Pengertian IP Address, Fungsi IP Address dan Kelas-Kelasnya

  • Whatsapp
Pengertian Strategi Secara Umum
Pengertian Strategi Secara Umum

Pada era seperti sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Keberadaan internet digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi. Dengan menggunakan internet, informasi bisa disebarkan meskipun jaraknya sangat jauh. Sehingga, manfaat yang diterima oleh manusia menjadi semakin besar.

Agar dapat terhubung dengan internet, Anda harus menggunakan beberapa perangkat tambahan. Komputer yang Anda miliki seringkali sudah dapat langsung dihubungkan dengan kabel LAN, untuk terhubung dengan internet. Apabila komputer sudah dihubungkan dengan internet, Anda dapat saling berkomunikasi dengan komputer lain. IP Address dibutuhkan agar komunikasi dapat terjalin.

Pengertian IP Address (Internet Protocol Address)

IP Address (Internet Protocol Address) adalah deretan angka yang terdiri dari bilangan biner. Bilangan biner yang dimasud menjadi IP Address yang memiliki ukuran antara 32 bit sampai 128 bit. IP Address sendiri digunakan sebagai alamat untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung kedalam internet. Alamat yang menggunakan versi IPv4 memiliki panjang 32 bit. Sedangkan IPv6 adalah 128 bit.

Fungsi IP Address

Fungsi IP Address adalah sebagai sebuah alamat identifikasi. Keberadaaan IP Address sangat penting, agar data yang dikirimkan melalui internet bisa sampai ke tempat tujuan. Sehingga, fungsi dari internet sebagai sarana berbagi informasi dan data bisa terpenuhi.

IP Address dapat dianalogikan sebagai sebuah alamat rumah. Alamat rumah sangat penting untuk ditulis pada sebuah paket yang akan dikirim melalui kurir. Sehingga, kurir tersebut dapat mengetahui dengan mudah di mana paket tersebut harus dikirimkan.

Apabila tidak ada IP Address, maka paket yang akan dikirimkan tidak akan pernah sampai kepada pengguna. Seperti halnya barang yang ingin Anda kirim kepada seseorang. Apabila Anda tidak mencantumkan alamat pada barang tersebut, maka barang tersebut tidak akan pernah sampai.

Kelas–Kelas IP Address

1. Kelas A

Rentang bilangan          : 0.0.0.0 – 127.255.255.255

Maksimal IP Address     : 16.777.216

Maksimal jaringan          : 128

Peruntukkan                  : jaringan berukuran sangat besar.

2. Kelas B

Rentang bilangan          : 128.0.0.0 – 198.255.255.255

Maksimal IP Address     : 1.048.576

Maksimal jaringan          : 16.384

Peruntukkan                  : jaringan berukuran medium.

3. Kelas C

Rentang bilangan          : 192.0.0.0 – 223.255.255.255

Maksimal IP Address     : 65.536

Maksimal jaringan          : 2.097.152

Peruntukkan                  : jaringan berukuran kecil

4. Kelas D

Rentang bilangan          : 224.0.0.0 – 239.255.255.255

Maksimal IP Address     : tidak terdefinisi

Maksimal jaringan          : tidak terdefinisi

Peruntukkan                  : IP multicasting

5. Kelas E

Rentang bilangan          : 240.0.0.0 – 255.255.255.255

Maksimal IP Address     : tidak terdefinisi

Maksimal jaringan          : tidak terdefinisi

Peruntukkan                  : pencadangan untuk keperluan eksperimen

IP Publik dan IP Privat

1. IP Publik

IP publik adalah alamat IP yang dimiliki oleh perangkat yang digunakan sebagai konsumsi publik. Sehingga, hampir semua orang dapat menggunakan IP tersebut. Terdapat beberapa jenis device yang menggunakan IP public, yaitu server email, router Wi-Fi, halaman Web, dan masih banyak lagi.

2. IP Privat

IP Privat adalah salah satu jenis IP Address yang digunakan untuk berkomunikasi dalam jaringan lokal. Terdapat beberapa perangkat yang menggunakan IP jenis ini, yaitu PC, Smartphone, Laptop, dan masih banyak lagi.

IP Statis dan IP Dinamis

1. IP Statis

IP Statis adalah alamat IP yang bersifat menetap. Sehingga, alamat tersebut tidak akan berganti dengan alamat lain. Karena, alamat tersebut sudah dibooking oleh organisasi tertentu dengan membayar beberapa uang.

2. IP Dinamis

IP Dinamis adalah salah satu jenis alamat IP yang selalu berubah. Alamat IP jenis ini digunakan secara bersama-sama oleh masyarakat umum secara bergantian. Sehingga, alamat pada perangkat Anda akan berubah setiap beberapa waktu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *