Pengertian Hukum Bisnis Menurut Para Ahli

  • Whatsapp
Pengertian Filsafat Ilmu
Pengertian Filsafat Ilmu

Bisnis menjadi salah satu peluang yang sering dimanfaatkan oleh kebanyakan orang, sebagai lahan usaha untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Dalam menjalankan bisnis, tentunya akan banyak pihak yang terlibat. Untuk mencegah terjadinya masalah, tentunya harus diterapkan hukum bisnis yang sesuai.

Pengertian Hukum Bisnis

Hukum bisnis adalah aturan yang sudah ditetapkan dalam pelaksanaan sebuah kegiatan. Hal itu  berhubungan dengan perdagangan yang berkaitan dengan barang atau jasa. Dalam kegiatan tersebut, akan terdapat unsur keuangan yang sebelumnya sudah dipertimbangkan segala kerugian dan keuntungannya bagi seluruh pihak yang terkait.

Berikut Pengertian Hukum Bisnis Menurut Para Ahli

Jika sebelumnya telah dibahas tentang pengertian hukum bisnis secara umum, sekarang mari dibahas tentang pengertian hukum bisnis menurut para ahli. Berikut uraiannya.

1. Dr. Johannes Ibrahim, SH, M.Hum

Menurut Dr. Johannes, hukum bisnis adalah serangkaian aturan hukum yang sudah ditetapkan. Hal tersebut bertujuan untuk mengatur ataupun menyelesaikan berbagai kondisi dan juga permasalahan yang mungkin timbul, akibat terjadinya aktivitas antara manusia pada bidang bisnis maupun perdagangan.

Hal ini perlu diatur dengan baik agar tidak timbul perdebatan antara pelaku bisnis. Jika terjadi masalah pun, maka bisa terselesaikan dengan lebih baik.

2. Munir Fuady

Menurut beliau, hukum bisnis merupakan sebuah kaidah hukum yang digunakan sebagai upaya untuk menegakkan tata cara tentang pelaksanaan industri, usaha, maupun keuangan yang erat kaitannya dengan proses produksi. Selain itu, sebagai kegiatan pengelolaan uang yang dilakukan oleh pengusaha yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Kaidah hukum ini harus dipatuhi oleh semua pelaku bisnis, yang berkaitan dengan proses pelaksanaan kegiatan bisnis tersebut.

3. Abdul R. Saliman

Menurut Abdul, hukum bisnis membahas tentang seluruh aturan tentang bagaimana seharusnya para pelaku bisnis bisa menjalankan usaha secara adil. Hukum ini mengatur tentang kewajiban dan juga hak para pelaku bisnis. Hukum ini pun timbul akibat perjanjian yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak yang menjalankan praktik usaha.

Fungsi Hukum Bisnis

Setiap aturan dibuat untuk menjaga sistem kerja agar bisa berjalan aman dan teratur. Begitu juga dengan hukum bisnis, untuk lebih memahami apa sebenarnya fungsi penerapan hukum bisnis, simaklah informasinya sebagai berikut.

  • Memberikan informasi secara lebih jelas mengenai hak dan kewajiban, dari para pelaku bisnis. Dengan adanya hukum bisnis, maka sebuah bisnis bisa berjalan dengan sistem yang lebih terarah karena terdapat aturan yang harus dipenuhi dengan baik.
  • Membatasi sistem bisnis agar tidak menyimpang dari aturan yang sudah berlaku. Hal ini dilakukan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan karena jalannya bisnis tersebut
  • Dapat dijadikan sebagai sumber informasi yang bisa sangat berguna untuk seluruh pelaku bisnis.
  • Mewujudkan perilaku para pelaku bisnis yang lebih baik meliputi adil, wajar, jujur, dan dinamis karena akan dijamin oleh hukum yang berlaku.
  • Dapat dijadikan sebagai dasar pedoman sistem perdagangan.

Tujuan Hukum Bisnis

Penerapan hukum pada suatu bidang tentu dibuat untuk tujuan tertentu. Agar bisa memahami definisi hukum bisnis yang lebih dalam, Anda juga perlu memahami tujuan diterapkannya hukum tersebut. Apa saja tujuan hukum bisnis, berikut penjabarannya.

  • Sebagai sarana untuk melindungi berbagai jenis usaha yang dijalankan, terutama bagi usaha kecil menengah.
  • Membantu memperbaiki jalankan sistem perbankan dan juga sistem keuangan yang berlangsung.
  • Menjamin jalannya sistem keamanan pada pasar perdagangan agar berjalan lebih lancar dan juga efisien.
  • Mewujudkan sistem bisnis yang lebih adil dan juga aman untuk para pelaku bisnis.
  • Berperan sebagai pelindung untuk para pelaku ekonomi dan juga pelaku bisnis.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *