Pengertian Ilmu Komunikasi

  • Whatsapp
Pengertian Ilmu Komunikasi
Pengertian Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi adalah sebuah ilmu yang mempelajari proses pembentukan sebuah pesan, hingga berlanjut kepada penyampaian dan penerimaan serta pengolahan pesan tersebut. Komunikasi biasanya dilakukan secara dua arah. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pengertian ilmu komunikasi terbaru menurut para ahli.

Pengertian Ilmu Komunikasi

Menurut Craig Calhoun, Ilmu komunikasi adalah sebuah bidang studi yang berurusan atau mempelajari mengenai proses komunikasi dan sifat dari manusia. Ilmu komunikasi biasanya mempelajari mengenai pola dari komunikasi dalam suatu hubungan, interaksi sosial dan komunikasi dalam budaya yang berbeda.

Sebagai salah satu bidang ilmu dalam pendidikan, ilmu komunikasi kini telah banyak diterapkan pada berbagai pekerjaan seperti bisnis, jurnalistik, media massa, pemasaran hingga pendidikan dalam komunikasi antar-budaya dan bangsa. Ini membuktikan bahwa ilmu komunikasi kini telah menjadi salah satu ilmu yang paling dibutuhkan di dalam keseharian manusia.

Jenis Komunikasi

Saat ini, komunikasi dapat disampaikan melalui banyak benda, baik secara langsung maupun tidak langsung. Ini merupakan sebuah bentuk dari kemajuan teknologi, sehingga banyak orang yang kini bisa memanfaatkan komunikasi untuk banyak hal. Berikut ini adalah 2 jenis komunikasi yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari:

  1. Komunikasi Lisan

Komunikasi lisan adalah komunikasi yang terjadi secara langsung antara 2 orang atau lebih. Maksudnya secara langsung adalah terjadinya tatap muka terhadap dengan orang yang berkomunikasi tersebut. Kini komunikasi lisan juga bisa dilakukan menggunakan telepon maupun handphone yang bisa menghubungkan Anda dengan orang lain walau terpisah oleh jarak maupun waktu.

Komunikasi menggunakan telepon masih digolongkan sebagai komunikasi lisan, karena Anda masih berbicara secara lisan melalui telepon tersebut. Baik telepon maupun handphone, merupakan salah satu media yang sangat membantu dalam hal komunikasi. Bila dulu orang yang terpisah dengan jarak harus saling mengirim surat, kini dalam beberapa detik Anda sudah dapat terhubung dan berbicara langsung.

  1. Komunikasi Tulisan

Berbeda halnya dengan komunikasi lisan yang terjadi secara langsung, komunikasi tulisan terjadi melalui sebuah perantara atau media yang dituliskan, misal secarik surat atau kini yang lebih modern, yaitu dengan melalui pesan singkat. Tulisan ini masih digolongkan sebagai komunikasi, karena ada pengirim dan juga penerima yang menyampaikan sebuah pesan melalui pesan tersebut.

Meskipun terkadang komunikasi melalui tulisan, dapat menjadi ambigu, karena Anda tidak melihat atau mendengar ekspresi orang tersebut, secara langsung, tetapi banyak orang yang lebih nyaman menggunakan komunikasi tulisan. Kini komunikasi tulisan juga banyak disukai, karena munculnya sosial media dan juga aplikasi chatting yang lebih sederhana dalam penggunaanya.

  1. Komponen Dasar dari Komunikasi

Seperti yang telah disampaikan, mengenai pengertian ilmu komunikasi terbaru yang merupakan sebuah proses penyampaian sebuah pesan kepada penerima, komunikasi memiliki beberapa komponen dasar yang dapat dijabarkan sebagai berikut.

  1. Pengirim Pesan, yaitu individu yang ingin menyampaikan sebuah pesan kepada penerima. Pengirim pesan biasanya membuat terlebih dahulu pesan yang ingin disampaikan sebelum mengirimnya pada penerima.
  2. Pesan adalah sebuah informasi yang akan disampaikan oleh pengirim kepada penerima. Pesan dapat berupa verbal maupun nonverbal.
  3. Saluran dapat dikatakan sebagai jalan dari pesan yang akan disampaikan. Bila dalam komunikasi tulisan, surat atau handphone dapat dikatakan sebagai saluran. Sedangkan, dalam komunikasi lisan, gelombang serta cahaya dikatakan sebagai saluran.
  4. Penerima pesan juga merupakan komponen utama atau dasar dari komunikasi. Karena komunikasi sendiri bertujuan untuk menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima.
  5. Umpan balik menjadi sebuah respon dari penerima setelah menerima pesan dari pengirim. Respon ini juga dapat menjadi tolak ukur apakah penerima mengerti dengan pesan yang disampaikan oleh pengirim.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *