Pengertian Jujur dan Macam-macam Sifat Jujur dalam Agama Islam

  • Whatsapp
Pengertian Jujur
Pengertian Jujur

Sikap jujur tergolong sulit untuk dilakukan oleh manusia. Biasanya sifat jujur akan terus membekas jika dari kecil sudah ditanamkan tentang sifat kejujuran. Orang yang bersifat jujur bisa dikatakan sebagai orang yang memiliki budi yang mulia dan orang yang beriman kuat.

Menerapkan kejujuran bisa menjadikan seseorang untuk dipercaya dan menjadikan segala urusan lebih mudah. Sebenarnya apa sih arti dari kejujuran itu sendiri? Berikut di bawah ini pemaparannya.

Pengertian jujur

Jujur adalah sikap dalam mengatakan atau memberi informasi yang sesuai dengan apa yang terjadi sebenarnya, tanpa menambah sedikit kisah yang tidak benar adanya serta apa yang keluar dari hati nurani manusia.

Pengertian Jujur Menurut Para Ahli

  1. Mustari

Mustari mengungkapkan bahwa jujur itu diharuskan, perkuat dengan tindakan dan pekerjaan terhadap diri atau orang lain.

  1. Zuriah

Jujur adalah nilai dan prinsip yang bisa ditanamkan sejak dini, contohnya pada anak yang masih bersekolah di sekolah dasar melalui koreksi hasil ulangan di kelas.

Sifat Jujur dan Macam-macamnya dalam Agama Islam

  1. Jujur dalam Niat atau Kehendak

Maksudnya adalah dorongan untuk seseorang dalam melakukan sesuatu atau berupa dorongan yang berasal dari Allah.  Hal ini dinamakan dengan Shidq Al – Qalbi.

  1. Jujur dalam Ucapan

Seseorang harus berkata sesuai dengan apa yang dilihat dan diketahui, serta tidak akan berkata mengenai kebohongan. Hal ini dinamakan dengan Shidq Al – Hadits.

  1. Jujur dalam Perbuatan

Jujur dalam perbuatan maksudnya adalah seseorang yang beramal dengan kesungguhan yang kuat, sesuai dengan isi hati atau dalam batin. Hal ini dinamakan dengan Shidq Al – Amal.

  1. Jujur dalam Janji

Maksud di sini adalah seseorang akan selalu menepati apa yang sudah dikatakan kepada orang lain dan hanya mengucapkan janji yang bisa dia tepati. Hal ini dinamakan dengan Shidq Al – Wa’d.

  1. Jujur Sesuai Kenyataan

Artinya adalah seseorang akan selalu menerapkan kejujuran dalam segala hal yang terjadi dalam hidup. Hal ini disebut dengan Shidq Al – Hall.

Pahala Untuk Orang Jujur

Menerapkan sikap jujur, dalam agama Islam maka akan mendapatkan pahala seperti:

  1. Masuk Surga

Melakukan sikap jujur adalah salah satu sikap yang sangat baik sehingga pahala untuk mereka yang mampu menerapkan kejujuran adalah masuk Surga.

  1. Dekat dengan Nabi

Salah satu pahala lainnya yang bisa didapatkan dengan menjadi orang jujur ialah dekat dengan para Nabi. Bahkan sudah tertulis dalam surat an Nisaa’ pada ayat 69. Hal ini pastinya adalah impian setiap umat muslim. Kenikmatan karena disetarakan dengan orang-orang yang mulia di sisi Allah bisa Anda dapatkan dengan mencoba untuk selalu bersikap jujur.

  1. Membuat Hati Tenang

Mengatakan sesuatu yang bertentangan dengan kejujuran membuat seseorang akan mendapatkan ganjaran yang setimpal. Untuk itu bagi Anda yang sudah mencoba menerapkan sikap jujur dalam segala hal pasti hati akan merasa tenang. Anda tidak perlu khawatir dan waswas untuk mendapat hukuman karena berbohong.

  1. Menaikkan Derajat

Allah menjanjikan seseorang yang menerapkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari untuk dinaikkan derajatnya dan sudah tertulis dalam sabda-Nya.

  1. Membawa Berkah

Dalam ajaran Islam, seseorang yang jujur dan taat bisa mendatangkan berkah serta diberkahi oleh Allah. Bagi mereka yang berbohong dan tidak menerapkan kejujuran, maka keberkahan yang datang akan dihapus.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *