Pengertian Kebutuhan dan Beberapa Macam Kebutuhan Hidup Manusia

  • Whatsapp
Pengertian Kebutuhan
Pengertian Kebutuhan

Manusia tidak akan lepas dari yang namanya kebutuhan di dalam kehidupan. Oleh karenanya, setiap orang harus memahami betul apa pengertian kebutuhan dan beberapa macam kebutuhan hidup manusia. Selain itu, manusia juga hendaknya mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan agar terhindar dari yang namanya pemborosan.

Pengertian Kebutuhan

Kebutuhan adalah berbagai hal yang dibutuhkan oleh setiap manusia, tentunya berbagai hal yang dimaksud bisa mengantarkan manusia mencapai kesejahteraan. Selain itu, kebutuhan adalah berbagai hal yang muncul secara alamiah dan naluriah, hal ini sangat penting untuk dipenuhi agar manusia bisa menjalankan aktifitas dan mempertahankan hidupnya.

Makna lain dari kebutuhan adalah keinginan setiap manusia akan barang atau jasa, barang atau jasa tersebut bisa memberikan kepuasan baik jasmani maupun rohani, hal itu dilakukan demi menjaga kelangsungan hidupnya.

Macam-Macam Kebutuhan Hidup Manusia

Pemahaman yang baik mengenai pengertian kebutuhan dan macam-macamnya sangatlah penting. Adapun beberapa macam kebutuhan manusia yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Kebutuhan Berdasarkan Subjeknya

  1. Kebutuhan kelompok atau kebutuhan kolektif, yaitu kebutuhan yang memang dibutuhkan atau diperlukan oleh beberapa orang atau kelompok orang, yang dilakukansecara bersamaan. Contoh dalam hal ini yakni jalan, angkutan umum, listrik, jembatan, ketertiban umum, kebersihan umum, menang dalam perlombaan, keamanan dan lain sebagainya
  2. Kebutuhan individu, yaitu kebutuhan yang diperlukan hanya oleh satu orang. Artinya, kebutuhan individu itu ialah kebutuhan yang dimiliki oleh masing-masing orang,tentunya masing-masing orang tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Contoh dalam hal ini ialah kebutuhan pegawai kantoran berbeda dengan kebutuhan petani.

2. Kebutuhan Berdasarkan Waktu Pemenuhannya

  1. Kebutuhan sepanjang waktu, adalah kebutuhan yang pemenuhannya memerlukan waktu yang begitu lama. Contoh dalam hal ini adalah belajar atau menuntut ilmu.
  2. Kebutuhan yang tidak terduga atau tidak tentu waktunya adalahkebutuhan yang bersifat insidentil, mendadak atau tiba-tiba. Contoh dalam hal ini adalah bantuan yang diberikan pada korban bencana alam.
  3. Kebutuhan di waktu yang akan datang atau kebutuhan masa depan, yaknikebutuhan yang sarana pemenuhannya bisa disiapkan mulai dari jauh-jauh hari, sebelum kejadian terjadi. Contoh dalam hal ini adalah dana pendidikan untuk anak.
  4. Kebutuhan sekarang,adalah kebutuhan yang bersifat mendesak dan sebaiknya dipenuhi pada saat itu juga. Contoh dalam hal ini adalah minuman bagi orang haus, makanan bagi orang lapar, pil bagi orang yang sakit dan lain sebagainya.

3. Kebutuhan Berdasarkan Bentuk dan Sifatnya

  1. Kebutuhan rohani, memenuhi kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang wajib ada,sehingga pihak yang bersangkutan bisa merasakan kepuasan batin. Adapun contoh dalam hal ini adalah rekreasi, ibadah atau pendidikan.
  2. Kebutuhan jasmani, adalah kebutuhan yang wajib ada demi memenuhi kebutuhan jasmani individu. Adapun contoh yang paling mudah dalam hal ini adalah makanan yang sehat, pakaian yang bersih, tempat yang bisa digunakan untuk berlindung, olahraga dan lain sebagainya.

4. Kebutuhan Berdasarkan Intensitasnya atau Tingkatnya

  1. Kebutuhan primer, adalah kebutuhan yang wajib dan harus dipenuhi demi kelangsungan hidup manusia. Contoh dalam hal ini adalah makanan, minuman, tempat untuk mandi, tempat untuk buang air, sumber air bersih, baju yang masih layak untuk dikenakan, pendidikan dan lain sebagainya.
  2. Kebutuhan sekunder atau kebutuhan tambahan, adalah kebutuhan yang bisa terpuaskan atau terpenuhi setelah kebutuhan primer. Artinya, kebutuhan sekunder ini berhubungan dengan tradisi masyarakat atau faktor lingkungan. Contoh dalam hal ini adalahjam tangan, pakaian pesta, sepatu yang bermerk, komputer dan lain sebagainya.
  3. Kebutuhan tersier, adalah kebutuhan yang biasanya timbul setelah manusia berhasil memenuhi kebutuhan sekundernya. Umumnya, kebutuhan tersier ini ada karena didorong oleh tujuan atau keinginan untuk meningkatkan status sosial. Contoh dalam hal ini ialah mobil mewah, rumah mewah, perhiasan, lukisan mewah dan lain sebagainya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *