Pengertian HTTP Beserta dengan Cara Kerjanya

  • Whatsapp
Pengertian HTTP Beserta dengan Cara Kerjanya
Pengertian HTTP Beserta dengan Cara Kerjanya

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah HTTP. Bagi Anda yang aktif browsing di internet tentu sering sekali melihat HTTP. HTTP dapat digunakan untuk berbagi data maupun informasi antara beberapa komputer melalui internet. Adanya HTTP dapat memberikan kemudahan untuk Anda dalam melakukan setiap pekerjaan Anda.

HTTP adalah protokol dari aplikasi untuk berbagi informasi seperti data, gambar dan video. HTTP akan Anda tuliskan setiap kali Anda ingin membuka suatu website di internet. Oleh karenanya keberadaan HTTP sangatlah penting. Namun belum banyak yang memahami tentang HTTP.

Pengertian HTTP

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protokol. Pengertian HTTP sendiri adalah protokol yang dipakai untuk mengirimkan informasi secara bersama-sama dari www (world wide web. Protokol HTTP berfungsi untuk memindahkan informasi, gambar maupun video antara beberapa komputer.

HTTP  adalah protokol yang berkaitan dengan hypertext yang akan mengambil informasi dari beberapa website yang menjadi referensi. Protokol HTTP memiliki kumpulan perintah untuk komunikasi antar jaringan.

Komunikasi antar jaringan berlangsung antara server web dengan komputer Anda atau dapat juga sebaliknya. HTTP juga yang membuat format pesan yaang akan ditransmisikan kemudian menampilkan respon dari browser.

HTTP dibuat atas dasar TCP (Transmission Control Protocol) dengan basis client server sederhana. Hubungan antara user dan server terdapat penghubung berupa gateway, tunnel dan proxy.

Protokol adalah penghubung antara web klien dengan web server. Oleh karena itu, HTTP menjadi komponen yang sangat penting dalam berselancar di internet. Pesatnya perkembangan teknologi HTTP terus dikembangkan hingga muncul protokol  baru yaitu HTTP.

Proses pengiriman permintaan dari klien ke web server dinamakan dengan HTTP transaction sedangkan saat HTTP mengirimkan data seperti permintaan awal klien disebut dengan stateless protocol.

HTTP adalah komponen dalam internet yang bertugas mengatur pertukaran informasi yang terjadi di internet. Fungsi utama dari HTTP adalah menghubungkan komunikasi antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya. Protokol ini sama dengan sebuah perintah yang diberikan pada komputer.

Setiap perintah yang diberikan akan dijalankan oleh setiap komputer yang tujuannya adalah dapat mengirimkan pesan maupun file dokumen. Walaupun ada banyak jenis protokol tetapi HTTP adalah yang paling sering digunakan.

Internet engineering task force bekerja sama dengan world wide web consortium untuk mengembangkan HTTP. Tujuannya agar nantinya dapat berfungsi untuk mengambil interlink dokumen teks dari web.

Cara Kerja HTTP

Setelah Anda mengetahui tentang HTTP, kali ini akan dibahas mengenai cara kerja HTTP. Prinsip kerja HTTP adalah merespon permintaan dari komputer klien dan memberikan jawaban berupa file HTML yang akan ditampilkan dalam browser atau bentuk lainnya sesuai dengan permintaan komputer klien. Berikut penjelasan sederhana dari cara kerja HTTP.

1. Klien Memberikan Perintah

Anda mengakses sebuah web di internet, maka HTTP Anda akan mengirimkan permintaan kepada web server berupa informasi yang Anda butuhkan. Anda dapat mengakses sebuah web dengan URL.

2. Fase Tunggu

Saat web server melakukan proses analisa, maka HTTP Anda akan menunggu respon dari web server.

3. Proses Penampilan Respon

Setelah proses yang dilakukan web server selesai maka web server akan menampilkan respon melalui kode status informasi.

4. Penutupan Sambungan

Kemudian web server akan menutup sambungan saat web server sudah menampilkan informasi yang Anda minta. Web server tidak akan mengingat koneksi apapun yang sudah Anda lakukan.

Ketika Anda mengirimkan permintaan yang sama seperti sebelumnya, web server akan menampilkan hasil yang sama dengan permintaan awal. Hal inilah yang membuat HTTP disebut sebagai stateless protokol.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *