Pengertian Keadilan dan Jenis-jenisnya Menurut Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Keadilan dan Jenis-jenisnya Menurut Para Ahli
Pengertian Keadilan dan Jenis-jenisnya Menurut Para Ahli

Keadilan harus selalu ditegakkan di mana pun kita berada. Kata dasar dari keadilan yaitu adil. Adil memiliki arti bebas dari pembedaan dan juga kebohongan. Adil di sini adalah tidak membela apa pun yang tidak berdasarkan kebenaran yang ada. Adil juga dapat diartikan sebagai tidak berat sebelah serta tidak semena-mena.

Pengertian Keadilan Secara Umum

Keadilan adalah sikap yang tidak membeda-bedakan orang lain, membela sesuatu atau seseorang hanya berdasarkan kebenaran. Definisi lain dari keadilan adalah sikap yang tidak semena-mena atau terlalu membela satu pihak dalam sebuah kasus. Memberikan hak sesuai dengan porsi setelah sebuah kewajiban dilaksanakan juga merupakan salah satu contoh keadilan.

Dalam bahasa Inggris, keadilan adalah “justice”. Sedangkan kosakata “justice” tersebut juga diambil dari bahasa latin “iustitia”.

Pengertian Keadilan Menurut Para Ahli

Seorang filsuf bernama filsuf bernama John Bordley Rawls pernah mengemukakan pendapatnya mengenai definisi keadilan. Menurut Rawls, keadilan adalah keunggulan paling pertama dalam sebuah tradisi sosial, setara dengan kebenaran yang ada dalam sebuah sistem pemikiran.

Sayangnya, keadilan di dunia sangat sulit untuk diwujudkan secara menyeluruh. Banyak orang dan aktivis yang selalu menyuarakan dengan lantang untuk menegakkan keadilan di muka bumi. Namun bias tentang pengertian keadilan itu sendiri membuat mereka tidak memiliki tuntutan yang jelas. Inti dari keadilan adalah menempatkan sesuatu sesuai dengan posisi seharusnya.

Ada tiga macam makna dari kata keadilan, yaitu:

  1. Makna secara atributif, keadilan merupakan kualitas yang adil dan tidak adanya pembedaan (justness).
  2. Jika dimaknai sebagai sebuah tindakan, keadilan adalah sikap melaksanakan hukum atau sikap untuk memutuskan hak atau hukuman atas perbuatan yang telah dilakukan (judicature).
  3. Jika dimaknai sebagai orang atau subjek, keadilan adalah pihak berwajib yang mempunyai hak dan kewajiban untuk memutuskan prasyarat yang harus dilengkapi sebelum sebuah kasus dibawa ke ranah pengadilan. (judge jurist, magistrate).

Jenis Keadilan Secara Umum

Jenis keadilan tidak hanya satu, melainkan ada 5 yaitu keadilan distributif, prosedural, interaksional, retributif, dan retoratif.

  1. Keadilan Distributif

Keadilan distributif atau iustitia distributiva adalah memberikan setiap hak sewajarnya diterima oleh setiap individu setelah menjalankan kewajiban sesuai dengan ketentuan. Contohnya adalah pegawai yang memiliki tidak pernah memiliki riwayat pelanggaran lebih mungkin untuk diangkat menjadi karyawan teladan.

  1. Keadilan Komunikatif

Keadilan komunikatif atau iustitia communicativa adalah pihak pertama memberikan hak kepada pihak kedua seperti yang telah sebelumnya disepakati oleh kedua belah pihak. Contohnya adalah transaksi jual beli yang disepakati senilai 1 juta rupiah, maka pembeli harus menyerahkan uang tersebut kepada penjual.

  1. Keadilan Legal

Keadilan legal atau iustitia legalis adalah keadilan yang telah diatur dalam konstitusi atau Undang-undang yang berlaku untuk seluruh masyarakat yang tujuannya adalah untuk mewujudkan ketertiban publik. Contoh keadilan legal yaitu setiap pengguna jalan harus menaati semua rambu lalu lintas yang ada.

  1. Keadilan Vindikatif

Keadilan vindikatif atau iustitia vindikativa adalah pihak berwajib berhak untuk memberikan hukuman kepada orang yang telah melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku. Contohnya adalah seorang koruptor dihukum seberat-beratnya karena telah menggelapkan uang rakyat.

  1. Keadilan kreatif

Keadilan kreatif atau iustitia creativa adalah kebebasan yang diterapkan bagi semua orang untuk berpikir dan bersikap sesuai dengan pikiran dan kreasinya sendiri tanpa ada pihak yang mengekang. Contohnya yaitu seorang seniman bebas untuk berekspresi melalui hasil karyanya.

  1. Keadilan protektif

Keadilan protektif atau ilustitia protektiva adalah keadilan yang memberikan perlindungan kepada subjek hukum agar terhindar dari perilaku semena-mena dari orang lain. Contohnya adalah peran polisi untuk mengayomi masyarakat.

Jenis Keadilan Menurut Teori Plato

  1. Keadilan Moral

Keadilan moral adalah sebuah situasi stabil yang tercipta karena terpenuhinya kewajiban dan juga hak secara seimbang.

  1. Keadilan Prosedural

Keadilan prosedural adalah sebuah keadaan di mana seseorang telah menjalankan kehidupan sesuai dengan peraturan dan tidak melanggar isi dari peraturan tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *