Pengertian Karya Ilmiah dan Jenis-jenis Karya Ilmiah

  • Whatsapp
Pengertian Karya Ilmiah dan Jenis-jenis Karya Ilmiah
Pengertian Karya Ilmiah dan Jenis-jenis Karya Ilmiah

Para mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya karya ilmiah atau yang sering disebut juga dengan karya tulis ilmiah. Biasanya para mahasiswa diharuskan membuat sebuah karya tulis ilmiah sebagai syarat perkuliahan. Penulisan karya ilmiah ini harus disertai dengan fakta dan harus disesuaikan dengan teknik serta aturan yang berlaku.

Karya ilmiah memiliki banyak jenis. Agar bisa menciptakan sebuah karya ilmiah yang bagus maka pemahaman mengenai karya ilmiah ini juga harus diperdalam. Selain itu karya ilmiah juga termasuk karya yang paling sering dilombakan baik untuk tingkat biasa maupun setara dengan tingkat nasional dan internasional.

Pengertian Karya Ilmiah

Karya ilmiah adalah sebuah karangan yang menjelaskan pendapat, tinjauan, hasil dari pengamatan dan penelitian dalam suatu bidang tertentu. Karya ilmiah ini disusun berdasarkan metode dengan sistematika penulisan, isi yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya serta bahasa yang digunakan haruslah santun.

Jenis-jenis Karya Ilmiah

  1. Makalah

Makalah adalah salah satu jenis karya ilmiah. Didalam makalah menyajikan suatu masalah dan penyelesaiannya menggunakan berbagai jenis data yang terdapat di lapangan. Karya ilmiah yang satu ini mempunyai sifat yang objektif dan empiris. Makalah biasanya disajikan dalam bentuk presentasi pada sebuah seminar tertentu.

  1. Skripsi

Jenis karya ilmiah yang kedua yaitu skripsi. Biasanya skripsi dibuat oleh mahasiswa untuk memenuhi persyaratan perkuliahan agar bisa mencapai gelar sarjana. Isi dari skripsi yaitu berupa tulisan yang memuat pendapat seorang penulis dan mengacu atau didasarkan pada teori yang sudah terbit sebelumnya.

  1. Artikel

Jenis karya ilmiah yang ketiga yaitu artikel. Artikel adalah karya tulis ilmiah yang sengaja dibuat untuk dimuat ke dalam jurnal. Berdasarkan kaidah penulisan serta mengikuti semua pedoman ilmiah yang diberlakukan dibuat berdasarkan kumpulan dari artikel.

Jika dilihat dalam konteks jurnalistik definisi karya tulis ilmiah artikel adalah karya tulis ilmiah yang di dalamnya memuat pendapat yang bersifat subjektif. Pembuatan artikel membahas mengenai suatu peristiwa atau masalah-masalah tertentu.

  1. Kertas Kerja

Jenis karya ilmiah selanjutnya yaitu kertas kerja atau yang sering disebut dengan work paper. Kertas kerja ini sama halnya dengan makalah. Namun pembuatanya menggunakan analisis yang tajam serta lebih mendalam. Selain itu pada saat mempresentasikan pada sebuah seminar biasanya banyak dihadiri oleh para ilmuwan.

  1. Tesis

Tesis adalah jenis karya tulis ilmiah yang biasanya dibuat oleh mahasiswa untuk memenuhi tugas perkuliahan agar memperoleh gelar sarjana pada tingkat S2. Tesis ini sifatnya lebih mendalam jika dibandingkan dengan skripsi. Tesis juga mengungkapkan sebuah pengetahuan baru yang diperoleh dari penelitian orang yang bersangkutan.

  1. Disertasi

Jenis karya tulis ilmiah selanjutnya yaitu disertasi. Disertasi atau juga bisa disebut Ph.D thesis biasanya dilakukan oleh mahasiswa S3 atau yang sudah meraih gelar doktor. Disertasi biasanya mengemukakan sebuah analisis yang bisa terbukti kebenarannya oleh penulis. Pembuktian ini didasarkan pada fakta dan data yang telah valid dan analisisnya juga terinci dengan baik.

Selain itu isi dari disertasi biasanya berupa temuan oleh seorang penulis itu sendiri dan termasuk sebuah temuan yang orisinil bukan temuan orang lain.

  1. Paper

Paper adalah salah satu jenis karya tulis ilmiah dengan sebutan khusus dari makalah. Paper ini erat kaitannya dengan kegiatan pembelajaran mahasiswa dalam proses menempuh pendidikan jenjang S1, S2, S3 atau diploma. Sistematika penulisan paper ini sama halnya dengan artikel maupun makalah dan juga tergantung dari panduan yang diberlakukan oleh perguruan tinggi tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *