilmu ekonomi, kelangkaan dibagi menjadi 2 pembahasan, di antaranya:

  1. Langka dalam makna tidak cukup jika dibandingkan dengan kebutuhan Anda sendiri. Sementara benda yang tersedia memiliki jumlah yang terbatas.
  2. Langka dalam makna Anda harus melakukan sedikit perjuangan untuk memperoleh kebutuhan yang diharapkan. Hal tersebut terjadi karena alat pemuas memiliki jumlah yang terbatas dari pengolahan sumber daya ekonomi.

Penyebab Timbulnya Kelangkaan

Secara umum kelangkaan terjadi karena 5 penyebab utama, di antaranya:

1. Kepadatan Penduduk

Pertumbuhan penduduk yang meningkat dari beragam usia dapat menimbulkan kelangkaan aneka kebutuhan. Hal tersebut bisa terjadi karena jumlah penduduk yang meningkat tidak sesuai dengan peningkatan produksi beragam kebutuhan.

Sehingga Anda yang tinggal di tengah kepadatan penduduk tinggi. Sebaiknya harus mewaspadai kemungkinan terjadinya kelangkaan dalam waktu dekat.

2. Kemampuan Produksi Kebutuhan

Terdapat beberapa faktor produksi yang dapat menimbulkan kelangkaan berbagai macam kebutuhan. Anda bisa menemukannya pada sumber daya alam, kemampuan tenaga kerja, ketersediaan modal dan jiwa wirausaha.

Seluruh aspek kegiatan produksi memiliki kemampuan yang berbea-beda. Sehingga menimbulkan produksi fluktuatif yang menyebabkan kelangkaan. Dengan demikian, aspek ekonomi yang terhambat akan menciptakan kebutuhan tidak terpenuhi secara maksimal.

3. Perbedaan Geografis

Sumber daya alam tidak tersedia secara merata di setiap wilayah, sehingga membutuhkan waktu dan proses cukup lama untuk memperoleh kebutuhan tepat di lokasi Anda saat ini. Misalnya di Indonesia, terdapat daerah dengan jenis tanah subur yang ditanami beragam sayuran dan buah. Kemudian ada pula wilayah dengan tanah kering yang membuat beragam jenis tanaman tidak dapat tumbuh.

4. Terjadi Bencana Alam

Bencana alam sama sekali tidak dapat diprediksi sebelumnya dan memberikan pengaruh besar terhadap pemenuhan kebutuhan. Sehingga kegiatan produksi beragam sumber daya dapat terhambat baik akibat beragam akses yang rusak dan wilayah terisolir.

Kelangkaan akan terjadi pada dua pihak sekaligus, pertama pada pihak konsumen yang tidak bisa memperoleh beragam pemuas kebutuhan. Kemudian pihak produsen yang tidak dapat memperoleh keuntungan akibat daya beli  konsumen kurang maksimal.

5. Keterbatasan Dana

Pembangunan dan kegiatan ekonomi akan terhambat jika dana yang diperlukan belum mencapai harapan. Anda sebagai konsumen kesulitan mencapai pemenuhan kebutuhan jika uang yang diperlukan tidak cukup. Sehingga tidak bisa membeli beragam jenis kebutuhan baik sandang, pangan dan papan yang diinginkan.

6. Minim Tenaga Ahli

Selain dana belum mencukupi, maka tenaga ahli yang belum mumpuni pada bidang produksi aneka kebutuhan menjadi penyebab timbulnya kelangkaan. Hal it terjadi karena para pekerja tidak dapat melakukan produksi dan penyediaan kebutuhan secara efektif.

Kelangkaan tenaga ahli juga diakibatkan oleh rendahnya pendidikan yang ditempuh dan hilangnya motivasi kepada setiap calon tenaga ahli. Sehingga seorang sumber daya manusia yang mumpuni tidak tersedia, membuat konsumen dan pemerintah mengalami kerugian besar.

7. Sumber Daya Alam Terbatas

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa sumber daya alam terbagi menjadi 2 macam yaitu: sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam tidak dapat diperbaharui. Sehingga Anda perlu melakukan pengelolaan yang bijak agar sumber daya alam tidak cepat habis.

Mengapa Anda harus bijak dengan sumber daya alam? Karena saat sumber daya alam telah habis, maka alat pemuas kebutuhan tidak dapat mencukupi kebutuhan rutin setiap hari.

8. Perang atau Penyakit

Perang dapat merusak aspek produksi guna memperoleh beragam alat pemuas kebutuhan. Selain itu wabah penyakit juga akan menghambat proses produksi secara optimal. Dengan demikian Anda memerlukan antisipasi yang tepat apabila perang dan penyakit dapat menghilangkan aneka macam kebutuhan Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *