Pengertian Ilmu Sosial

  • Whatsapp
Pengertian Ilmu Sosial
Pengertian Ilmu Sosial

Bila Anda memasuki bangku sekolah, Anda akan mengenal sebuah mata pelajaran yang bernama Ilmu Pengetahuan Sosial atau yang lebih sering disebut IPS. Ketika Anda memasuki bangku SMA, Anda akan dihadapkan pada penjurusan, salah satu jurusan pada sekolah menengah atas adalah IPS. Di jurusan IPS, Anda akan mempelajari bagian-bagian dan pengertian ilmu sosial.

Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu sosial adalah sebuah ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana satu manusia dapat berinteraksi dengan manusia lainnya maupun kelompok lainnya. Pada hakikatnya, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan adanya interaksi dalam hidup. Interaksi ini bukan hanya tentang bagaimana mereka berbicara satu sama lain, tetapi juga bagaimana mereka menjalani hidup.

Menurut Gross, pengertian ilmu sosial adalah ilmu yang mendalami bagaimana manusia yang menjadi sebuah bagian dari masyarakat. Hal ini bukan hanya mendalami bagaimana manusia berinteraksi dengan manusia lainnya, ilmu sosial juga mempelajari bagaimana manusia mendapatkan pelajaran pada hidupnya. Hal ini dapat terjadi karena manusia memiliki akal dan pikiran.

Cabang Ilmu Sosial

Banyak hal yang dapat terjadi pada saat manusia ketika berinteraksi satu sama lainnya atau dengan kelompok lainnya. Semakin berkembangnya peradaban, semakin banyak cabang ilmu sosial yang muncul untuk mempermudahkan Anda dalam memahami tujuan dari interaksi tersebut. Ilmu sosial bukan hanya mempelajari tentang interaksi sosial, tetapi juga mempelajari tentang tempat tinggal manusia itu sendiri.

  1. Antropologi

Antropologi merupakan sebuah cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang sejarah manusia secara umumnya. Sejarah yang dipelajari cakupannya cukup luas, mulai dari fisik manusia pada zaman dulu, kebudayaannya sebelum berkembang hingga bahasa. Terdapat 2 cabang antropologi, yaitu antropologi biologi atau antropologi fisik dan juga antropologi sosial budaya.

  1. Akuntansi

Cabang ilmu sosial yang satu ini mempelajari tentang pencatatan serta pengukuran transaksi ekonomi. Ilmu akuntansi merupakan salah satu ilmu yang paling banyak diterapkan pada saat ini, karena ekonomi yang sedang berkembang, sehingga banyak perusahaan yang membutuhkan ilmu akuntansi dalam pencatatan transaksi ekonomi pada perusahaan yang mereka jalankan atau miliki.

  1. Ekonomi

Selain akuntansi, cabang ilmu sosial ini juga merupakan sebuah ilmu yang banyak digunakan dan diterapkan. Bahkan, Anda sudah dapat mempelajari ekonomi sejak bangku SMA, bila memilih ilmu sosial sebagai jurusan Anda. Ekonomi pada umumnya, mempelajari aktivitas manusia dalam sebuah proses produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa.

  1. Hukum

Hukum adalah sebuah sistem yang mengatur tentang bagaimana cara seorang manusia bertindak. Peraturan ini merupakan sebuah peraturan resmi yang biasanya dibuat oleh suatu lembaga atau pemerintah. Hukum sendiri memiliki banyak cabang lainnya, cabang-cabang tersebut baru bisa dipelajari setelah seseorang masuk di perguruan tinggi dan memilih program studi hukum.

  1. Sejarah

Sejarah juga sudah dipelajari semenjak kita memasuki bangku sekolah menengah. Sejarah adalah sebuah cabang dari ilmu sosial yang mempelajari tentang kejadian-kejadian di masa lampau. Ilmu sosial yang satu ini, merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang terbilang sangat menarik, karena dari sini Anda dapat mengungkap fakta menarik dari kejadian di masa lalu.

  1. Psikologi

Terakhir, yang perlu Anda ketahui adalah ilmu psikologi, ilmu ini salah satu cabang ilmu sosial yang sangat menarik, karena mempelajari mengenai tingkah laku, serta pola pikir dari manusia. Pada saat ini, psikologi merupakan cabang ilmu yang sangat dibutuhkan, bukan hanya membantu seseorang yang mengalami gangguan mental, tetapi dapat juga berguna bagi perusahaan yang sedang merekrut karyawan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *