Pengertian Hukum Islam dan Manfaatnya

  • Whatsapp
Pengertian Fisika
Pengertian Fisika

Dalam menjalankan kehidupan tentunya harus terdapat hukum agama yang berlaku untuk menjaga akhlak dan juga perilaku manusia. Hal inilah yang membuat hukum Islam dijadikan sebagai ketentuan mutlak. Ketentuan tersebut meliputi perintah yang sifatnya wajib, sunnah, hingga perbuatan yang haram atau yang dilarang oleh agama.

Pengertian Hukum Islam

Hukum Islam adalah aturan yang mengatur berbagai aspek kehidupan umat muslim dalam urusan dunia dan akhirat. Hukum islam dikenal juga dengan sebutan syariat Islam yang berasal dari kata ‘syara’ yang artinya jalan yang bisa dilalui. Berdasarkan makna itulah seluruh umat muslim harus berpedoman pada jalan tersebut dan mengikutinya.

Berikut Sumber Hukum Islam

Terdapat beberapa sumber hukum yang mendasari terbentuknya sebuah aturan. Sumber ini jugalah yang membentuk hukum Islam, sebagai acuan agama bagi seluruh umat muslim. Dari mana saja sumber tersebut berasal, berikut informasinya.

1. Al-Quran

Al-Quran merupakan kitab suci umat muslim yang menjadi salah satu sumber hukum Islam paling kuat. Di dalam Al-quran sudah tertulis tentang segala macam hal, yang bisa dijadikan acuan untuk menjalankan kehidupan.

2. Ijma

Ijma terbentuk dari kesepakatan yang dilakukan oleh para ulama untuk menyelesaikan sebuah masalah tentang agama. Solusi tersebut tentu akan bijaksana karena telah melalui proses perundingan terlebih dahulu.

3. Hadist

Hadist merupakan tulisan yang dibuat berdasarkan perkataan yang pernah disampaikan oleh Rasulullah Muhammad SAW akan sesuatu hal.

4. Qiyas

Sumber hukum yang satu ini didefinisikan cukup sederhana yaitu diibaratkan sebagai analogi. Di mana sebuah perkara baru yang belum ada di masa sebelumnya, namun karena terdapat beberapa kesamaan sebab akibat, bahaya, dan juga berbagai aspek lainnya. Sehingga diputuskan untuk memiliki sifat hukum yang sama.

Berikut 7 Manfaat Hukum Islam

Bukan hanya dijadikan sebagai pedoman saja, namun hukum Islam juga memiliki berbagai manfaat lain yang bisa membantu umat manusia untuk bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik. Apa saja manfaat tersebut, simaklah uraiannya di bawah ini.

1. Sebagai Sarana Komunikasi dengan Allah SWT

Anda akan bisa lebih memahami tentang bagaimana menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi semua larangan-Nya, dengan mengikuti hukum Islam dengan baik. Dengan begitu Anda bisa terus senantiasa mengingat Allah SWT. Hal Ini merupakan cara yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan Allah SWT

2. Memberikan Motivasi

Jika seseorang mampu mematuhi hukum Islam, maka akan mendapatkan hadiah berupa ketenangan hidup dan pikiran. Hal inilah yang akan menjadi motivasi bagi Anda untuk melakukan berbagai kegiatan baik.

3. Mengatur dan Memperlancar Hubungan Sosial Antar Sesama Manusia

Dalam kehidupan sosial, tentu Anda akan menemukan berbagai masalah. Hal ini akan membuat Anda harus mengambil keputusan yang benar. Dengan berpedoman pada hukum Islam, maka segala masalah bisa Anda selesaikan secara lebih baik.

4. Pendidikan Akhlak

Hukum Islam bisa memberikan pedoman pada umat manusia untuk terus memelihara akhlak yang baik. Akhlak yang dimaksud meliputi perilaku, perkataan, dan juga sikap. Dengan mengetahui hukum Islam, seseorang bisa lebih mudah untuk membedakan yang baik dan yang buruk.

5. Sarana Berdakwah

Dakwah terus dilakukan untuk bisa mengubah perilaku manusia agar bisa sesuai dengan hukum Islam. Dalam hukum Islam juga mempelajari berbagai tata cara atau aturan yang berlaku untuk kehidupan sehari-hari.

6. Menegakkan Keadilan

Dalam hukum Islam sudah terdapat sebuah ketentuan yang berlaku untuk seluruh umat manusia tanpa terkecuali. Dengan begitu ketika terdapat masalah, maka penyelesaiannya harus mengacu pada hukum Islam yang berlaku pula.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *