Pengertian Infeksi dan Cara Mengatasi Infeksi Luka Luar

  • Whatsapp
Infeksi
Infeksi

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda pasti pernah mendengar tentang infeksi, bukan? infeksi biasanya terjadi akibat adanya perkembangbiakan virus, bakteri, maupun parasit yang berasal dari luar tubuh manusia. Infeksi ini biasanya menyerang salah satu area yang kemudian menyebar dan berkembang biak dalam tubuh sehingga dapat menjalar dan menyeluruh.

Infeksi yang masuk ke dalam tubuh manusia dapat menghasilkan berbagai reaksi yang dapat digolongkan menjadi infeksi berbahaya karena dapat merugikan tubuh. Tergolong aman apabila infeksi dapat diatasi secara medis, dan dikatakan tidak aman apabila tidak dapat diatasi oleh medis. Pengetahuan terkait mengatasi infeksi harus dimengerti sebagai hal dasar untuk perlindungan.

Pengertian Infeksi

Infeksi adalah kumpulan spesies asing yang menyerang tubuh dan bersifat membahayakan. Spesies asing yang dapat masuk ini terdiri dari mikroorganisme yang terdiri dari parasit, fungi, bakteri, virus, dan lain sebagainya yang bersifat parasit. Adanya sifat yang dapat berkembangbiak dan menyerang ini dapat mengganggu fungsi normalitas serta merugikan pada tubuh.

Infeksi dapat disebut juga sebagai kolonialisasi yang dilakukan oleh mikroorganisme yang berada di luar tubuh dan masuk ke dalam tubuh atau yang disebut sebagai inang. Segala sumber daya yang dimiliki oleh inang ini dimanfaatkan oleh mikroorganisme tersebut untuk memperbanyak diri yang kemudian mengakibatkan rusaknya fungsi dari sumber daya yang dimiliki oleh inang.

Adanya mikroorganisme yang masuk dalam tubuh pasti menyebabkan reaksi tertentu. Mulai dari demam hingga gejala klinis yang bersifat lokal maupun sistemik. Jika dirasakan secara mendadak maka sudah dapat dipastikan bahwa terdapat infeksi dalam tubuh. Adanya perbedaan reaksi juga tergantung dari jenis mikroorganisme yang masuk dalam tubuh.

Cara Mengatasi Infeksi Luka Luar

Setelah memahami tentang pengertian infeksi, tentu saat ini Anda sudah tidak menganggap remeh sebuah luka pada tubuh, bukan? Luka sekecil apapun tetap harus dirawat dan dikelola dengan baik agar tidak menyebabkan infeksi. Salah satu infeksi yang sering terjadi karena adanya luka luar yang disepelekan. Tidak perlu khawatir karena cara mengatasi infeksi luka luar akan dijelaskan di bawah ini.

1. Mencuci Tangan Sebelum Membersihkan Luka

Ketika mengalami kejadian yang menyebabkan luka, tidak perlu panik dan tempatkan Anda dalam posisi yang nyaman. Kemudian cucilah tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir agar benar-benar berada dalam kondisi yang bersih. Disini Anda juga diperbolehkan menggunakan hand sanitizer.

2. Menghentikan Pendarahan

Luka luar identik dengan adanya pendarahan. Cara yang tepat untuk menghentikannya adalah dengan menggunakan kain atau kasa dengan cara ditekan. Anda dapat menekan luka yang berdarah tersebut selama beberapa menit. Lakukan secara berulang-ulang hingga pendarahan mulai berhenti.

3. Membersihkan Luka

Setelah pendarahan berhenti, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membersihkan luka menggunakan cairan. Adapun cairan steril yang aman dan berkualitas adalah larutan saline atau air steril yang berfungsi sebagai pembersih luka. Ketika ada kotoran yang menempel Anda dapat menggunakan pinset atau kasa yang telah disterilkan.

Jika ingin membersihkan luka dengan antiseptik, pastikan untuk menggunakan antiseptic yang mengandung polyhexamethylene biguanide (PHMB). Bahan ini dipilih karena dapat membersihkan dan aman pada jaringan kulit yang terluka. Antiseptic ini juga tidak perih pada saat digunakan sehingga sangat cocok bagi Anda yang tidak dapat menahan rasa sakit.

4. Perban Luka

Setelah membersihkan luka, pastikan untuk memberi perban agar dapat mempercepat proses penyembuhan. Disini Anda dapat menggunakan perban dengan ukuran yang disesuaikan dengan luka yang diperoleh. Anda juga harus mengganti perban secara rutin agar menghindari terjadinya infeksi pada saat perban kotor atau basah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *