Pengertian Investasi

  • Whatsapp
Pengertian Investasi

Pasti Anda menginginkan masa depan yang terjamin. Maka investasi adalah salah satu caranya. Investasi banyak digandrungi orang karena prosesnya yang mudah dan mendatangkan keuntungan yang lumayan besar. ini dilakukan sebagai langkah awal menabung harta untuk masa yang akan datang. Namun masih banyak orang yang tidak mengetahui pengertian investasi terlebih macam-macamnya.

Pengertian Investasi

Investasi adalah kegiatan penanaman aset, baik berupa benda atau dana pada saat ini dengan harapan mendapat keuntungan pada waktu yang akan datang. Konsepnya mirip seperti menabung mamun nilainya akan bertambah seiring waktu. Investasi bisa dilakukan siapapun dan dimana pun. Kegiatan ekonomi ini bisa sangat menguntungkan jika dilakukan secara tepat.

Bentuk-bentuk Investasi

Investasi sangatlah beragam berdasarkan sarana yang dipakainya. Masing-masing punya resiko dan pengembalian nilai yang berbeda. Anda tinggal memilih bentuk investasi mana yang cocok dengan aset yang dimiliki. Diharapkan Anda harus berhati-hati dalam memilih jenis investasi karena yang digunakan merupakan aset berharga.

Umumnya investasi memiliki dua bentuk. Tetapi mayoritas orang tidak mengetahui tentang investasi ini. Bentuk investasi seperti investasi dana atau properti lebih dikenal. Padahal Anda perlu juga memahami bentuk utamanya. Berdasarkan pendapat ahli ekonomi dan bisnis bentuk investasi terbagi menjadi dua. Berikut ulasannya.

1. Investasi Nyata

Real investment atau investasi nyata adalah kegiatan penanaman aset yang melibatkan benda berwujud. Selanjutnya beragam investasi properti seperti rumah, apartemen, hingga kendaraan termasuk ke dalam sektor ini. Investasi jenis ini lebih sulit cair karena terbentur kontrak dalam jangka waktu tertentu atau nilainya tukar yang cukup lambat kenaikannya.

2. Investasi Keuangan

Financial investment atau investasi keuangan adalah segala bentuk investasi yang melibatkan aset tertulis. Bisa dibilang sektor ini melakukan jual-beli surat berharga. Misalnya saham atau obligasi. Hal ini akan berbeda dengan investasi nyata, investasi ini lebih mudah cair karena dapat langsung ditukar tanpa menilik jangka waktu atau nilai tukar.

Manfaat Investasi

Seseorang melakukan investasi tidak lain untuk mendapatkan keuntungan. Walaupun keuntungannya tidak serta merta datang langsung, masih banyak orang yang tertarik melakukannya. Alasan utamanya yaitu agar masa depan Anda terjamin. Terutama secara materil. Ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari berinvestasi. Berikut pembahasannya.

1. Aset yang Terus Meningkat

Nilai aset kekayaan akan bertahap meningkat dengan melakukan investasi. Contohnya pada investasi logam mulia. Semua orang telah mengetahui bahwa nilai logam mulia selalu naik per tahunnya. Dengan berinvestasi di bidang ini otomatis nilai aset Anda akan ikut naik.

2. Tabungan Masa Depan

Siapa yang bisa menakar kebutuhan di masa depan? Bisa jadi perkiraan melenceng jauh. Dengan investasi Anda akan lebih siap menghadapi kondisi tersebut. Hampir sama dengan konsep menabung, Anda tidak akan merasa terbebani dengan investasi. Apalagi keuntungannya bisa meningkat.

3. Bekal Warisan

Anda juga bisa menjadikan hasil investasi sebagai warisan untuk anak dan cucu. Warisan biasanya jadi bahan rebutan di keluarga. Tapi dengan investasi masalah itu bisa beres. Nilainya yang cukup tinggi akan membuat Anda tenang karena bisa dibagi rata tanpa ragu.

4. Mencapai Target Finansial

Jika memiliki target keuangan di masa depan, Anda bisa mencoba investasi dalam target finansial. Cara ini terukur lebih efektif dibandingkan menabung biasa lewat bank. Anda juga bisa memilih aset jenis apa yang akan diinvestasikan. Tidak melulu uang atau emas. Dengan investasi, perlahan mencapai target bahkan hingga melebihinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *