Pengertian Karbohidrat, Sumber dan Fungsi Karbohidrat 

  • Whatsapp
Pengertian Karbohidrat, Sumber dan Fungsi Karbohidrat 

Sebagai salah satu sumber energi, karbohidrat sangat penting bagi tubuh. Tidak hanya itu, senyawa organik ini juga memiliki berbagai fakta yang perlu Anda ketahui. Tentunya penjelasan berkaitan dengan karbohidrat ini dapat menjadi salah satu khazanah ilmu yang dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Ingin tahu lebih lengkap? Simak penjelasan di bawah ini yuk!

Pengertian Karbohidrat

Karbohidrat adalah senyawa organik yang terdiri dari oksigen, hidrogen, dan karbon yang terdapat dalam zat makanan. Karbohidrat dapat dibedakan menjadi molekul gula sederhana yaitu fruktosa, glaktosa, dan glukosa dalam sistem pencernaan. Nantinya, molekul gula sederhana inilah yang akan diserap oleh tubuh sehingga dapat memberikan energi.

Adanya kelebihan karbohidrat akan disimpan di dalam otot atau hati glikogen yang biasanya tersimpan di dalam kulit, sekeliling ginjal, dan perut dalam bentuk lemak. Fungsi karbohidrat sebagai sumber bahan bakar melalui glukosa ini dapat juga diperoleh dari hewan dan tumbuhan.

Dalam proses fotosintesis, tumbuhan hijau dapat berubah dari karbondioksida menjadi karbohidrat. Karbohidrat yang ada pada tumbuhan ini mengandung gugus fungsi karbonil dan hidroksil. Sehingga tidak hanya untuk manusia, karbohidrat juga sangat penting bagi hewan dan tumbuhan pula.

Sumber Karbohidrat

Banyak sekali makanan yang mengandung karbohidrat, Anda dapat memilih sesuai selera dan berdasarkan kondisi tubuh pada saat mengkonsumsinya. Berbagai sumber karbohidrat akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Kentang
  2. Kedelai
  3. Ubi
  4. Semangka
  5. Melon
  6. Pisang
  7. Gandum
  8. Jagung
  9. Sayuran hijau
  10. Kacang

Fungsi Karbohidrat

Sebagai senyawa organik, karbohidrat juga memiliki berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh tubuh makhluk hidup. Penjelasan tentang fungsi karbohidrat akan dijelaskan di bawah ini.

1. Sumber Energi Utama

Karbohidrat juga dapat berperan sebagai jembatan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa yang ada dalam tubuh yang disebut dalam proses metabolisme. Proses ini juga dapat membentuk jaringan, organ tubuh, dan struktur sel yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga dapat menjadi sumber energi utama yang tidak dapat digantikan oleh senyawa organik lainnya.

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, karbohidrat menjadi zat gizi yang dapat menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Energi inilah yang menjadi bahan bakar ketika Anda menjalankan berbagai aktivitas mulai dari bangun hingga tertidur di malam hari. Bahan bakar inilah yang nantinya dicerna dan menjadi zat pemanis dalam tubuh,

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Jenis karbohidrat tertentu juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jenis karbohidrat ini adalah sayur dan kacang-kacangan atau yang biasa disebut sebagai jenis karbohidrat kompleks. Jenis karbohidrat ini memiliki kandungan serat yang tentunya bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan serat dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah sehingga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Tidak hanya itu, serat dalam tubuh juga dapat mengatasi sembelit sehingga dapat meningkatkan kesehatan usus dalam tubuh Anda.

3. Kenyang Lebih Lama

Ketika dikonsumsi, dalam proses pencernaannya karbohidrat membutuhkan waktu lebih lama karena pembentukannya yang sangat kompleks. Mulai dari serat, mineral, bahkan vitamin terkandung di dalam karbohidrat. Sehingga memerlukan proses yang lama untuk mencernanya. Sehingga dapat memberikan energi dan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama.

Oleh karena itu karbohidrat digunakan sebagai sumber makanan utama karena dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Tidak hanya sebagai sumber energi, karbohidrat ini juga digunakan sebagai makanan untuk program diet yang dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *