Pengertian Inovasi dan Ciri-cirinya

  • Whatsapp
Pengertian Inovasi dan Ciri-cirinya
Pengertian Inovasi dan Ciri-cirinya

Setiap manusia mempunyai pola pikir dan kreativitas yang berbeda-beda. Dari ide atau gagasan baru muncul inovasi yang dapat membuat sesuatu yang belum ada sebelumnya. Inovasi tersebut dapat memberikan manfaat di berbagai bidang kehidupan manusia. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, bisnis, industri, dan sebagainya.

Pada dasarnya, inovasi bertujuan untuk menyempurnakan sesuatu. Sesuatu yang sempurna dapat mendatangkan manfaat yang lebih maksimal. Oleh karena itu, untuk lebih memahami tentang pengertian inovasi dan ciri-cirinya, simak penjelasanya berikut ini.

Pengertian Inovasi

Inovasi adalah ide baru yang belum pernah ada sebelumnya, atau hasil pengembangan sumber daya yang sudah ada untuk disempurnakan sehingga mempunyai nilai dan fungsi yang lebih berarti. Inovasi dibuat dan dikembangkan dengan sengaja oleh seseorang melalui penelitian atau aksi yang sudah terencana.

Sebagai ide baru mengenai sesuatu, orang yang membuat inovasi harus mempunyai plan atau rencana yang matang. Dari rencana tersebut, dapat tercipta produk atau sumber daya yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Proses inovasi dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga keduanya tidak boleh ditinggalkan.

Inovasi dapat berupa pembaharuan sumber daya agar lebih bermanfaat bagi manusia. Karena seiring berkembangnya zaman, arus globalisasi semakin tinggi, dan berbagai teknologi baru yang modern dan canggih mulai bermunculan. Jika tidak bisa menyesuaikan zaman, produk atau sumber daya akan ketinggalan zaman bahkan bisa mati atau tidak digunakan sama sekali.

Oleh karena itu, untuk mempertahankan produk atau sumber daya, dibutuhkan inovasi yang unik dan menarik. Inovasi dapat memudahkan produksi sesuatu yang berbeda. Sehingga dapat diterima oleh masyarakat luas dan dapat bersaing dengan produk lain khususnya dalam dunia industri, bisnis, pendidikan, dan lainya.

Ciri-ciri Inovasi

Kemajuan teknologi pada dasarnya bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia di berbagai bidang. Karena sifat manusia sendiri ingin melakukan sesuatu dengan mudah dan cepat. Sehingga dengan adanya inovasi, dapat mewujudkan keinginan manusia dengan memanfaatkan pengetahuan dan teknologi yang ada.

Sebagai ide yang terencana, inovasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

1. Khas

Ciri inovasi yang pertama yaitu khas, unik atau spesifik. Inovasi harus berbeda walaupun untuk menyempurnakan produk yang sudah ada. Ciri khas ini menjadi nilai utama dalam inovasi, karena dapat mencirikan ide baru yang lebih spesifik dan belum dimiliki oleh orang lain.

Seseorang akan menilai sesuatu dari ciri khas nya. Sehingga untuk membuat inovasi baru harus mempunyai ciri khas yang unik dan menarik. Untuk mendapatkan ciri khas tersebut, Anda dapat melihat minat konsumen dan trend yang sedang berkembang. Karena konsumen lebih menyukai produk yang unik dan mengikuti zaman.

2. Baru

Inovasi harus ide atau gagasan yang baru dan belum pernah ada sebelumnya. Karena sesuatu yang baru dapat lebih mudah menarik perhatian orang lain. Selain baru, ide atau gagasan harus sesuai dengan perkembangan zaman agar tidak terkesan ketinggalan zaman. Namun, Anda juga dapat menyempurnakan produk yang sudah ada dengan berbagai inovasi baru.

3. Terencana

Sebuah inovasi harus terencana dengan baik. Inovasi harus sudah direncanakan sejak awal Anda mencetuskan ide tersebut. Dari rencana yang sudah dibuat, Anda dapat melakukan proses dengan sesuai dan sistematik. Serta dapat mengembangkan objek tertentu dengan terencana.

Hasil yang maksimal diperoleh dari perencanaan yang baik dan terarah. Termasuk dalam membuat inovasi yang baru. Anda harus merencanakan strategi, metode, finansial, sasaran atau target dan sebagainya.

4. Tujuan

Rencana atau plan akan berujung pada tujuan yang ingin dicapai. Sehingga inovasi harus mempunyai tujuan yang jelas dan pasti. Karena dalam mengembangkan rencana atau objek tertentu tidak lain untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *