Pengertian Ilmu Hukum Secara Umum

  • Whatsapp

Untuk bisa memiliki pemahaman yang lebih mendalam akan sesuatu hal, tentunya Anda harus mempelajari ilmu yang terkait. Salah satu ilmu yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat adalah ilmu hukum. Dengan adanya penerapan tersebut, maka diharapkan mampu memberi keadilan dan juga rasa aman bagi seluruh masyarakat.

Pengertian Ilmu Hukum

Ilmu hukum adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang aturan hukum dan cara mempraktikkannya. Ilmu hukum memiliki jangkauan yang luas seperti hukum kepemilikan, hukum perdagangan, hingga hukum hak asasi manusia. Dalam hukum tersebut sudah tertulis dengan jelas tentang aturan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam hidup bermasyarakat.

Pengertian Ilmu Hukum Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui tentang pengertian ilmu hukum secara umum, Anda juga harus mengetahui pengertian ilmu hukum menurut para ahli. Hal ini bisa membantu Anda untuk memahami makna ilmu hukum secara lebih baik lagi. Berikut ulasannya.

1. Satjipto Rahardjo

Menurut beliau, ilmu hukum menjelaskan secara lebih rinci tentang aturan hukum yang berlaku. Dalam ilmu tersebut akan dirincikan tentang lembaga hukum dan wewenang yang dimilikinya.

2. J. B. Daliyo

Ilmu yang mempelajari tentang seluk beluk hukum secara lebih mendalam, termasuk di dalamnya membahas tentang asas-asas, sejarah, perkembangan, dan lain sebagainya. Ilmu ini dikaji berdasarkan fenomena kehidupan yang terjadi di dunia. Fenomena kehidupan ini menjadi alasan utama terbentuknya ilmu hukum agar bisa mengaturnya dengan baik.

3. Radbruch

Ilmu yang disebut sebagai ajaran hukum. Ilmu tersebut akan membahas tentang makna objektif sebuah tata hukum yang dikenal dengan sebutan dogmatik hukum. Ilmu ini dijadikan sebagai pedoman untuk bisa menerapkan hukum yang lebih adil untuk seluruh masyarakat.

4. Cross

Segala informasi atau pengetahuan yang mempelajari berbagai bentuk dan manifestasi hukum. Ilmu ini dibentuk untuk bisa mengendalikan perilaku manusia dalam kehidupan sosial yang lebih aman dan teratur.

5. Curzon

Ilmu pengetahuan yang membicarakan tentang segala hal yang berhubungan dengan hukum, mulai dari asal mula terbentuknya, sistem yang dijalannya, siapa yang berperan dalam kekuasaan, dan bagaimana penerapannya agar sesuai.

Unsur Yang Terkandung dalam Ilmu Hukum

Dalam ilmu hukum terdapat beberapa unsur yang memiliki hubungan yang erat dengan jalannya sistem hukum. Unsur tersebut harus dipahami dengan baik agar bisa mempelajari ilmu hukum secara lebih detail dan menyeluruh. Apa saja unsur yang terkandung dalam ilmu hukum, berikut informasinya.

  • Peraturan yang telah dibuat oleh badan-badan hukum yang berwenang.
  • Peraturan yang berkaitan dengan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat.
  • Terdapat aturan yang sifatnya memaksa dan tidak boleh dilanggar.
  • Sanksi yang jelas untuk pihak yang melanggar. Dalam hal ini sanksi bersifat tegas dan berlaku sama untuk semua pihak.

Fungsi Mempelajari Ilmu Hukum

Ilmu hukum merupakan dasar pelajaran yang berkaitan tentang aturan mengenai hukum. Agar bisa mempelajarinya dengan lebih baik, Anda juga perlu memahami fungsi ilmu hukum secara menyeluruh. Hal ini akan memberikan Anda alasan mengapa ilmu hukum perlu dipelajari dengan benar. Berikut beberapa fungsi mempelajari ilmu hukum.

  • Sebagai dasar ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang seluk beluk dasar hukum dalam segala bentuk termasuk manifestasinya.
  • Memperkenalkan berbagai hal atau masalah yang berhubungan dengan hukum yang berlaku.
  • Berfungsi untuk menjelaskan tentang keadilan atau maksud dari bagian penting yang berkaitan dengan ilmu hukum.
  • Ilmu hukum menjadi rangkaian pelajaran dari yang harus dipelajari berbagai hal yang berkaitan dengan hukum.
  • Memberikan pengetahuan yang lebih jelas tentang hak dan kewajiban yang sudah diatur dalam hukum.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *