Pengertian Hotel

  • Whatsapp
Pengertian Hotel

Hotel berasal dari kata hostel yang artinya tempat penampungan bagi pendatang, diambil dari bahasa Prancis Kuno. Kerap dikunjungi bagi para wisatawan sebagai alternatif tempat tinggal selama berlibur di suatu daerah. Namun, apakah Anda tahu apa itu hotel? Simak ulasan mengenai pengertian hotel dan karakteristiknya di bawah ini.

Pengertian Hotel

Hotel adalah bangunan yang memiliki banyak kamar untuk disewakan sebagai tempat menginap dan makan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, dikelola secara komersial dan terbuka bagi setiap orang yang ingin mendapat pelayanan, penginapan, serta makan dan minum. Terdapat beberapa definisi mengenai hotel menurut beberapa ahli, yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Endar Sri

Endar Sri mendefinisikan hotel sebagai sebuah bangunan yang dibangun dengan tujuan komersial menyediakan fasilitas yang dibutuhkan pengunjung seperti penginapan, makan dan minum, pencucian pakaian, pelayanan barang bawaan, dan pelayanan lainnya.

2. Lawson

Beliau mendefinisikan hotel sebagai tempat tinggal dengan beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan dengan syarat berupa pembayaran.

3. Menurut Keputusan Menteri

Hotel adalah sebuah akomodasi yang dikelola secara komersial dengan memanfaatkan sebagian atau seluruh bagian di dalamnya sebagai layanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman, atau macam jasa lainnya sebagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung yang datang.

Karakteristik Hotel

Adapun karakteristik hotel yang membedakan usaha hotel dengan jenis usaha lainnya, yaitu:

1. Merupakan Usaha Padat Modal

Untuk membangun sebuah usaha hotel dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Dalam pengelolaannya pun masih mengeluarkan biaya yang banyak untuk gaji atau upah tenaga kerja yang digunakan.

2. Fokus Untuk Memberi Pelayanan Kepada Pelanggan

Karena keberlangsungan usaha hotel bergantung pada kunjungan konsumen, maka para pengunjung harus dilayani dengan sebaik mungkin seperti raja. Prinsip pembeli adalah raja yang digunakan dalam kegiatan jual beli juga berlaku dalam usaha perhotelan.

3. Beroperasi selama 24 jam dan full seminggu

Jika usaha lainnya hanya beroperasi selama 8-12 jam dalam sehari, berbeda dengan usaha hotel. Hotel harus beroperasi setiap hari dan 24 jam nonstop. Hal ini dilakukan karena hotel merupakan tempat penginapan dan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumennya.

4. Bergantung pada perubahan lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar hotel juga sangat memengaruhi keberlangsungan dari hotel tersebut. Tidak hanya kondisi alamnya saja, ketidakstabilan bidang ekonomi, budaya, sosial, politik, dan keamanan juga berpengaruh terhadap usaha hotel.

Jenis-Jenis Hotel

Hotel dapat dikelompokkan berdasarkan lokasi hotel tersebut berada, yaitu:

1. City Hotel

Sesuai namanya, hotel ini berada di wilayah perkotaan. Disebut juga dengan transit hotel, sebab umumnya disinggahi oleh para pelaku usaha atau masyarakat yang ingin singgah sementara untuk mengurus keperluannya masing-masing. Tak jarang masyarakat juga memanfaatkan fasilitas yang disediakan hotel untuk mengadakan sebuah acara seperti seminar, pernikahan, ulang tahun, rapat.

2. Resort Hotel

Hotel ini dibangun di daerah pegunungan, tepi pantai, atau wisata alam lainnya. Bagi Anda yang sedang berekreasi, hotel ini sangat cocok, karena memang diperuntukkan bagi para wisatawan yang ingin beristirahat di hari liburannya.

3. Residential Hotel

Hotel jenis ini dibangun di daerah yang jauh dari keramaian yaitu pinggiran kota, akan tetapi tetap mudah untuk diakses dengan kendaraan dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadahi. Karena berada di suasana yang tenang, hotel ini diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin tinggal lama.

4. Motel

Kepanjangan dari motel adalah motor hotel. Berlokasi di pinggir jalan raya yang menghubungkan dua atau lebih kota besar. Hotel ini dilengkapi dengan garasi mobil karena diperuntukkan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan dan ingin beristirahat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *