Pengertian Hasil Belajar Beserta Faktor Penentunya

  • Whatsapp
Pengertian Hasil Belajar Beserta Faktor Penentunya
Pengertian Hasil Belajar Beserta Faktor Penentunya

Belajar merupakan suatu keharusan bagi semua orang karena, dengan belajar maka Anda akan mengetahui sebatas mana kemampuan diri sendiri. Selain itu belajar juga akan menambah ilmu pengetahuan lebih luas lagi. Dengan bertambahnya pengetahuan maka Anda akan mampu bersaing dengan orang-orang pintar di luar sana.

Salah satu cara mengetahui ukuran keberhasilan seseorang dalam belajar yaitu biasanya dengan mengikuti ujian. Ujian ini juga biasanya dilakukan oleh pihak-pihak sekolah agar mengetahui apakah mereka berhasil dalam mendidik para siswanya. Selain itu jika ingin mengikuti tujuan maka diperlukan persiapan yang matang agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Pengertian Hasil Belajar

Hasil belajar adalah  sebuah tolak ukur atau parameter untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam proses belajar.  Dan biasanya ditampilkan berupa angka yang didapatkan ketika telah melaksanakan ujian. Selain itu hasil belajar juga berupa perubahan perilaku ataupun tingkah laku yang terjadi pada seorang siswa yang biasanya disebabkan oleh bertambahnya ilmu pengetahuan.

Pengertian Hasil Belajar Menurut para Ahli

  1. Menurut Arsyad

Hasil belajar adalah perubahan perilaku ataupun sifat oleh diri seseorang  yang biasanya disebabkan oleh berubahnya tingkat pengetahuan, sikap, dan sifatnya.  Perubahan ini ditujukan kepada anak didik yamh sudah direncanakan sebelumnya.  Dalam aspek keterampilan,sikap ataupun perubahan agar para peserta didik menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.

  1. Menurut Aqib

Hasil belajar adalah berubahnya sikap ataupun tingkah laku baik itu tentang kognitif,efektif ataupun psikometrik.hal ini didukung oleh pendapat driscoll dalam smaldini dimana ia membuat pernyataan bahwa sebenarnya definisi dari belajar adalah perubahan secara berkelanjutan ataupun terus menerus untuk kemampuan yang berasal dari pembelajaran pengalaman sebelumnya.

  1. Menurut Dimyati

Hasil belajar adalah salah satu puncak dari sebuah proses belajar yang terjadi karena sebagai evaluasi guru disekolahnya.hasil belajar juga bisa berupa sebuah akibat pengajaran dan akibat pengiring. Dimana kedua dampak yang telah disebutkan tadi akan sangat bermanfaat baik itu untuk pendidik maupun perserta didik.

  1. Menurut Sudjana

Hasil belajar adalah keahlian yang peserta didik punya setelah mengikuti semua pengalaman ataupun proses belajar. Menurut sudjana juga hasil belajar terbagi menjadi 3 ranah  yaitu kognitif,afektif, dan yang terakhir psikomotorik. Ketiga hal tersebut merupakan obyek dari hasil belajar Anda saat ini. Dimana yang akan dinilai uatam adalah pada bagian kognitif.

Faktor Penentu dari Hasil Belajar

  1. Faktor Internal

Fackor yang memperngaruhi hasil belajar yang pertama yaitu factor internal atau yang juga disebut faktor dari dalam diri. Faktor ini biasanya berhubungan erat dengan keadaan psikologis seseorang. Yang menyebabkan seseorang itu semangat dalam belajar biasanya didalam diri Anda terdapat keyakinan dan tekad yang kuat untuk mendapatkan hasil belajar yang bagus.

  1. Faktor Eksternal

Factor yang kedua yaitu factor eksternal atau yang sering disebut dengan faktor dari luar. Faktor ini biasanya berhubungan erat dengan lingkungan disekitarnya. Seseorang akan semangat belajar jika mendapatkan dukungan dari guru, teman, maupun orang tuanya. Selain itu lingkungan yang bersih dan sehat juga merupakan fackor penting untuk membangkitkan semangat belajar.

  1. Faktor Pendekatan dalam Belajar

Faktor yang terakhir yaitu faktor pendekatan dalam belajar. Faktor ini dimaksudkan dengan metode atau cara yang digunakan seseorang dalam belajar. Setiap orang harus menerapkan system belajar yang sesuai dengan kemauan dan kaingin diri sendiri. Karena hal ini merupakan suatu hal yang penting agar mencapai suatu hasil yang bagus pula.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *