Pengertian Hutan dan Apa Saja manfaat dari Adanya Hutan

  • Whatsapp

Keberadaan hutan menjadi salah satu faktor penyeimbang kehidupan. Tanah subur, pohon berwarna hijau menandakan lingkungan yang senantiasa terawat. Kondisi tersebut akan menjaga Anda dari beragam bahaya seperti tanah longsor, banjir bandang dan kekurangan pasokan udara bersih.

Apa Pengertian Hutan?

Hutan adalah daerah dengan kesatuan ekosistem, berasal dari hamparan lahan yang luas berisi aneka macam sumber daya alam. Dominasi penghuni hutan adalah beragam jenis pohon dan tumbuhan lain yang tidak bisa dipisahkan akibat pergerakan ekosistem alam. Selain itu hutan membentuk kehidupan unik yang tersebar hampir di seluruh dunia.

Keanekaragaman hutan ditentukan berdasarkan kondisi daerah dan iklim yang tersedia. Sehingga tercipta beragam jenis pohon dan hewan yang tinggal di area hutan tersebut.

Jenis-jenis Hutan

Berdasarkan pendapat dari orang-orang yang meneliti rimba secara profesional (Rimbawan), hutan digolongkan ke dalam beberapa jenis. Pembagian jenis-jenis hutan bertujuan supaya Anda mengetahui sifat dan cara yang tepat guna merawatnya. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

1. Berdasarkan Asal Mula

Apabila diteliti kembali maka Anda akan menemukan asal sebuah hutan yakni berasal dari biji yang disebut hutan tinggi. Kemudian hutan berasal dari tunas yang disebut hutan rendah dan perpaduan antara biji dengan tunas disebut dengan hutan sedang.

2. Berdasarkan Cara Pertumbuhan Kembali (Permudaan hutan)

  1.  Permudaan Alami adalah proses penyerbukan tanaman tanpa melibatkan manusia
  2. Permudaan Buatan adalah proses penyerbukan tanaman yang melibatkan manusia
  3. Permudaan campuran adalah proses penyerbukan tanaman yang melibatkan manusia dan alam

Jenis-Jenis Hutan di Dunia

1. Berdasarkan Fungsi

  1. Hutan lindung
  2. Hutan Suaka
  3. Hutan wisata
  4. Hutan Produksi

2. Berdasarkan Jenis Pohon

Pohon yang tumbuh di hutan terdiri dari dominasi heterogen atau dihuni oleh beragam jenis pohon. Kemudian dominasi homogen yang hanya dihuni oleh satu macam pohon.

3. Berdasarkan Proses Kejadian

Kondisi alam penuh aneka pohon yang Anda lihat saat ini berasal dari hutan yang asli dan hutan buatan 

4. Berdasarkan Kondisi Iklim di Hutan

  1. Hutan Hujan tropis
  2. Hutan Musim Tropik
  3. Hutan Hujan Iklim Sedang
  4. Hutan Gugur Iklim Sedang
  5. Taiga
  6. Hutan lumut
  7. Sabana
  8. Gurun

Manfaat Keberadaan Hutan dalam Kehidupan

Terdapat beragam manfaat yang bisa Anda peroleh karena adanya hutan, di antaranya:

1. Terjadinya Pertukaran Udara Skala Besar

Kegiatan fotosintetis skala besar di hutan akan menghasilkan manfaat yang besar pula. Salah satunya adalah produksi oksigen melimpah dan menyerap karbon dioksida yang menyebar di lingkungan bebas. Energi dan udara bersih yang besar inilah membuat polutan mengalami penurunan.

2. Mampu Mencegah Longsor

Ketersediaan aneka pohon di hutan memiliki kemampuan unik sebagai penyimpan pasokan air di dalam tanah. Sehingga risiko bencana alam seperti longsor saat hujan turun dapat teratasi dengan baik.

3. Hasil Pangan Melimpah

Hutan menjadi tempat terbaik untuk aneka tumbuhan dan pohon-pohon yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya untuk memenuhi kebutuhan makanan, obat-obatan dan sumber ekonomi lainnya.

4. Rumah Suku Pedalaman

Tidak dipungkiri jika masih banyak orang yang memilih tinggal di dalam hutan dibandingkan harus berdesakan di ibu kota. Mereka adalah orang-orang suku dalam yang turut menjaga kelestarian hutan dari kerusakan lingkungan dan kepunahan para satwa langka.

5. Pariwisata dan Edukasi

Hutan hadir dengan keunikan dan ciri khasnya, sehingga tidak heran jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang hutan. Hal ini pula yang dilakukan oleh pemerintah untuk membuka akses pariwisata dan bahan edukasi menarik guna pelaksanaan penelitian.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *