Pengertian Kegiatan Ekonomi

  • Whatsapp
pengertian Kegiatan Ekonomi

Dalam kehidupan, manusia tentu memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk dapat memenuhi kebutuhannya tersebut, erat kaitannya terhadap kegiatan ekonomi. Kegiatan tersebut merupakan unsur yang pasti dilakukan manusia. Sebab ekonomi sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup di masyarakat.

Kita memang sering melakukan kegiatan ekonomi, tetapi apakah Anda sudah memahami apa sebenarnya kegiatan ekonomi? Tak jarang terdapat masyarakat yang tidak mengerti secara struktural apa itu kegiatan ekonomi padahal melakukannya setiap hari. Berikut ini adalah pengertian kegiatan ekonomi jenis dan pelaku kegiatan ekonomi.

pengertian Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah segala jenis bentuk aktivitas yang dilakukan manusia dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan mendapatkan kemakmuran dalam kehidupan yang mereka jalani. Dapat disimpulkan, bahwa kegiatan ekonomi merupakan upaya aktualisasi yang dilakukan masyarakat atas kebutuhannya.

Dalam semua tingkatan masyarakat pasti dilakukan kegiatan ekonomi dan melibatkan uang maupun pertukaran produk atau jasa. Kegiatan ekonomi dapat dibedakan menjadi tiga yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi berikut penjelasannya.

1. Produksi

Merupakan kegiatan penambahan nilai guna suatu barang atau jasa, agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Secara umum tujuan produksi adalah memenuhi kebutuhan manusia agar tercapai kemakmuran. Sedangkan tujuan khusus tergantung pada kepentingan produsen dan konsumen. Contoh kegiatan: membuat makanan, membuat sepatu, membuat tas.

2. Distribusi

Setelah produk jadi, maka akan dilakukan kegiatan distribusi. Barang dan jasa yang telah dihasilkan produsen akan disalurkan kepada konsumen. Tugas distributor dalam kegiatan ini adalah memastikan kelancaran arus penyaluran produk dan menyampaikan produk tersebut ke tangan konsumen. Contoh kegiatan: pasar, minimarket, toko, dan lain-lain.

3. Konsumsi

Apabila produksi melakukan penambahan nilai guna, konsumsi justru sebaliknya. Konsumsi merupakan kegiatan mengurangi nilai guna dari suatu barang, baik sekaligus ataupun berangsur-angsur. Contoh kegiatan: mengenakan pakaian, makan, minum, memakai layanan ojek online, menggunakan layanan laundry, dan sebagainya.

Jenis Kegiatan Ekonomi

Menurut para ekonom, terdapat empat jenis kegiatan ekonomi dasar yaitu:

  1. Kegiatan ekonomi primer berkaitan langsung dengan bahan baku, misalnya kegiatan dalam bidang pertanian, kehutanan, dan lain-lain.
  2. Kegiatan ekonomi sekunder meliputi kegiatan industri dan manufaktur misalnya konstruksi, produksi, controlling dan sebagainya.
  3. Kegiatan ekonomi tersier menyangkut pelayanan seperti di rumah sakit.
  4. Kegiatan ekonomi kuarter meliputi kegiatan dalam sektor pengetahuan.

Pelaku Kegiatan Ekonomi

1. Rumah Tangga Keluarga (Konsumsi)

Merupakan penyedia faktor-faktor produksi dalam kegiatan ekonomi kepada pelaku kegiatan ekonomi lain. Faktor produksi yang dimaksud yaitu:

  1. Tanah yang digunakan sebagai tempat berdirinya perusahaan, dengan balas jasa yang diterima berupa uang sewa atau uang penjualan tanah.
  2. Sumber Daya Manusia atau tenaga kerja dengan gaji sebagai balas jasa.
  3. Modal dengan bunga sebagai balas jasa.

2. Rumah Tangga Perusahaan

Dalam kegiatan ekonomi, perusahaan dapat berperan sebagai produsen atau distributor. Berikut kegiatannya:

  1. Produksi barang atau jasa.
  2. Menjual produk ke rumah tangga konsumen.
  3. Menerima pembayaran atas produk yang terjual.
  4. Membayar imbalan kepada yang berperan dalam proses produksi.

3. Rumah Tangga Pemerintah

Kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh rumah tangga pemerintah berupa motif sosial yang mencari keuntungan untuk kepentingan umum. Contoh kegiatan yang dilakukan yaitu:

  1. Menjalankan Badan Usaha Milik Negara seperti Pertamina, PLN, dan lain-lain.
  2. Melakukan kerja sama dengan negara lain dalam bidang ekonomi.

4. Rumah Tangga Masyarakat Luar Negeri

Setiap negara pasti membutuhkan bantuan dari negara lain khususnya dalam bidang ekonomi. Hingga saat ini belum ada negara yang benar-benar tidak memiliki hubungan dengan negara lain, baik itu dalam bidang ekonomi, sosial, politik maupun bidang lainnya. Contohnya adalah ekspor dan impor, kedua kegiatan tersebut pasti dilakukan oleh setiap negara di dunia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *