Pengertian Kalimat dan Jenis-jenisnya

  • Whatsapp
Pengertian kalimat
Pengertian kalimat

Kegiatan membaca tentu menjadi hal yang sangat umum dilakukan oleh kita sebagai manusia setiap harinya. Kita membaca dari berbagai media, mulai dari novel, koran, artikel, tweet atau status di media sosial, dan masih banyak lagi. Hal-hal yang kita baca sudah tentu merupakan tulisan-tulisan yang terdiri dari kumpulan kalimat.

Tapi tahukah Anda pengertian dari kalimat? Mungkin banyak yang sebenarnya paham akan maksud dari pengertian kalimat, tapi susah menyusunnya menjadi kata-kata yang baik sehingga mudah dipahami. Kalimat juga memiliki banyak jenis, bahkan dari Anda mungkin ada yang baru tahu bahwa ternyata, suatu kalimat termasuk ke dalam jenis kalimat tertentu.

Pengertian kalimat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat adalah,

  • kesatuan perkataan yang diucapkan untuk menyampaikan suatu konsep atau perasaan
  • perkataan

Menurut Kamus Cambridge, kalimat adalah sekelompok kata, biasanya berisi kata kerja, yang mengekspresikan pemikiran dalam bentuk pernyataan, pertanyaan, instruksi, atau seru dan dimulai dengan huruf kapital saat ditulis.

Menurut Merriam-Webster, kalimat adalah,

  • kata, klausa, atau frasa atau sekelompok klausa atau frasa yang membentuk unit sintaksis yang mengekspresikan pernyataan, pertanyaan, perintah, keinginan, seru, atau kinerja suatu tindakan.Kalimat biasanya dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda baca akhir yang sesuai, serta dalam berbicara dibedakan oleh pola karakteristik penekanan, nada, dan jeda.
  • pernyataan matematis atau logis (seperti persamaan atau proposisi) dalam kata atau symbol.

Menurut Wikipedia, kalimat adalah sekelompok kata yang disatukan untuk menyampaikan sesuatu. Kalimat adalah unit dasar bahasa yang mengekspresikan pemikiran secara lengkap. Ini dilakukan dengan mengikuti aturan dasar tata bahasa sintaksis.

Sebuah kalimat lengkap memiliki setidaknya subjek dan kata kerja utama untuk menyatakan (menyampaikan) pemikiran atau maksud yang lengkap. Subjek adalah kata benda yang melakukan kata kerja utama. Kata kerja utama adalah kata kerja yang dilakukan subjek.

Dalam bahasa Inggris dan banyak bahasa lain, kata pertama dari kalimat tertulis memiliki huruf kapital kemudian di akhir kalimat ada titik.

Jenis-jenis Kalimat

a. Dilihat dari Pengucapan

  • Kalimat Langsung

Kalimat langsung adalah kalimat yang ditulis dengan maksud kalimat tersebut mengikuti ucapan orang secara langsung atau juga bisa untuk menyampaikan perkataan yang disampaikan oleh orang ketiga. Pada umumnya kalimat langsung menggunakan tanda petik (“…”). Kalimat langsung dapat berupa  pertanyaan atau perintah.

  • Kalimat Tidak Langsung

Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang tidak memakai tanda petik dalam penulisannya dan bermaksud menyampaikan perkataan secara tidak langsung dari orang lain atau dari kita sendiri. Kalimat tidak langsung juga secara otomatis merubah kalimat perintah atau pertanyaan pada kalimat langsung menjadi kalimat berita.

b. Dilihat dari Struktur Gramatikal

Kalimat Tunggal

Kalimat tunggal adalah kalimat yang hanya mempunyai satu subjek dan satu predikat. Kalimat tunggal dibagi lagi menjadi

  • kalimat nominal
  • kalimat verbal.

Kalimat Majemuk

Pengertian dari kalimat majemuk adalah kalimat tunggal yang digabungkan.

Kalimat majemuk dipecah lagi menjadi tiga, yaitu

  • kalimat majemuk setara
  • kalimat majemuk bertingkat
  • kalimat majemuk campuran

c. Dilihat dari Fungsi atau Isi

  • Kalimat Perintah

Kalimat yang ditujukan atau dimaksudkan untuk memerintah orang lain dan biasanya diakhiri dengan tanda seru (!) dalam suatu kalimat.

  • Kalimat Berita

Kalimat yang ditujukan untuk memberitahu sesuatu dengan nada datar atau menurun dan bermaksud untuk membuat orang lain memberikan tanggapan.

  • Kalimat Tanya

 

Kalimat yang ditujukan dan digunakan untuk bertanya tentang sesuatu dan diakhiri dengan tanda tanya (?) jika dalam sebuah tulisan.

  • Kalimat Seruan

Kalimat yang ditujukan untuk memberikan atau menyampaikan ekspresi dari diri seseorang, seperti kekaguman, kekecewaan, kesedihan, kecemasan, dan masih banyak lagi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *