Pengertian Humas Menurut Pendapat Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Humas Menurut Pendapat Para Ahli
Pengertian Humas Menurut Pendapat Para Ahli

Hubungan masyarakat atau yang biasa disingkat humas, biasanya berkaitan dengan orang yang mendapat perhatian ketika berbicara di khalayak umum. Dalam bahasa Inggris humas diartikan sebagai Public Relation yang pelakunya dituntut untuk berinteraksi dengan orang lain sehingga tercapainya sebuah tujuan tertentu.

Banyak sekali bidang pekerjaan yang membutuhkan tenaga humas, maka dari itu kampus-kampus di Indonesia kini sudah banyak membuka jurusan humas. Di sana para mahasiswa akan diajarkan cara berbicara dengan benar, tegas, percaya diri, hingga lawan bicara akan memperhatikan dengan baik. Berikut pengertian humas menurut pendapat para ahli.

Pengertian Humas Menurut Pendapat Para Ahli

Humas adalah usaha untuk mempertahankan reputasi, serta citra komunikasi yang baik antara sebuah organisasi dengan masyarakat. Kesuksesan sebuah komunikasi dalam organisasi, ditentukan oleh keterampilan humas saat berkomunikasi. Para ahli memiliki pendapat yang beragam mengenai pengertian humas, berikut uraiannya sebagai berikut.

1. Center dan Broom

Humas adalah fungsi manajemen, dalam membangun dan mempertahankan hubungan yang baik. Hubungan tersebut akan bermanfaat bagi organisasi dan masyarakat, serta akan menentukan kesuksesan dan kegagalan sebuah organisasi.

2. W. Emerson Reck

Humas adalah proses penetapan kebijaksanaan, serta proses penentuan sikap terhadap orang-orang. Hal tersebut dilakukan untuk memperoleh kepercayaan dari masyarakat, serta itikad baik dari mereka. Kebijaksanaan, pelayanan, serta sikap dapat menjamin penghargaan dan pengertian dari masyarakat.

3. Frank Jeffkins

Humas adalah komunikasi yang telah terencana, untuk disampaikan di dalam maupun di luar organisasi. Agar sebuah tujuan dapat tercapai, harus terciptanya pengertian bersama yaitu dari pelaku humas dan masyarakat.

4. Scott. M dan Allen. H

Humas adalah manajemen yang tugasnya adalah menilai sikap publik, mengidentifikasi, serta mengatur tata cara sebuah organisasi berkomunikasi, hal tersebut dilakukan demi kepentingan publik. Humas juga bertugas merencanakan suatu program atau kegiatan, untuk dapat memperoleh pemahaman dan pengertian dari publik.

5. Daniel Yadin dan Jeffkins

Humas adalah sistem komunikasi, dengan tujuan menciptakan niat baik. Dimana sistem tersebut harus dijalankan dengan rencana yang matang, agar tujuan komunikasi dapat tercapai, yaitu mendapat pemahaman dan perhatian dari masyarakat.

6. Erdward L. Bernays

Humas adalah pemberi penerangan kepada masyarakat, membujuk masyarakat secara langsung agar adanya perubahan sikap, usaha, serta tindakan. Dengan mengintegrasikan dan memecahkan permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat, dengan proses komunikasi yang terencana.

7. Onong Uchjana

Humas adalah fungsi manajemen, dari sikap yang terencana dan berkesinambungan. Dengan hal tersebut, diharapkan organisasi atau lembaga dapat dibina untuk mendapat perhatian dan pemahaman dari masyarakat. Serta dapat mencapai kerja sama yang lebih produktif, dengan informasi yang terencana dan tersebar luas.

8. Webster’s New World Dictionary

Humas adalah hubungan yang dibentuk antara masyarakat dengan organisasi, yang berkaitan dengan pembentukan citra baik organisasi, serta mendorong masyarakat untuk dapat beropini. Dengan adanya komunikasi yang baik antara organisasi dan masyarakat, maka akan terbentuknya kerjasama yang berkualitas.

9. J.C Seidel

Humas adalah proses berkelanjutan dari usaha manajemen. Hal tersebut dilakukan sebagai itikad baik, dan pengertian dari langganannya seperti pegawai, masyarakat, dan publik secara umum. Dengan adanya analisis dan perbaikan, pelaku humas dapat memaparkan pernyataan yang akan mengarahkan masyarakat untuk lebih baik.

10. The British Institute of Public Relation

Humas adalah usaha serta rencana, bersifat kesinambungan agar mendapat itikad baik dari masyarakat. Selain itu, humas juga bertujuan untuk memperoleh pengertian dan pemahaman dari masyarakat luas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *