Pengertian Jaringan Internet dan Tujuannya

  • Whatsapp

Berbagai aspek kehidupan saat ini sangat terbantu dengan adanya internet. Pada dasarnya, internet dibuat dengan tujuan tertentu. Selain untuk memudahkan pencarian informasi secara luas, internet juga dijadikan alat bantu dalam berbagai kebutuhan pekerjaan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai pengertian jaringan internet dan tujuannya.

Pengertian Jaringan Internet

Jaringan internet adalah sebuah jaringan interconnection networking yang mampu menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer menggunakan media telepon, satelit dan lain-lain. Internet mulai dibuat pada tahun 1961 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan terus berkembang hingga saat ini.

Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan jaringan tersebut akan mengalami kemajuan yang sangat pesat beberapa tahun lagi. Tidak hanya bentuknya yang berkembang, layanan internet pun berkembang sehingga dapat digunakan oleh lebih banyak bidang pekerjaan maupun kepentingan-kepentingan lainnya.

Tujuan Jaringan Internet

Seperti yang sudah disebutkan diatas, interconnection networking mulai dibuat pada tahun 1961 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Tidak hanya itu, internet juga memiliki beberapa tujuan lainnya, yaitu:

1. Alat Bantu Komunikasi atau Interaksi

Dengan adanya internet, berkomunikasi antar individu maupun kelompok dapat dilakukan lebih mudah. Komputer atau device yang sudah terhubung dengan jaringan internet pun mampu mengirimkan berbagai data seperti gambar, audio, teks dan lain-lain.

2. Alat Bantu Pekerjaan

Dalam bidang pekerjaan apapun, dibutuhkan interaksi antara satu pekerja dengan pekerja lainnya. Sering kali juga Anda harus memberikan data atau dokumen tertentu kepada atasan atau rekan kerja Anda. Dengan adanya jaringan internet, kegiatan bertukar informasi tersebut bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Bahkan hampir seluruh perusahaan saat ini sudah menggunakan fasilitas internet untuk menunjang pekerjaan para karyawannya. Interaksi antar karyawan maupun antar perusahaan lebih mudah dan membutuhkan waktu yang sebentar.

3. Media Mendapatkan Informasi

Tentu Anda sudah tidak asing dengan berbagai mesin pencarian yang ada saat ini, seperti Google, Safari, Mozilla dan lain-lain. Mesin-mesin tersebut tidak dapat beroperasi jika tidak terkoneksi dengan internet.

Dengan kata lain, salah satu fungsi dari internet adalah sebagai media yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi apapun.

Layanan Jaringan Internet

Berbicara mengenai internet tentu tidak terlepas dari komunikasi antar perangkat dan dunia maya atau dunia online. Dalam dunia maya tersebut, Anda bisa menemukan banyak sekali layanan yang diberikan oleh internet. Berikut ini beberapa layanan internet beserta fungsinya yang mungkin sudah tidak asing bagi Anda.

1. WWW (World Wide Web)

Layanan yang satu ini sepertinya sudah sangat tidak asing bagi Anda, terutama jika Anda sering menggunakan mesin pencarian yang ada pada perangkat komputer maupun ponsel. Teknologi ini menggunakan sistem hypertext sehingga mampu menampilkan informasi dengan cepat.

Meskipun WWW membutuhkan bahasa pemrograman khusus agar dapat berfungsi dengan maksimal, namun akurasi data yang diberikan sangat baik.

2. Email

Email digunakan sebagai media bertukar pesan elektronik antar satu komputer dengan komputer lainnya. Teknologi pesan elektronik ini hampir menggantikan sistem mengirim surat melalui POS. Tidak hanya komunikasi perorangan, email juga digunakan oleh perusahaan bahkan pemerintahan.

Perkembangan email juga sangat pesat, tidak hanya mengirim pesan teks, Anda juga bisa melampirkan gambar, video hingga audio.

3. Chatting

Layanan jaringan internet satu ini mungkin sudah digunakan oleh sebagian besar pengguna internet. Fungsinya sebagai media mengirimkan pesan dengan sistem real time mampu mengganti layanan SMS. Selain lebih cepat dan mudah, layanan chatting menggunakan internet juga digemari karena biayanya yang cenderung lebih hemat.

4. E-Learning

Layanan E-Learning membuat para siswa dapat belajar dengan guru virtual sehingga pengajar dan siswa tidak perlu bertatapan muka langsung. Proses belajar mengajar pun dapat dilakukan dimana saja selama terdapat koneksi internet.

Layanan E-Learning banyak digunakan karena dinilai memiliki nilai efisiensi dan ekonomi yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan mendaftarkan siswa di jasa bimbingan belajar lainnya.

5. E-Commerce

Dalam layanan internet juga Anda bisa menemukan berbagai E-Commerce yang tersedia disana. E-commerce adalah layanan internet yang menjadi media penjual dan pembeli barang maupun jasa. Layanan ini sangat membantu para penjual agar tidak perlu membayar sewa toko yang terbilang cukup tinggi.

Pembeli juga terbantu karena sistem online dari E-Commerce sehingga menghemat waktu. Kegiatan berbelanja pun dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja selama akses internet tersedia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *